May 31, 2011

Deklarasi Asean Blogger

Beberapa waktu yang lalu, saya menghadiri Deklarasi Pembentukan Komunitas Blogger ASEAN – Indonesia. karena udah agak lama, gpp saya re post tulisan ini yg saya comot dr fb nya Isnuansa Maharani, hehehe maap yah mba belom ijin copas nih. tapi sekedar temen2 tau, tulisan ini pure saya copas dr bliau, ada beberapa saya kembangkan. judulnya pan biar ada catatan (eksis mah kudu), lagian copas sesekali pan boleh yak. Beberapa tulisan tentang acara tersebut oleh blogger lain yang juga hadir, bisa dibaca di: Komunitas Blogger Asean Terbentuk (Om Jay) –Om, fotonya ijin dicomot ya, Menyongsong Masyarakat Asean (Mas Iman), Deklarasi Pembentukan Blogger Asean (Mas Dian Kelana) dan Bahasa Indonesia, Blogger Indonesia dan Asean Blogger (Gie).

Dalam Acara tersebut, ada salah satu nama yang baru buat saya, namun pasti ga asing di kalangan para Blogger, beliau adalah : Gempur Abdul Ghofur, seorang guru dari Surabaya. Sempet kenalan sebentar, dikenalin juga sama Isnuansa apa mba indah juli yah? lupa. Beliau menjadi narasumber bersama dua orang lainnya, Pak Hazairin Pohan (blogger, Mantan Dubes RI untuk Polandia) dan Pak Aris Heru Utomo (blogger, Diplomat Kementerian Luar Negeri RI).

Kalau mau disebutin satu-satu, hampir semua blogger yang hadir saya sudah kenal (Saya kenal, bukan berarti otomatis mereka kenal saya balik, lho). Top-top banget dah! Berprestasi semuanya.

Lima point yang disepakati oleh blogger-blogger dalam deklarasi itu antara lain adalah membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat, menjembatani komunikasi di antara blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN, dan membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan berbagai kegiatan terkait ASEAN.

Soal teknis penjabaran secara rinci dari ASEAN Blogger Community itu nantinya, masih akan dibahas lagi dalam pertemuan yang direncanakan bulan Agustus mendatang, dihadiri perwakilan blogger dari negara anggota ASEAN. Seneng ya, nanti blogger-blogger dari negara tetangga bisa hadir di Indonesia, dan kemungkinan bisa berkenalan dengan mereka. Berbagi cerita tentang kegiatan ngeblog masing-masing.

Sayangnya, sampai saat ini, pengalaman saya berinteraksi dengan blogger dari negara tetangga saja sangat minim. Paling-paling ya membaca dan berkomentar di blog milik orang Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri (kuliah sih biasanya). Itupun, kalau tulisan mereka dalam Bahasa Indonesia.

di Acara tersebut saya juga bisa ketemu sama beberapa temen blogger (senior), ini dia wajah2nya
Yang saya tau nih yg di foto (Mas Kukuh, Mba Rara, Mas Amril, Isnuansa, wiwik, Mas Rawi, Ollie , duh sayang kepotong fotonya yaah) dan bbrp temen2 lainnya deh
with mba Indah dan wiwik
with ollie (ternyata bliau lebih mudah dariku yah :))

nah segitu dulu deh yaa liputannya, buat Blogger pemula kaya aku sih, kayanya emang wajib terus berkelana di dunia blogging yah alias harus cepet2 merapat dan berkenalan dengan kuncen2nya blogger indonesia. aah, semoga aja bisa hadir di acara selanjutnya.

5 comments:

IndahJuli said...

Wow, bikin liputannya, saya saja nggak, lupa euy :)

restoran seafood said...

wah makin rame aja nie komunitas blogger di dalam & luar

Dian said...

Siap...kalo ama mbak Isnuansa Maharani, aku sudah kenal karena ada link nya di blog aku, ama Rusa bwean dari sby aku juga kenal tapi kalo dengan kuncen2 lainnya aku belum kenal, jadi harus siap merapat nih hehehe

ke2nai said...

wah baru tau nih ada yg namanya asean blogger. tambah semangat aja deh ngeblognya ^^

Ponsel baru said...

wah...jadi tambah rame nih.hehe
tetep semangat