December 13, 2011

Jangan takut dengan Masalah

Heylow ... Mira's Back *gaya ala penyiar :D
Beberapa hari sempat disibukkan dengan kegiatan offline, alhasil target posting setiap hari belum bisa dilaksanakan dengan benar. Okelah, saya memaklumi diri saya sendiri, setidaknya saya akan terus berkomitmen dalam menulis. Walaupun tulisan saya puun masih jauh dari kategori seorang penulis profesional,  namanya juga masih terus belajar yak :D

"Dunia ini panggung sandiwara, ceritanya mudah berubah..." masih inget kan sepenggal syair dalam lagunya "panggung sandiwara" Nicky Astria? kalau digambarkan, memang betul yaa, kehidupan itu selalu berubah tiap detiknya, kita bahkan hampir tidak pernah bisa menebak dengan pasti apa yang akan terjadi satu menit ke depan. itulah yang namanya misteri hidup. Sama halnya dengan misteri masalah, yang saya sendiri tau bahwa akan ada terus yang namanya masalah, mau ga mau dia selalu datang, bahkan hampir tak mengenal waktu dan tempat, tidak pula mengenal besar dan kecilnya... sehingga akhirnya hal itu melibatkan hati dan pikiran kita.

Semua orang pasti punya masalah, dan sebagian dari kita pasti ada yang berusaha  melupakan masalah-masalah kecil dalam diri kita, apakah itu baik? saya pribadi menjawab, "enggak", karena apa? sekecil apapun masalah yang saya alami, saya harus bisa menemukan solusinya agar terhindar dari yang namanya stress. alih-alih berusaha nutup-nutupi, eh malah pusing sendiri. "saya harus menyelesaikannya" dan salah satu langkahnya adalah tentu harus berkaca pada diri sendiri. maksutnya? iya intropeksi diri gitu :D

Dalam beberapa contoh kasus, banyak yang mempertanyakan, banyak yang ingin kaya, sudah berusaha tapi ko ga keliatan hasilnya?,  pengennya begini, tapi ko hasilnya ga sesuai, atau mungkin ada yang merasa kurang dihargai padahal dia sudah sangat ramah terhadap orang-orang, ko cita-cita belum terkabul padahal usaha dan doa sudah dijalani, dan contoh-contoh lainnya di sekitar kita yang menyangkut kehidupan sosial. kalau sudah begitu, biasanya apa yang terjadi? sebagian akan ada yang melakukan ini : Pasang status yang aneh-aneh di socmed, mengeluh, megumpat, menjudge sesuatu dan lain-lain, hadeeuh padahal begitu dia merasa tenang, pastinya dia akan malu sendiri baca statusnya itu. see? akhirnya hanya jadi status sampah. Saya sih yakin temen-temen ga ada yang seperti itu yaaa :D inget lho, status dan postingan kita itu dibaca oleh semua teman kita, termasuk anak-anak kita.

Saya sekedar berbagi aja yaa, tanpa bermaksud mengguri, toh saya juga tidak terlepas dari yang namanya masalah. Lebih baik ketika kita mendapatkan suatu masalah, renungi apa yang terjadi sambil memikirkan solusi dari masalah tersebut, saya yakin ga ada sesuatu hal di luar kesanggupan manusia itu sendiri kan. dibalik kesulitan itu selalu dibarengi kemudahan ko, asal kita sendiri bisa memandang suatu masalah dengan lebih jernih & bijak. dan yang paling penting tentu diri kita sendiri dulu, bagaimana kita memandang masalah itu.

"Renungkan dan temukan kekuatan diri sendiri dengan selalu mengevaluasi diri di setiap perubahan"

Jangan takut dengan yang namanya masalah, karena Allah pasti membantu kita di setiap langkah kita. (Talk to my Self). Coba ubah penyakit yang sering menghinggapi diri sendiri, seperti AIDS (Angkuh, Iri ,Dengki, Sombong) kenapa enggak kita coba untuk selalu berpikir positif, tak perlu merasa MIRA (Minder & Ragu-ragu) apalagi berteman sama si MAMAT (Malu, Malas, Takut). weks... itu yang namanya virus diri yang bisa terinfeksi kalau lama-lama di diemin, eh tapi kalau yanga namanya @yankMIRA, bukan virus lho yaa, kalaupun jadi Virus, Insya Allah virus positif *mulaiLebay hahahaha

Nah mulai saat ini, gak perlu takut lagi dengan yang namanya masalah yaa, kita harus sadar betul bahwa hidup tidak terlepas dari yang namanya masalah, suka ga suka... masalah lah yang akan mewarnai hidup kita dan membantu kita dalam proses pengembangan diri. Nikmati setiap masalah yang datang, dan katakan bahwa "aku siap menghadapainya". Mulai detik ini, jadikan masalah sebagai pendorong semangat kalian. BISA?

*baca juga blog saya yang lain
http://www.mirasahid.com

32 comments:

bunda kanaya said...

"Renungkan dan temukan kekuatan diri sendiri dengan selalu mengevaluasi diri di setiap perubahan"

saya banget ini, suka lupa sama potensi diri saat masalah datang, padahal banyak yang bisa dilakukan... makasih sharingnya mbak...

@yankmira said...

@Bunda Kanaya : sama bun, saya juga terkadang masih banyak khilafnya :D

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

nggak ada masalah nggak rameeeee *ngiklan banget*

@yankmira said...

@Honey : hahahaha, kebanyakan iklan di blognya nih, assik bener jadinya :D

Aditya Eka Prawira said...

*malu* saya sendiri banyak khilafnya

Andy said...

kalau menurut aku " Semakin banyak masalah yang datang,maka semakin banyak rejeki yang datang kepada kita "
Karena pada dasarnya masalah itu adalah rejeki nikmat yang tidak pernah kita sadari yang datangnya dari Tuhan,yang akan membaut kita menjadi pecundang atau pemenang
Semua yang akan menentukan kita bukan orang lain

Untje van Wiebs said...

Wa nice posting mbak mir...
Hm, bisa ga ya :-s

Nia said...

bener mbak....selama kita masih hidup akan selalu ada masalah...smoga semua masalah yg ada bisa kita hadapi dgn bijak yachh...

Lyliana Thia said...

setuju Mira, kehidupan itu dinamis ya.. akan selalu berubah... mudah2an kita ajan selalu menjadi air yg sejuk dalam menghadapi setiap permasalahan ya, amin.. :-)

Sang Cerpenis bercerita said...

masalah justru bikin kita dewasa ya.

@yankmira said...

Aditya Eka : wah, ga usah malu2, kalau bisa memperbaikinya. saya juga masih banyak khilaf ko

Andy : bener banget, orang bijak akan bersyukur akan masalah itu yaa

Una : makasih Una, Insya allah bisa deh :D

Nia : aamiin, semoga yaa

Lyliana Thia : Aamiin... duh bahasanya menyejukkan hati nih mba

Fanny : betul banget mba, belajar dan terus belajar

isnuansa said...

Mengumpat-umpat, bikin status negatif di socmed emang nggak bagus, Mbak. Saya paling menghindari itu. Bukannya karena nggak punya masalah, tapi masalah ya harus diselesaikan, dan dicarikan jalan keluar, bukan diumbar di sosial media.

Kalo Mbak Mira sepertinya juga nggak pernah punya masalah ya.. *kesimpulan sotoy*

@yankmira said...

Isnuansa : betul banget, seminim mungkin saya juga menghindari hal tersebut. hehehe, saya banyak masalah juga... tapi menyikapinya dengan lapang Insya Allah

Lidya - Mama Pascal said...

itu bukan aku kan mir :) jarang hampir gak pernah pasang status kok,keculai kemarin promo buku

angga zhan said...

Setuju dah :)
follow my Blog please,
http://gapekamania.blogspot.com
I'm already Follow your blog.
I'm waiting for you,,, :)
sesama Blogger Indonesia nih

alaika abdullah said...

setuju Ra... justru masalah adalah bahan pembelajaran, begitu kita berhasil menaklukkannya, sebuah pelajaran berharga kita petik.

Namun terkadang, banyak juga yang lupa dan langsung terpuruk untuk bangkit begitu menghadapi masalah..

Yuk tetap sikapi dengan pikiran positif, thanks for share yaaa...

Persadablog said...

Nice mbak :D

Della said...

Iya ya, Mir. Terima kasih sudah mengingatkan ^____^

oq said...

wah,gw banget nih.Karena secara,saya selalu terlibat dengan masalah dan saya selalu menghindar dari masalah tersebut.

"Thanks banget mbak postingannya"

Shireishou said...

memotivasi sekali. Krn masalah kalau dihindari makin ga kelar2 soalnya

*Salam kenal*

chandra iman said...

kalo ga ada masalah, hidup jadi ga seru, datar pastinya, nice post :)

@yankmira said...

@ Lidya : heheh, bukan donk teh lid, teh Lidya kan salah satu inspirasiku

@ Alaika : right mba, semoga semakin banyak pikiran2 positif lainnya ya

@ Persada & Della : yup, sama2... semoga bermanfaat

@ Oq : qiqiqiq, ayoo mulai berpikir positif yaa :) sama2 belajar juga

@ Shireishou : iya, lama-lama menjadi bukit. salam kenal juga, thanks dah mampir

@ Chandra : yoi, ga ada lo(masalah) ga rameee yaa :)

Obrolan Blogger.com said...

setahuku, permasalahan itu adalah pembelajaran dari Allah kepada kita, pasti ada hikmah dan tidak setiap orang diberi ilmu akan pembelajaran itu, jadi ayoo sikapi itu dengan segenap kewajaran yang ada, toh nanti hikmah itu juga untuk kita sendiri agar kita jauh lebih siap dan mampu dalam hidup mendatang.

Salam

Ririe Khayan said...

Masalah akan membuat kita lebih keras/straight utk meningkatkan capability diri. BUkankan solusi sebuah masalah ditemukan ketika kita achieve satu level dari saat masalah tsb itu muncul kan?

jarwadi said...

jangan takut menciptakan masalah **ehhhh

Mila Said said...

lama2 nih blog nya Mba Mira bisa nyaingin Mario Teguh hihihiii.... abis baca ini langsung termotivasi gitu *cieeeee

@yankmira said...

@ Obrolan Blogger : betul banget, apapun yang terjadi di dunia tidak terlepas dari Sang pemilik, tergantung bagaimana kita menyikapinya

@ Ririe : process oriented yah, not result oriented

@ Jarwadi : haiyaah, gubrak deh, hehehe

@ Mila : wkwkwkw, masih jauh lah Mila, ilmunya kaya langit dan bumi hihihih

Ilham said...

masalah membuat kita lebih kuat yah... ketika kita mencoba menyalahkan hal atau orang lain, kita justru semakin lemah.. tapi dengan bertanggungjawab terhadap diri sendiri, kita tahu apa yang paling baik untuk dilakukan. thnx buat inspirasinya mbak.. :)

Fitria Agustina said...

blog walking mba mira.
TFS, saya suka tulisan2 mba mira, sangat inspiratif dan sangat berisi.

^^

@yankmira said...

@Ilham : setuju banget Ilham, thanks ya sudah mampir

@Fitria : makasih sudah berkunjung. semoga tulisan sederhana dari seorang yang baru belajar nulis ini bisa bermanfaat ya mba :)

Sarah said...

jangan2 malah masalah yg takut ama saya :D

Ponsel baru said...

masalah harus kita hadapi...hehe