January 09, 2012

Edisi Curhat : Nulis

Pagi all... rasanya hari ini berasa pagi terus, karena cuaca yang mendung memang lebih nyaman kalau kita berada di balik selimut saat ini yaa. yuk maree... nyeruput kopi dulu deh biar ga sepet terus nih mata. Semalem abis dinner di restoran, salah satunya menu kangkung balacan. eh ga disangka ya, ampuh banget tuh kangkung, rencana mau menulis sejak semalam alhasil lupa karena kantuk yang ga bisa ditahan. 

Beberapa waktu terakhir, tepatnya di akhir Desember 2011 saya memang bertekad untuk aktif kembali di dunia blogging, khususnya mengupdate blog saya yang sederhana ini. Malu banget liat jumlah postingan selama 2011, bisa dihitung jari deh. ok ok *tak perlu menyesal, belajar dari pengalaman, dan lakukan yang lebih baik lagi yook. #TalkToMySelf.

Melihat geliat blogger lainnya, tak heran ada rasa iri dalam hati ini (*iri positif yaa), dimana mereka rata-rata ada yang sudah bisa menerbitkan buku-buku baik dari hasil blognya maupun menulis baru untuk sebuah buku. Sungguh suatu pencapaian yang luarbiasa deh. Selama ini saya nulis yaa sejadi-jadinya aja, tergantung mood atau pada saat dapat inspirasi apa gitu. saya sendiri terkadang masih bingung genre tulisan saya ini apa. Dulu... duluuuu banget jaman SMP, saya sempat coret coret sebuah cerpen, sayangnya terputus karena keburu bosen. Trus, saya ngeblog sejak 2008, masih jarang-jarang juga alias blog hanya dijadikan status aja, aih... maluuu beneran. Tapi setelah lama-kelamaan, saya semakin nyaman dalam melakukan ini. yaa, menulis. walaupun tulisan saya jauh dari tulisan seorang profesional, tapi ko yaa..ada yang beda aja ketika jari-jari ini mengetik noots keyboard. rasanya... Puaaassss *ckckckck.

Ada beberapa blogger yang menginspirasi saya khususnya dalam keinginan saya kali ini dalam mengembangkan tulisan. dia sangat konsisten dengan tulisan-tulisan puisinya. entah apa yang dirasakan sang penulis, bisa jadi tulisan yang dicurahkan adalah perasaannya saat itu, atau karena memang dia jago dengan kosakatanya, yang pasti sahabat saya ini luarbiasa dan sangat menginspirasi. saking terinspirasinya, bahkan ketika saya sedang bbm an sama dia, ko yaa ada "panggilan alam terus," wkwkwkkw *kabor sebelum dikeplak.  Tapi, apapun yang diarasakan sang penulis, keduanya sama-sama mengimbangi. Ada juga salah satu blog baru yang belom lama saya kenal, tulisannya mengalir begitu saja, namun tetap dalam konteks penyampaian yang enak dibaca, bahkan beliau pun sudah menerbitkan buku. Saya? haduuhh, mau ikutan kontes-kontes aja ko yaa rasanya ga pede an. baru nyoba sekali tuh di kontes speedy "Resolusi Juara 2012". ga tau deh bisa dikategorikan sebagai pemenang apa ndak, yang penting saya menulis. menang urusan belakangan, walaupun ngarep juga sih ama hadiahnya, wkwkwkwk ...

Terkadang ide menulis itu saya ambil dari lingkungan sekitar, seperti salah satu contohnya postingan sebelum ini, tentang "Berbagi cerita dari grup BB". ada juga saya ambil dari apa yang saya rasa, apa yang saya lihat. Namun, ternyataa... pelajaran yang harus saya ambil di sini, adalah bahwa ternyata ga semua orang bisa dengan sendirinya menerima tulisan saya. Kalau dipikir, sabodo, gue ini yang nulis, ngapain lu sewot. Hey Mira... ga bisa juga seperti itu. di dunia blogging sendiri kita memiliki banyak teman, yang namanya blogwalking atau meninggalkan komen di blog teman adalah salah satu norma yang berlaku di dunia blogging, jadi ga bisa juga saya selalu memposisikan tulisan saya itu bagus (*menurut saya). ada kalanya kritikan dan opini dari teman-teman justru akan membantu peningkatan kualitas kita dalam menulis. Baiklah... saya mengerti sampai di situnya. Pro kontra itu akan selalu ada, namun saya sendiri berharap setiap tulisan saya bisa diterima...dengan segala kekurangannya. Jika ada tulisan-tulisan saya yang sempat menyinggung teman-teman, saya mohon maaf yaa, murni tulisan ini adalah untuk pembelajaran saya juga.

Berkaca dari itu semua, saya sendiri kini punya harapan baru lho teman-teman... saya pengen belajar nulis. "lha, ini di blog kan udah nulis"... iya, maksutnya saya ingin belajar nulis agar nantinya tulisan saya bisa saya bukukan. whuaaa, "baru diucapkan dalam niat aja senangnya minta ampun" apalagi kalau kejadian yaa, *mukamemerah plus lebaydotcom. hahahaa aseli, adrenalin saya lagi meningkat nih :D.

Jadi... adakah teman-teman yang memang punya ide buat saya? #Lho... iya, maksudnya... saran dan kritik juga boleh. kalau saya mau nulis cerpen, pantesnya saya di genre apa? kalau saya mau nulis artikel pantesnya apa? jujur, saya ga tau mulainya gimana nih. mungkin harus mulai ikut pelatihan-pelatihan menulis  kali yaa. 

Kemaren saya coba nulis fiksi sedikit, eh malah disangka mengungkapkan rasa saya secara kiasan. ow, jadi sedih deh, niatnya mau sedikit menghibur dengan tulisan itu, malah disangkut-sangkutin ke yang lain. Tapi positif aja yaa, Insya Allah semua opini teman-teman bisa membawa kebaikan juga buat saya. Harus terus nyolekin mba yang satu ini nih, aku pernah baca cerpen-cerpen di blognya, kereen. semoga bisa mengikuti jejaknya. thanksbuat teman-teman blogger yang sudah sangat menginspirasi. tentunya dari ketiga teman yang saya sebutkan tadi, kalian semua pun menginspirasi saya. Dengan terus mengikat tali silaturahmi, itu merupakan hal yang sangat istimewa. semoga bisa terus terjaga yaaa, aamiin.

"Tetaplah Menulis Maka Kamu akan tau Siapa Dirimu"

40 comments:

Della said...

Wah Mira, menurutku ya, kalau mau menulis ya tulis saja ide yang sudah ada dalam benak kamu. Kalau terjebak dalam keraguan, apalagi takut terhadap penilaian orang, nanti tulisannya malah jadi nggak "terasa". Kan ada istilahnya tuh, yang ditulis dengan hati, akan sampai ke hati :)

Happy writing ^___^

IndahJuli said...

Ala bisa karena biasa.
Sering menulis, nanti lama-lama ketahuan kok, genre menulisnya ke mana :)

Thanjawa Arif said...

semoga keinginannya bisa terpenuhi ya mbak

Una said...

Wah kalau aku sih, nulis yang ada diunek-unek aja.
Hihihi,
keep writing mbak ^^

bunda kanaya said...

saya suka banget nulis, tapi susahnya suka ga konsisten... harus banyak belajar dari mba mira niy

apikecil said...

semangat menulis ya Mbak,, semoga sukses selalu..
salam kenalll

Ririe Khayan said...

saya juga berharap semakin aktif blogging, tp kendalanya kerjaan lumayan bikin off line deh..

Oke Mbak, selamat bersemangat ya ....Go Go..

Ely Meyer said...

aku malah belum bisa nulis puisi apalagi cerpen :) .. maish belajar nulis soalnya

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

semoga keinginannya segera terwujud ya sayang...

saya juga kadang suka nggak pede baca tulisan teman-teman blogger yang lain. Mikir kok mereka bisa menulis sebagus itu ya? atau seromantis itu ya? duh tulisan mereka keren banget gitu sampe saya nggak pede buat mampir ke blognya lagi, soalnya ciut membaca diksi yang digunakan.

akhirnya balik ke blog sendiri dan mikir, saya harus menulis sebanyak mungkin, kalo perlu 10 kali lipat dari mereka, siapa tahu, di antara tulisan saya yang ribuan jumlahnya itu ada yang bisa dikatakan keren oleh orang lain.

paling penting sih menulis tanpa melupakan jati diri kita sendiri buat saya. Jangan ngikutin orang lain. Itu aja :))

riestabacil said...

Aku juga baru mw mulai aktif ngeblog lagi mbak....hehehehe

Smoga impiannya tercapai ya....

AstyNNS said...

Menurut sy tulisan-tulisan Mbak Mira bagus dan dalem, tinggal menemukan topik yg pas utk dikembangin jadi buku. Misalnya cerita tentang Ibu rumah tangga yg berbisnis/menghasilkan uang dari rumah, atau pengalaman menjadi blogger, dll.

Sukses ya Mbak...

Mushdiqah elDrida said...

blognya mba' jga jadi inspirasi sya nulis loh ~_^

@yankmira said...

@Della : manteb quote nya. Insya Allah semoga bisa memulai dengan baik yaa :)

@IndahJuli : siap mba, makasih yaa. akan dibiasakan nih

@Thanjawa Arif : Aamiin, makasih yaa

@Una : sama-sama ya Una.. semoga bisa konsisten menulis nih :)

@Bunda Kanaya : qiqiqiq, aku juga masih belajar Bun. masih naik turun juga moodnya

@Apikecil : aamiin, makasih yaa sudah mampir. semoga sukses juga

@Ririe : Ririe masih kerja masih terus update, keren tuh Rie.. makasih yaa atas kunjungannya selama ini

@Ely Meyer : wah mba Elyerendah nih yaa :D qiqiqiq

@Honeylizious : Aamiin say. betul yaa, jadi mari kita terus menulis ya. tulisan-mu udah keren2 hun

@Riestabacil : ssip, sama-sama yaa. ayo kita nulisss

@AstyNNS : wah masa sih mba? umm.. baiklah. makasih inputnya mba

@yankmira said...

@Mushdiqah elDrida : wah masa mba? aih, jadi malu. blog saya sangat sederhana ko. semoga kita terus saling mensupport dan menginspirasi yaa :)

de said...

gw manusia angka, gak pernah bisa bermain kata. Pingin banget deh bisa nulis juga.

Rohis Facebook said...

semoga keinginanx cepat tercapai ya bu... :)

alaika abdullah said...

Halo Mira sayang.... duh jadi terharu deh membaca 'nyolekin mba yang satu ini nih' yang ternyata nge'link ke blog fiksiku.....

yang bener Ra? jadi malu deh aku, secara imajinasi2ku disana belum seberapa dibanding dengan kayra teman2 blogger yang lain....

Kalo aku Ra, biasanya ide berawal dari kejadian sehari-hari yang dialami olehku sendiri, atau oleh teman, atau siapapun, biasanya langsung muncul alert 'wah, ini bagus nih dibuat fiksi', hehe.... aku keep in mind dan begitu ada waktu, mulai deh mengkhayal.... hehe....

yang penting, coba dan coba Ra, kamu akan menemukan keindahan dan tantangannya....

kampungmanisku said...

untuk berbagai jenis lomba saya termasuk yang ogah-ogahan, entahlah kenapa, tulisan juga belum seberapa, buku sendiri baru satu, itupun secara indie

@yankmira said...

@de : jiyaah, si mba merendah nih. tulisan di blog nya kan bagus-bagus :D. mau juga donk belajar angka, pake $$$ sekalian ya mba :D

@Rohis : Aamiin,makasih yaa

@Alaika : siap mba, tapi bener ko, cerpennya mba alaika aku suka, malah bisa terbawa suasananya :D

@Kampungmanisku : wah, walaupun secara indie tapi udah sebuah karya kan? sukses yaa :)

Sary Ahd said...

hiks aku dah lama ga nulis.. baca ini jadi semangat lagi :)

Antok Suryaden said...

semoga menang kontesnya :-)

Nchie said...

aku menulis sih yang ada di hati,unek2,kejadian sehari hari..

smangat lagi nih,ayo menulis..
semoga menang kontesnya..

Mila Said said...

Mba Mira rajin banget loh nulis nya sekarang. kayaknya hampir tiap hari ada yang baru yah.. hebaaat dueeeh.. hihihiii...

Milla Widia N said...

keep your spirit of writing ya mir... sukses selalu buatmu.
kalo motto gue : write like no one read. jadi tulis yg bener2 keluar dari dasar hati. ya apa yg ada jadi uneg2 aja :))

ketty husnia said...

kalo boleh urun rembug..mbak Mira lebih ok nulis tentang parenting atau chicken soup..semacam itulah..karena tema itu ga jauh2 dari aktivitas dan alurnya lebih mengalir jadi ga terbebani buat memulai sebuah tulisan..:)
tapi kalo pengen mulai dengan fiksi..ya monggo, kan semua tergantung kemauan dan kemampuan mbak hehehe :)

7 taman langit said...

semoga semangat menulis kita tetap terjaga. Amin.
salam kenal ya, Mbak.

covalimawati said...

ayo.. ayo smangat!!.. Menulis kan bs bikin hati senang jg ya.. itung2 bt refreshing.. hihi..

DewiFatma said...

Kalo aku seringnya nulis yang nggak penting, kayaknya nggak manfaat buat orang lain. Cuma manfaat untuk diriku sendiri, bisa meluahkan perasaan yang galau *tssaahh*. Yang mbaca mungkin eneg ya..hahaha...

Ayo, semangaattt... Mari kita nulis apa yang pengen ditulis. Selagi belom ada undang-undang yang melarang kita nulis *komen orgil :D*

Obrolan Blogger.com said...

semangat ya Mira, kutunggu postinganmu di hari hari kedepan, yang pasti tulisanku tak se 'apik' punyamu.

Salam

Dee Ayu said...

Semangat Mba... segera realisasikan niat itu... ^ ^

Senja said...

Dear Mba mira,...

tulisanmu keren-keren mba, selalu mengalir lancar jaya bila bercerita. bahasanya ringan dan apik, sedang aku tampak kaku dan sok puitis...tp sekali lg itu pembawaan mungkin ya. kita tdk bisa mengikuti cara menulis org lain, krn tulisan kita biasanya identik dgn kepribadian kita.

Mba yg kukenal sangat periang, ceplas-ceplos... dan bicara apa adanya.dan begitulah yg terlihat ditulisan-tulisanmu.

Menulis buatku ajang refreshing hati, penelurusan rasa lewat kalimat,diksi atau prosa dan puisi.

Kadangkala saat menulis kita punya dunia sendiri, apapun bisa kita tuliskan, kadang kala aku ungkap perasaan-perasaan yg sulit kuungkap lewat lisan. Kadangkala aku mencuri ruang di rmh virtualku, sekedar mengungkapkan isi hati atau hanya inspirasi yg singgah. Ada kepuasan dan kelegaan, aku tdk harus memberikan jawaban atas apapun. hingga aku memahami dan mengerti, siapapun dan menghargai pilihan untuk menuliskan apapun yg dirasa dan ingin diungkap lewat tulisan. Selama tdk melanggar etika ngeblog ya mba ^^?

Aku juga sedang bersemangat menulis nih mba, kalau mba mira semangat nulis cerita fiksi aku malah sedang belajar menulis artikel atau tulisan-tulisan ringan. Gak melulu puisi... tapi anggeur wae gak selancar dirimu, mba ratu sya atau mba Reny menceritakan keseharian lwt tulisan. intinya..mari kita belajar menulis, dalam kalimat di rumah virtual kita dan menulisi jalanan hidup kita dalam kehidupan nyata sebaik yg kita bisa :)

#besok kita syuting yah ??? heuheu....jadi artisssss :p #

@yankmira said...

@SaryAhd : Ayoo semangka Kaka Sari :)

@Antok : Aamiin, Insya Allah. makasih ya :)

@Nchie : yes mba... semangat terus, makasih yaa

@Mila Said : Alhamdulillah dimulai lagi ni Mila, biar bisa jadi buku yaa

@Milla : Aamiin... makasih banyak mba Milla. setuju juga dengan motto nya

@Ketty : woww, sarannya keren banget Ketty. yes.. I will, Insya Allah mulai mencari-cari genre nya nih. makasih yaa

@7 taman langit : Aamiin, Insya Allah yaa. salam kenal juga, makasih dah mampir

@Covalimawati : Ayoooo... hati senang pikiran juga yaa :D

@Onrolan Blogger : Yes mas, makasih atas dukungannya selama ini yaa. aih bisa aja nih :D

@Dee Ayu : sama-sama ya mba.. bismillah, whosaaa

@Senja : yesss... okelah Irma, kita suting yaaah.

Ejawantah's Blog said...

Tetap semangat untuk menulis. Dan mulailah dari hal yang mudah dan diingat.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

@yankmira said...

@Ejawantah's Blog : sip, makasih banyak yaa :)

Asop said...

Hmm hmm *manggut-manggut*

Bulan ini saya berkomitmen nge-post setiap dua hari. :)

krishany said...

menulis membuat hati tenang dengan coretan-coretan yang tertuang ke selembar kertas putih

Sarah said...

ayooo menulis !!! :D

@yankmira said...

@Asop : Aamiin, semoga bisa terealisasi yaa

@Krishanny : betul banget, happr writting yaa, makasih sudah berkunjung

@Sarah : ayooo.. semangat :D

Riyan Arrizal said...

mbaknya pinter nulis...
ajari dong, masih baru nih..

mampir ya, ke blogku

catatantahupetis.blogspot.com

Lyliana Thia said...

tulis saja tentang apa saja Mir.. only you know yourself.. semoga sukses dan cita2nya terwujud ya.. amin :-D