January 30, 2012

Tetap Eksis dari Rumah dengan Internet


"Haloo sahabat blogger yang manis... semoga kalian selalu dalam keadaan sehat yaa. Walau cuaca menemani dengan hujan dan badai yang bikin meringis, jangan menangis! Karena kita masih bisa Eksis dengan internet dari rumah.  Yuk kita menulis ada AXIS yang bakal bagi-bagi hadiah buat kita yang tetap optimis"

Sejak akhir Desember 2011, cuaca memang terus-menerus menemani kita dengan guyuran hujan. Dan di daerah tempat saya tinggal saat ini, dalam beberapa hari angin kencang turut menjadikan hujan semakin miris ngeliatnya. Padahal sebenernya banyak banget agenda yang direncanakan di luar rumah, terpaksa ditunda karena terus terang, angin kencang dan hujan badai membuat saya sedikit khawatir menempuh perjalanan sekitar Jakarta. Apalagi meninggalkan anak-anak di rumah, jadi saya memilih untuk memaksimalkan semua kegiatan melalui online. Enaknya ada internet ya begini, sebagai seorang Mama saya masih bisa tetap eksis walau dari rumah saja.
Ngomong-ngomong soal eksis, ada beberapa sumber yang saya baca di internet mengenai kata "Eksis", segala macam arti dan pandangan cukup membuat saya lebih memahami arti dari kata eksis tersebut. Secara umum sih saya bisa tarik kesimpulan bahwa eksis itu yaa berkarya. Banyak hal yang bisa kita lakukan demi memperlihatkan bahwa kita tetap eksis. Bukan sekedar pasang status-status aja yaa, apalagi kalau statusnya galau. Dan dalam kaitannya dengan eksis di dunia Online saat ini, satu-satunya fasilitas yang mendukung adalah internet. Seperti kita tahu pertumbuhan dunia internet semakin besar. Setiap harinya selalu saja mengalami pergeseran dari satu hal ke hal lainnya. Orang akan dengan sendirinya langsung membuka internet jika memerlukan suatu informasi atau sekedar mencari bahan-bahan sebagai referensi dalam kegiatannya. Termasuk yang seperti saya lakukan juga. Internet saat ini menjadi pilihan saya dalam mengembangkan wawasan saya, baik itu bersifat secara pribadi maupun dalam konteks lingkungan yang lebih luas. Apalagi kalau mau garap bisnis online, mempromosikannya melalui dunia internet sudah menjadi bagian dari kewajiban seorang pebisnis. 

Tidak hanya terbatas sampai di situ saja, sebagian orang bisa saja menganggap intenet itu hanya untuk iseng-iseng aja, mengisi waktu luang, "Yang penting gue eksis"!! Namun lain halnya dengan saya. Sadar bahwa dunia internet adalah dunia yang paling up to date, maka semaksimal mungkin saya harus bisa memanfaatkannya secara bijak, baik itu untuk sekedar update status di jejaring sosial, maupun menulis dalam blog atau bahkan mempromosikan bisnis. Dengan begitu, pencitraan yang kita bangun melalui internet akan terbangun dengan baik. Eksis pasti! Tapi alangkah lebih baik lagi kalau eksis kita dapat memberikan manfaat untuk orang lain, menjadi inspirasi bagi teman-teman. Setuju? :)

Bagi sebagian orang (apalagi yang tinggal di daerah pedalaman) Eksis dengan Internet tentu masih memerlukan pendekatan secara aktif. Dengan pengetahuan internet yang masih minim dan jangkauan yang belum meluas, tentu itu menjadi penghambat mereka untuk bisa turut eksis dalam dunia internet. Lalu bagaimana agar kawan-kawan kita di daerah pelosok dan pedalaman bisa mulai merambah dunia internet dan eksis berkarya? Saya rasa ini menjadi bagian dari PR kita semua. Salah satu caranya ya Saya harus bisa memberikan informasi yang baik mengenai internet dan menyampaikannya dalam sebuah tulisan. Jika tak mampu di gapai, maka tugas saya pula dan teman-teman blogger untuk aktif dalam mensosialisasikan penggunaan internet dalam kegiatan offline (Seperti yang dilakukan oleh AXIS). Jangan sampai dengan kasus yang pernah terjadi sebelumnya, mengenai konflik sesama pengguna internet, malah akan membawa stigma negatif pada internet secara menyeluruh. Oleh karena itu, penggunaan internet secara baik, tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Nah, kalau kamu pengen Eksis dengan Internet, boleh banget kalau mau komen di postingan ini, sharing juga pendapat kamu mengenai Eksis yang baik ya.

"Tetap Eksis dari rumah dengan Internet, dan rasakan manfaatnya"

26 comments:

Anggie...mamAthar said...

Sukses kompetisinya yaaa... *biarkecipratanhadiahnya...

NECKY said...

semoga menang di kompetisinya.... muantap deh pokoknya

isnuansa said...

Eksis tapi menginspirasi orang lain, itu yang susah, Mbak. Tapi Mbak Mira udah bisa melakukan itu... :D

Nia said...

Semoga menang ya mbak, tulisannya keren :)

Nur Hikmah said...

semakin eksis ditengah gerimis, galau?sgera tepis,perbanyak saja kue lapis, sambil hidung kembang kempis, yang penting eksis,...smangat...mak:) smoga menang lomba:) salam

Bibi Titi Teliti said...

memang untuk emak emak seperti kita...internet bisa bikin kita tetep eksis tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu...asal bisa ngatur waktu aja...

sukses ngontesnya ya mba :)

ke2nai said...

Hadiahnya bikin ngilet yaaaa... *pengenbgt.com*

Sary Ahd said...

miraaa.. rajin banget siih.. aku juga mau ikut tapi belum sempet terus nulis panjang2.. smoga menang yaa.. *aku juga ngarep* hihihihi

Mami Zidane said...

semoga kontesnya menang ya mbak...

alaika abdullah said...

muantabs teunan iki.... keren dan mengena banget tulisannya Ra... sukses yaaa.... :-)

Hana Ester said...

Marii kita tos kaka :)
hahahhahaaa

Una said...

Cieee hihi, semoga makin eksis ya mbak ^^

Goiq said...

asyiiikk... semoga menang yah Mir :)

BlogS of Hariyanto said...

masa kini internet sudah menjadi salah satu bahagian aktifitas rutin beberapa keluarga di Indonesia...selamat berlomba..salam sukses selalu :-)

Andy said...

sayang aku kagak pernah pede sama tulisan yg aku tulis,maka'a sampai saat ini aku masih kagak ikut lomba atau GA apa pun :(

Lyliana Thia said...

mudah2an kita semua bisa menggunakan internet secara bijak yah, tentu dengan memaksimalkan fungsinya juga.. :-D

tulisannya bagus, Mir.. semoga menang ya.. ^_^

Asop said...

Saya pengguna Axis. Tapi saya nggak mau menggunakan internetnya. Lambat! :(
Itu di Bandung lho, gimana kalo di daerah2 yang bukan ibukota provinsi...

Gak apa2, saya tetap menggunakan Axis untuk keperluan SMS doang dan saat darurat. :D

@yankmira said...

@ Anggie & Necky : Aamiin, Insya Allah... makasih doa nya ya

@ Isnuansa : wah wah, *hidungku kembang kempis nih mba, makasih banyak. Mba Is juga salah satu blog yang menginspirasi

@ Nia : aamiin, makasih say

@ Nur Hikmah : tsaah,, keren tuh perpaduan pis nya, ckckck mksh yaa

@ Bibi Titi Teliti : Setuju banget, karen itu pentingnya me manage waktu juga perlu diperhatikan yaa (terutama buat emak2)

@ Ke2nai : ngiler banget mba, secara dah kehilangan tablet yang pertama juga

@ Sary Ahd : rajin karena ada yang dikerjar mba, I'm always imagine, and Insya Allah its possible, aamiin

@ Mami ZIdane, Alaika, Hana, Una, Goiq : maaf di rapel... tapi makasih banyak atas doa dan supportnya yaa

@ Blogs of Hariyanto : bener banget, sangat membantu pastinya yaa. makasih sudah berkunjung

@ Andy : awalnya saya juga gitu, ga pede... tapi karena (pertama) ada yang dikejar itulah, makanya saya coba pede aja, walaupun tulisannya masih standar :) ayoo semangat

@Lyliana Thia : Aamiin, setuju Jeng. makasih yaa

@ Asop : apa mungkin karena pengaruh cuaca? harusnya engga juga yaa. Semoga deh AXIS sendiri bisa meningkatkan kualitas dengan lebih baik ya Sop :)

manusiahero said...

rame ya pada ikutan :) sukses aja :)

Haf Sari said...

mantap dan sukses yaaa

Mila Said said...

semoga menang ya Mba Mira.. dan semoga itu internet nya beneran eksis ga cuman iklan doang huhuhuhuu.. *aspirasi pelanggan*

@yankmira said...

@ Manusiahero & Haf Sari : aamiin, makasih yaa

@ Mila Said : iyaa, semoga saja yaa, smakin eksis semakin ditunjang dengan kualitasnya :)

SUTRISNO BNI said...

Saya pakai Axis buat internetan d Bdg, cukup bgs, tp anehnya kalau d bawa luar kota ga dpt sinyal, padhl paling ke Bogor, bgt masuk toll udah ga ada sinyal.

Niar Ci Luk Baa said...

wah makin aksis deyh pake axis... xixixixi............ sukses yaambk mira :)

chocho's room said...

hahaha bagus yah blognya :) sumber info
silahkan mampir ke blog saya dan folow back terimakasih :)

...Uzay Gingsull... said...

sukses mba kontes nya saya juga ikutan *Tos