March 30, 2012

Smart karena Berkomunitas

"Wah, si Ibu ini memang aktif dimana-dimana Uy, salut deh... Sukses ya Mak"

Sepenggal Komentar yang saya temui di salah satu jejaring sosial yang diperuntukkan untuk saya ini, sempat membuat saya mikir sebentar. "Ah, apa betul yaa saya ini keliatan aktif dimana-mana?". Secara kalau saya mereview kegiatan saya selama ini, semua berjalan sesuai dengan kemampuan saya dan tidak memaksakan melebihi waktu dan tenaga saya. Tapi... jika saya list apa-apa saja kegiatan dan keterlibatan saya dalam berbagai kegiatan. Yup... pantas sekali julukan itu melekat pada diri saya *pede yaa... hehehe, gak apa-apa deh, ini adalah bagian hasil dari saya bergaul di dunia maya terutama keterlibatan saya dalam komunitas.

Dulu saya berpikir bahwa suatu komunitas adalah suatu wadah yang biasa saja, tempat berkumpulnya orang-orang menghabiskan waktu atau sekedar sharing tentang segala hal. Sampai sejalan dengan waktu dan pemikiran saya yang terus di upgrade, kini keberadaan suatu komunitas menjadi bagian dari kebutuhan saya. Kenapa? "Karena saya senang menambah teman baru, sebanyak-banyaknya". Sejak jaman SMA, saya sudah mulai aktif di beberapa komunitas, mulai dari komunitas Radio di Bandung, kemudian bergabung dalam Marching Band Gita Pakuan. Lanjut kuliah, saya bergabung dengan "LISMA" (lingkung Seni Mahasiswa) yang dalam programnya saya mempelajari seni tari, dan teater. Alhamdulillah, dari hobi menari, saya sempat menjadi koreografer dan menghasilkan beberapa karya tarian (walau masih dalam taraf dunia kampus). Saya juga sempat tergabung beberapa waktu di "Gerakan Anti Narkoba" Bandung sampai akhirnya hijrah ke Jakarta.

Kini, status saya sudah menjadi Ibu dari 2 orang anak dan menjalani bisnis online dari rumah. Tapi tahukah teman? jiwa entrepeneur (*tsaah) saya ga berhenti sampai saya kuliah saja. Menjadi Ibu dan berkegiatan di rumah dengan rutinitas itu-itu saja membuat saya merasa ingin kembali meretas apa yang menjadi kegiatan saya dulu, yaitu : ga jauh-jauh dari bentuk kegiatan event-event off air, dan terlibat dalam kepanitiaan. Saya memang mencintai dunia seperti itu. Sampai di tahun 2009 saya mulai melirik dunia Internet. Di situlah awal sebuah loncatan lagi bagi "The New Mira". Demi menyalurkan keinginan saya itu, saya mengupgrade otak saya melalui dunia internet. Pertama kali yang saya kenal adalah Social Media Friendster. Lalu mengenal dunia blog, Facebook, twitter, Linked dll. Dan saya menemukan kenikmatan dalam hobi ini, terutama dalam hal blogging.

Ngeblog bagi saya bukanlah hanya sebuah tulisan yang tercatat dalam diary online kita, namun di dalamnya ada suatu kehidupan, suatu hubungan interaksi yang bisa terbangun dengan besar. Karena melalui pertemanan blog lah, tercipta suatu komunitas yang jumlahnya mungkin ratusan. Lalu apa sih sebenarnya manfaat ketika kita tergabung dalam suatu komunitas dan kaitannya dengan hobi kita?

1. Menambah Pertemanan
Ini sudah jelas yaa, karena melalui komunitas lah hadir orang-orang baru yang sebelumnya tidak kita kenal namun memiliki hobi yang sama.

2. Memperpanjang Silaturahmi
Ini fungsi yang krusial bagi saya, karena jika kita mampu mengikat tali silaturahmi dengan siapa saja, Insya Allah memperpanjang rejeki juga. Rejekinya juga bervariasi lho, ga hanya materi saja. Bisa jadi pengalaman-pengalaman teman yang memang bisa menjadi inspirasi buat kita.

3. Menambah Wawasan
Biasanya nih, seperti pemikiran saya dulu, bergabung dalam suatu komunitas yang di dapat hanyalah nongkrong-nongkrongnya saja, tapi sebaliknya... tidak hanya sebatas itu. Karen dalam suatu komunitas banyak sekali pembelajaran yang bisa kita ambil, melihat atau mendengar sharing teman-teman, mengenal berbagai macam pikiran dan karakter, itu adalah poin-poin yang bisa didapat dari sebuah komunitas. Apalagi jika komunitas itu dibangun dengan niat saling berbagi. Yang terjadi apa? Komunitas tersebut akan semakin besar, kuat dan kompak.

4. Bikin Pede
Kalau dalam dunia nyata ada yang memiliki sifat pemalu kaya saya (weks,, iya gitu?)...hihiih. Wajib deh ikutan komunitas-komunitas yang sesuai dengan hobi. Biasanya kalau sudah bergabung dengan yang satu visi/ misi, kita lebih mudah bergaul dan membaur dengan yang lain. Kalaupun enggak, mencoba sesuatu hal dengan bergabung dalam komunitas lain, yaa ga ada salahnya juga yaa. Belajar itu harus dari segala penjuru toh? Kalau perlu segala bidang juga biar bertambah pengalamannya.

5. Menghasilkan Uang
Nah kalau soal ini, sebenernya hanya dampak dari apa yang telah kita bangun atas kerjasama dengan komunitas. Memang tidak semuanya berorientasi pada hal ini, namun jika ada kemungkinan ke arah itu, baik dalam bentuk kerjasama atau personal job, yaa Alhamdulillah donk... dari hobi bisa menghasilkan, kalaupun tidak secara materi, batin kita puas. 

Poin-poin yang saya sebutkan di atas sebetulnya bukan harga mati terhadap apa-apa yang bisa dihasilkan dari bergabungnya kita dalam suatu komunitas, akan banyak sekali pembelajaran yang kita dapat. Semakin sering, semakin kita aktif dari satu tempat ke tempat lain, maka semakin bertambah pula manfaat yang kita dapat. Apalagi kalau kita terlibat dalam kepengurusan atau aktif di komunitas tersebut. Smart iya, dikenal juga iyaa (Numpang narsis) hihihihi. Nah, siapa diantara teman-teman yang belom bergabung dalam sebuah komunitas? Ayo, buruan gabung yaa... terutama buat Para Mommies nih. Banyak sekali  lho komunitas yang bisa kita ikuti sesuai dengan hobi kita.  Kita ga boleh kalah update sama anak-anak kita kelak. Hari gini melek internet itu penting, hari gini bersosialisasi itu menjadi wajib buat kita. Dengan begitu, kita bisa menjadi sosok Ibu yang lebih tangguh, yang bisa saling menginspirasi, bisa berbagi, dan menjadi Ibu yang lebih smart. Dan inilah saya.... Seorang Mama yang menemukan banyak sekali manfaat dari sebuah komunitas.
"Banyak yang membatasi ruang gerak pribadi, namun jangan batasi diri Anda. Karena Anda dapat melakukan apa saja sejauh apa yang Anda pikirkan. Ingat, apa yang Anda percaya...Pasti dapat Anda capai."

36 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

dimana ada niat disitu ada jalan ya

Anonymous said...

Bergabung dengan banyak Komunitas memang bagus, selain menambah wawasan juga menambah pertemanan :).. keep spirit ya..

erwin said...

Bergabung dengan banyak Komunitas memang bagus, selain menambah wawasan juga menambah pertemanan :).. keep spirit ya..

Bung Penho said...

setuju dgn 5 point tsb, walaupun yg nomer 5 masih belum bisa terealisasi heheheee..!

Catatan Cinta bunda said...

Banyak teman, Silaturahim jadi Luas yang sudah dijanjikan memperpanjang umur dan memperluar Rizki....
banyak duit lagi,hehe.....

5 Point diatas intinya adalah Menyambung Silaturahim, yang mengakibatkan Rizki Luas dan Umur Panjang.

Siapa yang gak mauu hayoo....
Happy blogging mbak mira...

Faril Lukman said...

Saya setuju denga poin 3.. Dengan blogwalking kita akan mendapat banyak pengetahuan.. dan dengan ngeblog kita bisa berbagi pengetahuan yang kita miliki pada orang lain.. Jadi, ilmu kita dapat berguna bagi dunia...

Ririe Khayan said...

kelima point tersebut TIDAK ada yg saya tolak Mbak, point 5nya mmg belum sih tapi pengennya juga bisa deh earn some money dari online.

Sesungguhnya batas-batas keterbatasan masih sangat mungkin untuk di kurangi..

Mas Huda said...

saya tuh sebenarnya ikut komunitas g ya? ha ha :D

Mami Zidane said...

ternyata banyak efek positiv yang di dapat dengan bergabung di sebuah komunitas ya mbak....

Pengamat Blog said...

Komunitas memang perlu dan bisa kita manfaatkan untuk hal-hal yang positif.

Btw, artikel ini terlalu banyak (inflasi) keyword "komunitas" dan link keluarnya.

Lain kali agar dibatasi karena bisa dianggap spam keyword oleh Google.(Sekedar saran dari seorang sahabat)

3 keword/anchor text ( di paragraf awal, tengah dan paragraf akhir) dan 2 link sudah cukup jeng.

Salam hangat dari Surabaya

mimi RaDiAl said...

sekarang waktu berkomunitas hanya bisa id dunia maya say, lain cerita di dunia nyata serba ada keterbatasan...taulah dewe yow ??? :D

tp emg salut ma elu yg bisa berbaur dg segala kalangan terutama yg no 5 ituh...hihi sayang ane ga sempat nyicip yeeee

@yankmira said...

@Lidya : siaaap, hehehe

@Erwin : okey, makasih yaa

@Bung Penho : Insya ALlah kalau ditekunin bisa juga Bung, makasih yaa

@Catatan Hati Bunda : siip, makasih yaa bunda, happy blogging too

@Faril : Aamiin, semangaat Faril

@Ririe : iyaa, itu hanya dari pandangan mata ku saja, kalau ada penambahan atau kurang pas, silakan di kasih kritikan membangun yaa Rie, makasih

@Mas Huda : laah meneketeh kl nanya nya ama saya, hihiih

@Mami Zidane : iyaa betul mba, Insya ALlah akan selalu ada manfaat dr apa yang kita kerjakan

@Pengamat Blog : wah wah wah kebetulan, terima kasih banyak sudah dikoreksi, dan sudah saya edit juga mas.

BlogS of Hariyanto said...

bergabung di komunitas yang positif ibarat memperluas silaturahmi dan mempererat silaturahim :)

lebah Jakarta said...

Buzzz Buzzz Buzzz
lam kenal

nice info, tp point 5 menarik tuh hehe. Aku br blajar neh, mohon bimbingannya, thanks :)

Salam Madu juga Sengat

marsudiyanto said...

Kemudahan komunikasi dan kemajuan teknologi semakin membuka peluang bagi yang mau mengembangkan diri Mbak.
Dan itu adalah pilihan kita. Mau memanfaatkan apa tidak.
Sukses buat Mbak Mira.
Salam!

Atma Muthmainna said...

setuju,,,
jangan batasi diri anda:)itu betul

Andy said...

ada betulnya juga sih mba,tapi kadar kita ikut komunitas juga dibatasi agar tidak mengganggu kegiatan dirumah bersama anak & suami
kalau aku cuma ikut satu komunitas aja,soalnya kerja + kuliah makan waktu & tenaga yg ekstra

Niar Ci Luk Baa said...

wah anggota marching band juga toh mbak.... keren :D

dulu pingin ikutan juga tapi di sekulahan ndak ada :D

elfarizi said...

Yap, sepakat ... berkomunitas bikin menambah wawasan dan tambah cerdas. Termasuk ngeblog ya, Mbak. Sayangnya saya belum bisa menghasilkan uang lewat blog hehehe :D

irmarahadian said...

memper-erat tali silaturahmi y mb...

Aieza doank said...

Assalamu'laiakum
bertamu + follow sobat

Orin said...

Tapi iya deh Mir, dikau aktif sekali, dimana2 ada *takjub* hohohoho.

Gudlak ngontesnya ya Jeng ;)

Lyliana Thia said...

bergabung di beberapa komunitas memang membuat hidup lebih hidup...

apa kabar nih Mir?
baru sembuh dari hiatus aku, hehe... baca sana sini ketemu artikel giveawaynya mira.. lewat komen ini sekalian mau ucapin, Happy (belated) Birthday ya Mira... wish you all the best.. :-D

Obat Herbal Demam Berdarah said...

salam kenal sob

@yankmira said...

@Blogs of Hariyanto : betul, terima kasih sudah berkunjung ya )

@Lebah Jakarta : salam kenal juga, makasih. yuk sama2 belajar

@Marsudiyanto : betul sekali Pak Mars... kembali pada setiap individu yaa, terima kasih

@Atma : hihiih, yes thankyou jeng Atma

@Andy : ohh iya, soal itu tentu masih menjadi prioritas yaa. keluarga #1

@Niar : hihi, iyaa Niar.. seru deh pokoknya

@Elfarizi : Insya Allah, kalau udah rejekinya pasti bisa juga menghasilkan tuh :)

@Irmarahadian : sama-sama, terima kasih sudah berkunjung :)

@Aieza : wa'alaikum salam, terima kasih

@Orin : weh neng orin bisa aja aah

@lyliana : Alhamdulillah Baik Thia sayang...terima kasih yaaa

@OHDB : udah bbrp kali mampir ke sini, komennya masih sama aja nih

obat herbal penyakit saluran kemih said...

salam kenal ia mba...
sukses ia...

obat herbal penyakit hepatitis said...

nice to info...
your all the best,,,

obat tradisional penyakit kanker prostat said...

kunjungan pagi teh...
salam kenal..

obat herbal kanker serviks said...

siip,, mksih info nya...

Mitos said...

Bener banget setuju sama manfaat diatas komunitas blogging itu perlu. :D untuk menambah wawasan, teman dan juga sekedar hobi. apalagi bagi yang suka sharing. :D salam knal ya sis

khansa said...

setuju bangeet mba..
wlopun telat sya ucapin moga barakallahu fi umrik mba.. semoga makin sukses dan semua cita2 tercapai.. ;)

Trica Jus said...

Kata Kata Bijak Nabi Muhammad SAW
Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

obat tradisional hiv said...

yang penting berusaha,.....

obat herbal said...

info yang snagat bermanfaat sekali buat di pelajari, ....

obat alami said...

artikel yang sangat bermanfaat sekali buat di simak, ......

pengobatan aternatif said...

Bergabung dengan banyak Komunitas memang bagus, selain menambah wawasan juga menambah pertemanan :).. keep spirit ya..