September 30, 2012

Aku & Emak2 Blogger di Tabloid Wanita Indonesia

Ehmmm.... 
Jujur aja, sempat terbersit rasa malu yang besar sebelum membuat postingan ini. Tapi setelah di pikir-pikir, kenapa mesti malu ya. Semua catatan yang ada di blog ini akan menjadi sejarah tertulis kelak ketika aku sudah tua dan anak-anakku besar nantinya. Semoga saja bisa menjadi warisan untuk mereka kelak, setidaknya apa yang anak-anakku temukan di ranah dunia maya tentang mamanya, bisa menjadi salah satu langkah untuk memotivasi mereka.

Semenjak menggagas sebuah grup/ komunitas emak-emak blogger, aku hampir tak pernah bisa meluangkan waktu untuk "me time". Setiap saat ada saja acara-acara yang harus dihadiri, karena semua itu bersifat undangan. Belum lagi membagi waktu antara menjaga aktivitas di grup KEB sendiri (fb, twitter dan web nya). Tapi alhamdulillah inilah gunanya ada partner, karena saya tidak melakukan semua itu sendirian. 

Kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasiku adalah bisnis oriflame yang saat ini masih dijalani. Tentunya menjadi seorang leader dengan ratusan team bukanlah hal yang mudah, namun tidak juga terlalu sulit, karena semua hal itu tergantung bagaimana kita menggunakan waktu yang ada. Lalu, bagaimana dengan urusan keluargaku sendiri? Ada beberapa yang beranggapan bahwa sepertinya aku sibuk sekali dan hampir  tidak ada waktu bersama anak-anak. Hihihihi, ini yang lucu.... tapi ya sudahlah, aku tak perlu menjelaskan bagaimana situasi "dapurku" pada orang lain, karena cukup aku dan keluargaku saja yang tau persis bagaimana isinya.

Ok, back to the topic...
Alhamdulillah akhirnya aku bisa memberikan kontribusi pada media cetak tabloid Wanita Indonesia dalam edisi terbaru di akhir September ini. Tentu saja bersama komunitas tercinta KEB yang masih terus dibangun hingga saat ini. 


Semoga semakin banyak sahabat perempuanku yang turut mewariskan jejak langkahnya di blog masing-masing. Semua harta yang kita miliki tentu akan habis dengan sendirinya. Tapi sebuah blog dan tulisan di dalamnya, akan abadi bahkan ketika kita sudah tidak ada di dunia ini. "Tetaplah menulis, maka kamu akan tau siapa dirimu".

September 25, 2012

Benarkah Kamu Blogger yang Peduli ?

Ngerasa ga, kalau cuaca sedang panas terasa begitu menyengat seolah-olah matahari ada di pelupuk kepala kita?
Ngerasa ga, kalau curah hujan masih tak mau menampakan kesegarannya?
Ngerasa ga, Indonesia mengalami iklim yang bergeser setiap saat?
Seperti kita tahu, sekitar bulan Juli - September biasanya kita sudah menikmati curah hujan dengan kesegerannya yang khas. Tapi saat ini, nyatanya hujan masih enggan menampakkan dirinya. Apakah yang terjadi dengan iklim kita? Betulkah bumi semakin menuju titik global dengan berbagai kondisinya? Sebagai seorang blogger, apakah kita mampu memberikan kontribusi pada permasalahan ini?

Senin 24 September 2012 lalu, saya dan beberapa teman blogger di undang oleh UNDP Indonesia dan IDBlognetwork untuk menghadiri sebuah diskusi dan sharing dengan tema "Perubahan Iklim" (pemanasan global) di Menara Thamrin. Membaca tema yang disampaikan, jujur saja ini bukan pembahasan yang ringan bagi saya, karena selama ini saya termasuk yang masih awam soal hal tersebut. Dan ketika Mas Anjari sebagai moderator bertanya pertama kalinya dan ditujukan ke saya, saya jawab sepengetahuan saya bahwa "global warming adalah peningkatan suhu yang tidak biasa yang terjadi di Indonesia khususnya, dan diperlukan peran semua orang untuk bertanggung jawab soal ini". Hmm, bagaimana menurut teman-teman?. Yaa, kalau temen-temen mau info detilnya, baca aja sumbernya di sini yaa

Nah penampakan saya yang pake kerudung pink itu :) (foto : Mas Amril)
Dalam diskusi semalam, banyak hal yang bisa di dapat, terutama mengenai poin-poin yang menjadi acuan. salah satunya adalah bagaimana peran social media di Indonesia dapat berkontribusi untuk menyingkap isu perubahan iklim? Secara tidak sadar selama ini kita justru memperkeruh mitos tersebut. Ada yang beranggapan bahwa perubahan iklim ini karena ulah atau isu yang ditiupkan oleh pihak-pihak tertentu dalam menekan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara. Namun ada pula yang beranggapan bahwa perubahan iklim ini (di Indonesia khususnya) memang karena habisnya gas O2 akibat lalainya masyarakat dalam memelihara lingkungan. 

Inilah fenomena yang terjadi di Indonesia, Jakarta khususnya. Peningkatan arus kendaraan setiap harinya bisa jadi salah satu penyebab perubahan iklim saat ini. Bagaimana tidak, setiap hari terjadi traffic yang luarbiasa padat di Jakarta, belum lagi setiap hari itu pula bertambah kendaraan baru hingga mencapai jumlah kurang lebih 1000. Bisa dibayangkan donk berapa banyak gas dan zat berbahaya yang bisa memicu ketidakstabilan iklim? Ok, kita ga usah ngomong teori terlalu jauh deh yaa. saya yakin teman-teman tau persis siapa yang harus dituju untuk menjawab semua rasa penasarannya, yaitu mba Google. 

Sebagai blogger yang memiliki kekuatan tak terhingga, sadarkah teman-teman bahwa kita bisa membantu menekan isu pemanasan global? memang tidak akan terlihat langsung hasilnya, namun jika kita bergerak secara bersamaan, dan menyebarkan kebiasaan "Green Life", Insya Allah kita akan menghasilkan konten-konten postif yang akan bermanfaat untuk penerus kita nantianya. Ok, saya juga paham kemungkinan dari kita sendiri ada yang beranggapan bahwa isu ini ga perlu dibesar-besarkan, atau kalau alay bilang  "trus, gue mesti bilang WOW, gitu?" Its oke lah. Kesadaran itu memang butuh pengorbanan jenderal :))). Kenapa saya sebut  perngorbanan? saya kasih contoh ya.

"Eka Situmorang, seorang emak blogger telah memulai kebiasaan green life ini. Yang Eka lakukan sangatlah simple. Dia sudah tidak lagi menggunakan tas/kantong yang berbahan plastik, kemanapun Eka pergi, dia akan selalu komitmen atas apa yang dia kerjakan. Sekalipun Eka berbelanja di supermarket, dia akan menolak diberi kantong plastik karena selalu membawa kantong sendiri yang berbahan kain".

Menurut teman-teman, apakah yang dilakukan oleh Eka sulit? Saya rasa tidak. Dan ada hal lain yang bisa kita lakukan, misalnya dengan membawa botol minuman dari rumah, dengan begitu kita sudah meminimalisasi pemakaian botol-botol berbahan plastik. Selain itu, kita juga bisa memilah sampah sesuai kategorinya. Jadi, semua itu bisa dilakukan dari diri sendiri dulu. Buktikan kalau blogger juga peduli pada bumi.

Mas Tomi dari UNDP berharap bahwa kalangan blogger bisa menjadi bagian dari sosialisasi ini. Langkah apa yang bisa diterapkan dan bisa diterima oleh semua kalangan. Blogger yang hadir setuju bahwa penyampaian itu haruslah bersifat fun. Bisa melalui games, video, pesan eye catching atau mengajak generasi muda untuk menyatu dengan alam dan merasakan langsung dampak dari isu pemanasan global dengan melakukan traveling. Dan untuk kalangan blogger sendiri, aksi ini bisa dilakukan secara bersamaan dengan diadakannya kontes menulis, pemasangan banner atau workshop-workshop. Efektifkah hal tersebut dilakukan? 

Suasana diskui yang menyenangkan (Foto : Mas Amril)
Dalam pertemuan tersebut, saya turut menyatakan diri Insya Allah akan mulai mensosialisasikan hal ini dan memulai dari diri sendiri, dan hal ini yang juga bisa dilakukan oleh teman-teman, seperti :
1. Mengurangi hingga menghilangkan kebiasaan menggunakan tas/ kantong yang berbahan plastik yang seperti Eka lakukan
2. Mulai memilah sampah di rumah
3. Memperbanyak penanaman pohon di sekitar rumah
4. Akan memberikan setiap info yang saya dapat tentang apa yang sudah saya lakukan.

Itu semua adalah soal kebiasaan dan sebenarnya tidak ada yang sulit. Sanggupkan kalian melakukan hal yang tidak biasa menjadi sebuah kebiasaan untuk menjadi lebih baik? Yuk, kita sama-sama bergerak, mulai dari diri sendiri dulu. 

******
Peserta #SGSglobal #IDblogger with UNDP Indonesia
10 orang blogger terpilih untuk mengikuti acara diskusi ini, yaitu:

Anjari Umarjianto, Mr. (Moderator)
Ahmad Gener Wakulu, Mr. (Jurnalis)
Amril TG, Mr. (Penasehat Blogger Bekasi & Dounder BloggerCikarang)
Bradley Marissa, Mr. (Blogger Depok)
Eka Situmorang, Ms. (Kopdar Jakarta)
Fadhli, Mr. (Mahasiwa President University Cikarang)
Irayani Queencyputeri, Ms. (blogger Angin Mamiri Makassar)
Luvie Melati, Ms. (Blogger Depok)
Mira Sahid, Ms. (Kumpulan Emak-emak Blogger)
Wijaya Kusumah, Mr. (Penasehat Blogger Bekasi)

September 20, 2012

Pengalaman Menjadi Reporter

Tanggal 11 September 2012, tak sengaja saya membaca tulisan mas Hazmi Srondol di grup Blogger Reporter tentang tantangan untuk membuat sebuah video liputan yang dilakukan oleh blogger kompasiana menjelang pilkada putaran kedua. Pada kesempatan pertama (Senin 17 Septermber 2012) lalu, saya berhalangan hadir karena sesuatu hal. Akhirnya untuk sesi kedua (Rabu malam) saya diijinkan oleh Allah Swt untuk bisa bersama-sama teman lainnya melakukan liputan, antara lain ada mas Hazmi Srondol, Elisa Koraag dan Sammi. 

Berkumpul di center poin di kawasan Sarinah, saya sempat merasa bete. Janjian jam setengan 5 sore, eh teman-teman lain datang lebih dari jam 5 (Ga keren deh, saya paling anti sama jam karet, karena saya sendiri juga emang agak kecepetan datengnya, jam setengah 4 bo) hahaha. Tapi ternyata, saya sendiri harus memaklumi dan ikhlas ketika pada kenyataannya ada hal-hal di luar dugaan kita sehingga apapun bisa terjadi dalam perjanjian  yang telah dibuat. Ternyata oh ternyata, Kakakku yang gokil itu baru aja kena musibah, bb nya kecemplung dan bliau mencoba menyelamatkannya dulu melalui karung beras (*heh? karung beras, hihhihi baca aja deh ceritanya di sini).

Foto : mas Hazmi Srondol (kika : Mira, Elisa, Hazmi & Sammi)
Ok, singkat kata kami berempat sudah berkumpul di mekdi sarinah, dan tepat pukul 19.00 memulai perjalanan menuju posko. Yaa, namanya reporter blogger (terutama saya) yang pengen mencari pengalaman, akhirnya diputuskan bahwa kami akan menuju posko Fauzi Bowo dulu di kawasan Menteng. Hebatnya lagi, ga ada salah satu pun dari kita yang tau tempatnya. *Aneh lagi nih. Tapi ya sudah, kami terus saja melaju menuju arah Cikini - Salemba. Tepat di belokan Megaria itulah akhirnya kami melihat keramaian, dan dipastikan itu adalah poskonya Fauzi Bowo & Nachrowi Ramli. Iya lah, backdrop yang terpampang jelas banget di pagarnya. 

Dengan percaya diri, kami berempat memasuki tempat itu dan dari luar sudah terdengar suara pengajian dan sholawatan. Tidak ada yang terlalu spesial di tempat itu, dan di sinilah babak pertama pengalaman menjadi reporter tercatat dalam sejarah #InspirasiMama. Seperti apa aksi kami di depan kamera? Coba aja liat ini


Merasa cukup membuat liputan di posko Fauzi Bowo, kami berempat menuju posko kedua, yaitu poskonya Jokowi - Ahok. Sedikit berbeda dengan posko Fauzi Bowo yang mudah ditemukan, kali ini kami harus menelusuri jalanan kecil bahkan sempat memutar sekali lagi untuk menemukan jalan masuk ke tempatnya Jokowi. Akhirnya sampailah kami di Jl. Borobudur. Pengalaman yang menarik dan lucu adalah, ketika beberapa anjing menggonggong ketika kami lewat tepat di depan halaman rumah sang majikannya. Seperti wajah penuh dendam, amarah, anjing itu sudah mulai berlari ke arah kami dengan gonggongan yang semakin keras. Alhamdulillah, Abang tukang parkir membantu kami menjinakkan anjing yang lebay itu sehingga kami bisa meneruskan perjalanan ke posko Jokowi (*dasar anjing) :D

Ketika memasuki posko Jokowi, saya pribadi agak salah tingkah nih. Secara yaa, hampir semua yang ada di dalam memakai kostum kotak-kotak, sementara kami dengan style masing-masing. Saya? Ungu laah pastinya hehehe. Tapi ya sudah lah, namanya blogger, urat malu ga usah di piara, kalau mau jadi blogger katanya harus maksimal (eaaa apapun itu, tetep harus dimaksimalkan donk yaa). 

Hal lain yang menarik adalah, di posko tersebut kami bertemu dengan komunitas Tuna Rungu yang menyatakan dirinya mendukung Jokowi - Ahok sebagai Gubernur dan Wagub Jakarta selanjutnya. Sudah bisa ditebak? Yap, walau saya kurang paham bahasa mereka, kembali lagi urat malu saya putuskan, kapan lagi bo dapat pengalaman seperti ini. Alhamdulillah ternyata mereka sangat excited untuk diwawancara. Seperti apa aksinya? Monggo di simak videonya.


Selesai sudah menjalankan tantangan dari kompasiana untuk menjadi K Report malam itu. Akhirnya pukul 21.00 kami memutuskan untuk pulang. Etapi, dirasa-rasa, perut saya melapar. Kebetulan jalur pulang melewati daerah kebon sirih. Jadi saya sarankan untuk kita sama-sama mencicipi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang terkenal itu lho. Sumpah, selama hijrah ke Jakarta, baru kemarin malam itu saya mencobanya. Rasanya? menurut saya sih biasa aja, namanya nasgorkam, yaa yang dominan rasa kambingnya. 

Foto : Mas Hazmi Srondol - Nasi goreng kambing Kebon Sirih
Liputan sudah, perut pun sudah kenyang. Aku, mas Hazmi, Mak Icha dan Semi berpisah di Sarinah, dan saya melaju sendirian saja ditemani Jessy. Tak terasa ketika sampai di rumah, waktu menunjukkan pukul 23.30 *bhiikk, pantes aja berasa capek dan ngantuk sangat. Tapi saya sangat bersyukur karena telah diberikan kesempatan oleh Allah Swt untuk terus menggali potensi yang saya miliki. Biar kata sudah emak-emak dan punya 2 anak, "teruslah bermimpi dan berusaha selama nafas masih ada" (*kata Ariel NOAH). Ga nyambung.

=============

Hari ini Pilkada putaran ke 2 sudah dilakukan, dan kita semua sudah tau siapa pemimpin yang akan memimpin Jakarta selanjutnya. Selamat mengemban tugas Pak Jokowi & Pak Basuki Tjahaja Purnama, semoga sesuai dengan apa yang disampaikan, "Jakarta akan berubah". Amiin

Tak lupa terima kasih juga untuk Pak Fauzi Bowo yang telah memberikan pengabdian dan prestasinya untuk Jakarta. jangan tinggalkan Jakarta ya pak, Karena Jokowi tentu saja lebih baik bersinergi dengan Bapak yang paham betul tentang tata letak kota Jakarta. Aamiin

September 17, 2012

Sang Bintang "Born To Make History" is NOAH

Mumpung lagi dapet "feel" nya, mumpung masih menikmati lagu-lagunya di layar televisiku saat ini, jadi mending langsung aja bikin postingannya yaa. Ini tentang sebuah euforia yang saat ini terasa semakin memanas (*halagh). Tapiii, bukan soal pilkada lho :)

Tulisan ini sebuah ungkapan atas kekaguman dan kerinduan sebuah karya yang sempat meredup.
Berawal ketika baca sebuah TL dengan hastag #NOAHBornToMakeHistory, ada rasa penasaran yang ga biasa begitu bacanya. Entah apa deh yaa, sepertinya adrenalin ini tergelitik bahkan terbawa dalam euforia yang saat ini terjadi. Ternyata oh ternyata, hari ini tepatnya Band NOAH sedang melakukan tour di 2 benua, 5 negara dalam 1 x 24 jam dan puncaknya saat ini juga (masih berlangsung) live konsernya NOAh di salah satu televisi swasta Indonesia. (trus, gue mesti bilang, "Wow" gitu?) wkwkwkkw, iseng aja nyeplosnya.

Masih inget pastinya yaa, ketika 3 tahun lalu (*kalau ga salah),  Sang vokalis dari Band yang namanya peterpan terjebak dalam kasus video porno yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia bahkan mungkin sampai ke dunia. Miris rasanya ketika itu menimpa seorang Ariel. Gimana engga, Ariel adalah sosok yang memiliki aura sangat luarbiasa, baik secara olah vokal, kemudian selalu menjadi trendsetter dalam fashionstyle kaum Adam, belum lagi pembawaannya yang cool, seksi dan.. aah... ya gitu deh, hihihi (*nyadar, udah emak2).

Dalam perjalanannya di dunia musik, Ariel dan kawan-kawan telah melalui berbagai proses yang wajib dilalui oleh sebuah band yang akan menuju popularitas tingkat tinggi. Alhasil, itu dibuktikan oleh Band yang saat ini telah berubah nama menjadi Noah. Segala persoalan mampu dilewati dengan tetap menjaga kualitas band tersebut. Dan wajar jika dalam sebuah team ada yang namanya konflik. Dari situ mereka akan melalui proses pembelajaran sehingga menjadikan mereka sebuah grup yang semakin kokoh, kompak dan berprestasi. 

Adalah Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David dan auditional Ihsan yang kini kembali membuat sebuah euforia yang berbeda dan sekaligus membius semua pandangan. Bahkan, untuk sementara kita bisa bernafas lega dari euforia pilkada yang tak kalah rame :)) (*apa hubungannya). Yah, setidaknya saat ini juga (pukul 00 : 16) saya masih menikmati alunan dan suara khas nya Ariel. Hoooo... *menganga

Tak banyak band Indonesia bisa sekompak dan sesabar personilnya Noah. Walau Ariel sempat tinggal di rumah tahanan selama 3 tahun, Uki dan kawan-kawan tetap bersabar dan tetap berada untuk mendukung Ariel serta mengatur strategi agar dikemudian hari Ariel bebas, mereka tak lagi berlari, namun langsung terbang untuk meraih sebuah kesuksessan yang sempat tertunda. Dan malam ini, mereka membuktikannya dengan prestasinya mendapatkan rekor muri karena berhasil melakukan konser 1 x 24 jam ke 2 benua dan 5 negara. "Culamedh eaaa kakaa" :P

Sang Bintang "Born To Make History"
Ya, Arial dan kawan-kawan kini sudah lebih siap untuk kembali menggebrak dunia permusikan Indonesia. Mereka akan mengukir lagi sejarah baru yang lebih fenomenal dan lebih fresh lagi, tapi tentu bukan fenomenal seperti yang sudah-sudah ya.. Apapun yang menimpanya seolah tak dihiraukan lagi oleh semua fans nya, bahkan masyarakat luas pada umumnya. Kini Ariel telah melepas topeng-topeng terdahulunya, dan semoga saja kelak bisa terus bertahan di jagat musik Indonesia dengan lebih baik lagi. Karya-karyanya yang selalu membius jutaan manusia, membuat Ariel dan NOAH tetap memiliki tempat di hati masyarakat. *termasuk hati mu kah, kawan?

Selamat datang di dunia barumu Ariel. "Bintang tetaplah Bintang". Selamat berkarya, berkarir dan mengukir prestasi untuk NOAH. Semoga kekompakan dan prestasi kalian menjadi acuan para pemusik di Indonesia, terutama band-band baru. 

"Jangan pernah berhenti bermimpi, jangan pernah berhenti berusaha, selama kita masih bernafas"

****

September 11, 2012

Kamu Tidak Sendiri



"Maakk, urusanku makin runyam aja. Pusing, mak".

Itulah beberapa kata yang kuterima di BBM tadi pagi. Seorang sahabat yang kutahu sedang dalam kondisi tidak nyaman dikarenakan permasalahan yang sedang menghampirinya. Hmmm, sekilas aku memejamkan mataku sambil membayangkan, seandainya aku bisa memelukmu saat ini, sahabatku.
Tidak lama kami saling mengirimkan BBM, setidaknya untuk sahabatku itu, hal tersebut mungkin bisa meringankan beban pikirannya saat ini walau aku tau persoalan tidak selesai sampai di situ.

Sahabatku sayang,
senantiasa kita harus menghadapi setiap kejadian di setiap detik yang berbeda. Kadang matahari akan bersinar sangat panas, namun di lain waktu mendung pun seolah menjadi teman dalam keseharian kita. Tak jarang keceriaan sering berakhir dalam kesedihan, sedangkan kesedihan seolah tak menemukan kebahagiaan yang kita harapkan. 

Tapi tahukah kamu?
Kenyataan yang kamu hadapi ini bukan mimpi. Kenyataan ini ada dan sedang kamu rasakan. Apakah kamu tau, bahwa akupun sedang dalam kondisi yang tidak nyaman? Apakah kamu tau, ada teman kita yang lain yang bahkan mungkin sedang dalam kondisi yang tidak sekedar "tidak nyaman", bahkan terpuruk? Semua ini nyata dan kita harus bisa melaluinya. Yah, terdengar standar jika aku mengatakan demikian, sementara aku tau di sana kamu butuh seseorang yang mampu mengusap air matamu. Pahamilah bahwa setiap perjalanan hidup kita ini adalah sebuah proses menuju kesempurnaan hidup, walau nyatanya tidak akan pernah ada manusia yang sempurna di muka bumi ini.

Aku, hanyalah seorang manusia. Dengan segala keterbatasanku, aku ingin sekali membantumu keluar dari persoalan ini. Tapi maafkan aku sahabat, hanya itulah yang dapat kuberikan, doa dan dukungan agar senantiasa kamu tau bahwa kamu tidak sendiri dalam hidup ini. Mulailah setahap demi setahap mengawali langkahmu dengan kematangan berfikir. Tak perlu terburu-buru memutuskan sesuatu, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Percayalah bahwa Allah memberikan cobaan tidak akan melebihi kemampuan manusia itu sendiri. Oleh karenanya mintalah hanya pada Allah agar DIA memberikan petunjukNYA, agar DIA senantiasa mengawali langkahmu saat ini dengan kekuatan, kesabaran, keikhlasan, hingga akhirnya kita mampu berserah atas apa yang Allah kehendaki untuk kita.



September 09, 2012

Cintai Blogmu, Cintai Komunitasmu

Sebelumnya, saya kasih info dulu. luangkan agak banyak waktu baca postingan ini yaa, karena panjang banget :)
==============

Alhamdulillah...
Itulah kata-kata yang saya ucapkan berkali-kali ketika sebuah perhelatan selesai dilaksanakan. Seperti baru saja menghirup udara segar ketika apa yang menjadi harapan bisa terwujud walaupun tidak semua sesuai harapan kita.

Setelah melalui proses persiapan hampir 2 bulan lamanya, tibalah kemarin 8 September 2012 pada puncak acara dari rangkaian peringatan 3 tahun Bloger Bekasi yang dilaksanakan di Gedung Balai Patriot Pemkot Bekasi dengan tema "Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan". Masih ingat kan acara sebelumnya pada bulan puasa lalu? Kebetulan acara sebelumnya itu sayapun sebagai koordinatornya.
Tidak mudah rasanya ketika saya mengembang amanah untuk mengawal "BeBlog3th" ini, ada banyak keraguan yang tersirat, ada banyak ketakutan yang menghampiri, namun di balik itu semua saya memiliki semangat dan keyakinan bahwa segala sesuatunya, apapun yang akan terjadi tidak terlepas dari kehendak yang Maha Kuasa, lalu kenapa saya mesti takut? Dan akhirnya Itulah yang membuat saya semakin yakin untuk melangkah bersama kawan-kawan yang tergabung dalam kepanitiaan.

3th Blogger Bekasi disupport penuh oleh Indosat, Nawala Nusantara, Pandi, Pemkot Bekasi dan Boneka Lucu
Panitia Beblog3th
Hingga beberapa jam menjelang perhelatan, saya masih harus memastikan bahwa semuanya sudah ok, terutama yang berkaitan dengan perangkat yang akan digunakan, karena di acara BeBlog3th ini Blogger Bekasi mengundang Pak Jamil Azzaini sebagai salah satu yang akan memberikan inspiring speech. Untuk itu persiapan gladi resik sejak jumat sore mulai dari sound system, dan proyektor menjadi perhatian kami pada saat ini. Menjelang pukul 11.15 malam, saya dan teman-teman panitia memutuskan untuk pulang saja, setelah sejak sore lalu kami melakukan gladi resik di gedung. Dalam harap-harap cemas karena sampai jam tersebut ternyata proyektor yang kita sewa tak kunjung datang. Tapi ternyata Allah itu Maha baik, ketika saya hendak memasuki kamar hotel di tempat beberapa teman panitia menginap, teman saya Zaenal memberi kabar bahwa proyektor sudah datang. Walau badan sudah capek dan mata sudah mulai lelah, Saya, Donny  dan Ayah Dian Kelana memutuskan untuk kembali ke Gedung patriot dan mencoba beberapa materi yang akan kita berikan esok harinya. Barulah pukul 01.00 Sabtu dini hari kami kembali ke hotel dan beristirahat.

Sabtu pukul 07.00 Panitia sudah mulai berkumpul di gedung Balai Patriot. Dan inilah yang saya appreciate untuk teman-teman panitia, begitu kompak, begitu menyenangkan, dan semua sangat maksimal mengerjakan jobdecsnya masing-masing. Ah, bagaimana jadinya acara ini tanpa kalian yaa.? *gruphug

Foto : Bene
Foto : Ayah Dian Kelana

Tepat pukul 09.00 acara dimulai dan dibuka oleh tarian adik-adik lucu nan menggemaskan dari sekolah Bani Saleh. Dipandu oleh Duo MC yang saya ajak dari kalangan Blogger juga (Arie Goiq & Wiwik Wylvera) acara dilanjutkan dengan pembacaan oleh mas Yulef (BeBlog) dan pemutaran video Blogger Bekasi, hingga masuk ke acara sesi peringatan HUT yaitu potong tumpeng dan pemutaran video ketua Blogger Bekasi (Pak Aris Heru Utomo) yang saat ini sedang bertugas di Beijing. Sayangnya pada hari H saya baru mendapat kabar bahwa ternyata Walikota Bekasi, Bapak Rahmat Effendi tidak jadi datang, dan diwakilkan oleh Ibu Dra. Sri Sunarwati, M.Si dari Kepala Bagian Telematika. Ya sudahlah, semoga saja Pak Rahmat Effendi bisa hadir di acara kami selanjutnya, Amprokan Blogger 2012 di bulan Desember nanti (Insya Allah).

MC : Arie Goiq & Wiwik Wylvera
Tarian dari Bani Saleh
Pemotongan tumpeng oleh mas Eko Eshape diserahkan kepada Ibu Sri Sunarwati, Kabag Telematika Pemkot Bekasi (kika : Ibu Sri, Ibu Murni, Om Jay, mas Rawi dan mas Eko)

Rangkaian acara selanjutnya adalah talkshow yang mengangkat tema "Internet Aman untuk Keluarga" yang dimoderatori oleh Mas Amril Taufik Gobel, menghadirkan Pak Irwin dari Nawala Nusantara, kemudian ada mba Valencia Mieke Randa atau yang kita kenal dengan nama akun twitternya @justsilly yang hadir mewakili blogger, lalu ada juga Om Jay mewakili bidang pendidikan. Acara talkshow ini berjalan sekitar 1 jam dan dan mendapatkan respon yang luarbiasa dari para pesertanya, terbukti dari antusias peserta yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Talkshow BeBlog3th  "Internet Aman untuk Keluarga"
Setelah talkshow selesai, inilah acara yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Siapa lagi kalau bukan Pak Jamil, yang biasa disebt "Kakek" di akun twitternya @JamilAzzaini. Materi yang beliau sampaikan dalam sesi ini adalah "Menjadi Blogger Sukses Mulia". Jujur saja, ini kali pertama saya mendengarkan beliau berbicara sekaligus pertemuan pertama. Ada satu hal yang saya suka dari beliau. Ketika pukul 10.00 hadir di tkp, sebagai panitia tentunya kami menyambut beliau dan sudah mempersiapkan tempat di barisan depan tempat duduk. Ternyata beliau memilih untuk duduk di baris paling belakang dan datang tanpa pengawalan. Hanya ada 1 stafnya yang menjaga booth untuk penjualan buku. Wow, inilah sosok motivator handal yang sudah terkenal namun tetap rendah hati. Praktis saya pun semakin mengaguminya. 

Jamil Azzaini di acara 3 th Blogger Bekasi
Dalam materi yang disampaikan oleh Pak Jamil, beliau memberikan 3 poin penting jika ingin menjadi seorang blogger sukses mulia. Yeng pertama "Mimpi", itulah salah satu yang diutarakan dalam materi pertama. Setiap orang (blogger) harus memiliki "mimpi", apapun bentuk mimpi tersebut. Tanpa "mimpi", blog akan cepat "Mati". Entah itu ingin blog nya menjadi no 1, atau hal lainnya, tetaplah bermimpi dan berusaha mewujudkannya. Mimpi merupakan bahan bakar yang akan memacu seluruh pikiran bahkan pembuluh darah kita agar terus melakukan hal-hal yang positif untuk mewujudkan mimpi tersebut. Salah satu mimpinya Pak Jamil adalah ketika beliau memberikan training kepada 100 orang, maka setalah itu harus ada 100 orang lagi yang akan beliau berikan ilmunya secara cuma-cuma, hingga mampu mencapai target sebanyak 25 juta orang. Dan itulah bekal yang akan beliau berikan terutama untuk anak dan keluarganya. Beliau akan senang ketika anak-anaknya mencari kata kunci di google dengan nama "Jamil Azzaini" dan di mesin pencari muncullah nama Jamil Azzaini dengan target yang telah diraihnya. Kedua, "Tak Hanya Baik", tapi "Berikanlah Yang Terbaik". Ketiga "Cintailah Pembaca Blog Anda".

Jika saya mengambil inti dari sebagian materi itu, ternyata tidak hanya uang saja yang dapat kita wariskan kepada anak dan keluarga kita. Blog pun akan menjadi salah satu yang bisa kita wariskan. Untuk itu "Cintailah Blogmu" dengan memberikan banyak manfaat dalam tulisan-tulisan yang akan kita sampaikan. Bayangkan jika tulisan yang muncul di mesin pencari hanyalah berita-berita yang mengangkat sosok kita secara negatif, bagaimana perasaan anak, cucu kita? Pak Jamil menceritakan juga  bagaimana ketika seseorang yang menganggap dirinya sibuk hingga tak ada waktu untuk menulis di blog? Nah, inilah yang biasa kita lakukan. Seolah-olah kita orang yang paling sibuk yaa. Kalau mendengar cerita Pak Jamil dengan kesibukannya yang luarbiasa, saya jadi malu sendiri. Yang super sibuk aja masih bisa update blog, lah terkadang saya malah sok-sok an ga ada waktu untuk update. Tapi alhamdulillah saya masih tetap konsisten di blog, walau dalam sebulan hanya ada 2-5 tulisan. Selain kata kunci tentang "Mimpi" yang beliau sharing, sebagai blogger kita harus bisa mencintai blog kita sendiri. Inilah kata kunci yang terpenting menurut saya, "CINTA". 

1. Cintai blog kita dengan melakukan update secara rutin.
Seperti yang saya tulis tadi, walau ga setiap hari update, yang penting saya masih tetap update blog saya.

2. Cintai blog kita dengan menulis yang mudah dipahami pembaca.
Terkadang saya suka bingung menentukan tema apa yang akan saya tulis. Nah daripada bingung dengan tata bahasa, menulislah apa yang kita rasakan atau apa yang kita alamai sehari-hari

3. Cintai blogmu dengan menebar energi positip
Ini yang terpenting. Jangan mentang-mentang ngerasa "Ini kan Blog Gue'... lah, kalau ceritanya cuma kegalauan atau yang bikin rusuh, orang juga jadi males bacanya yaa. jadi, mulailah dengan menuliskan hal-hal yang positif. Inget lho, suatu saat anak-anak kita akan mencari nama kita di mesin pencari :)

Pada sesi pak Jamil ini, saya tidak hanya dibuat melek bagaimana menjadi seorang blogger yang baik, tapi saya juga sempat menitikkan air mata ketika beliau bercerita tentang salah satu postingannya yang menjadi top read di bulan Agustus lalu di blognya. Judulnya "Maunya Istri" . Entah kenapa yaa... tiba-tiba menalir saja air mata ini membasahi pipi. *semoga gaa ada yang liat saya nangis tuh :D. 

Selesai dengan sesi Pak Jamil, acara break dulu untuk istirahat, makan siang dan sholat dzuhur. Tentu saja moment ini dimanfaatkan oleh semua peserta dan panitia untuk meminta tanda tangan dan juga melakukan foto bersama Pak Jamil, termasuk saya hihihi.

Penyerahan kenang-kenangan untuk Pak Jamil dari Blogger Bekasi (Kika : Irma, Pak Jamil, Mira & Mila)
Bersama Pak Jamil (foto : Mas Eko)
Panitia bersama Pak Jamil Azzaini (foto : Ayah Dian Kelana)
Ini lagi ngapain ya sama MC Goiq? hihihi

"Butiran Debu"

Rangkaian acara inti di sesi pagi Alhamdulillah berjalan lancar dan sedikit membuat saya mulai melega. Sesi kedua ini dibuka oleh hiburan Stand Up Comedy oleh @Awwe_ (Stand Up Comedy Bekasi) yang mengangkat tema seputaran Bekasi. Biasanya setelah makan siang, bawaannya ngantuk. Tapi kali ini semua peserta dibuat ngakak oleh Awwe ini, *ssst saya sampe keluar air mata dengerin celotehannya dia lho :)).
@Awwe_ bersama BeBlog
Dalam peringatan 3th Blogger Bekasi ini, acara yang kami suguhkan bervariasi. Mulai dari talkshow, Sharing Pak Jamil, hiburan, doorprize, lomba live tweet competition yang berhadiah tablet Android, juga ada BeBlog Charity dan BeBlog Award

Untuk Beblog charity, kami menggandeng SeBUAI (Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia) sebagai penerima sumbangan buku-buku layak pakai yang dibawa oleh peserta dalam acara 3th Beblog. Kemudian dalam Beblog award, kami memberikan penghargaan untuk 2 komunitas dengan kategori komunitas "Inspiratif" di wilayah Bekasi. Dan yang terpilih untuk tahun 2012 versi BeBlog adalah TDA Bekasi dan Akber Bekasi. Semoga saja award yang kami berikan bisa menjadi sinergi bagi kedua belah pihak dan lebih mempererat silaturahmi, sehingga ke depannya diharapkan bisa bekerjasama dalam satu acara yang lebih besar. Selamat kami ucapkan atas prestasinya.

 BeBlog Charity to SeBUAI (Kika : mas Eko Eshape, Adyanti, Mira)
BeBlog Award untuk TDA Bekasi & Akber Bekasi
Award untuk TDA Bekasi
Sepertinya, akan panjang sekali kalau saya ceritakan semua yaa. Perlu temen-temen ketahui bahwa acara peringatan 3 th Blogger Bekasi ini sebagai ajang pemanasan kami untuk menuju perhelatan yang lebih besar, yaitu Amprokan Blogger. Sebuah acara tahunan yang digelar oleh BeBlog dengan melibatkan semua kalangan blogger di seluruh Indonesia. pengen tau seperti apa konsepnya? saya kasih bocoran sedikit yaaa... Kita bakalan kemping di pantai (hihhih) *Insya Allah semoga ga ada halangan yaa. pantengin aja terus twitternya @bloggerbekasi. acara AB2012 nanti akan dikawal oleh ketua sekaligus blogger yang mumpuni yaitu mba @indahjuli. 

Oh iya, jangan lupa untuk semua teman-teman yang hadir ataupun yang berhalangan. Acara BeBlog3th ini tidak berakhir sampai hari kemarin saja, karena masih ada "Lomba Blog" dengan tema "Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan" berhadiah 1 bh Blackberry curve, Samsung Pocket dan Modem Indosat. Buruan cek infonya di sini yaa.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak untuk semua panitia dan teman-teman BeBlog yang hebat-hebat, mari kita jaga kebersamaan ini selamanya. Terima kasih untuk semua Sponsor yang telah banyak memberikan dukungan kepada Blogger Bekasi, yaitu Indosat, Nawala Nusantara, Pandi, Pemkot Bekasi dan Boneka lucu. Terima kasih kepada pengisi acara : Pak Jamil Azzani, Mba Silly, Awwe, Bani Saleh dan juga teman-teman komunitas @KomhijabersBKS, Komunitas Blogdetik, komunitas Blogger Tangerang serta Komunitas Batagornet Bandung yang telah memberikan ucapan melalui video kerennya, juga untuk semua teman-teman blogger dan peserta yang hadir di acara. Semoga silaturahmi yang terjalin membawa berkah untuk kita semua. Amin Ya Robbal Alamiin. 

Cintai Blogmu, Cintai Komunitasmu
Inilah makna yang bisa saya ambil dari acara ini. Dengan mendengar sharing dari Pak Jamil, Insya Allah saya akan semakin menghargai diri saya, lingkungan sekitar demi sebuah "Mimpi" yang akan saya wujudkan. Saya mencintai diri saya dengan segala yang ada di dalamnya, dan semua itu akan tercatat dalam sebuah rumah dan hati saya yang bernama Blog. 
Saya sendiri tidak akan menjadi apa-apa jika tidak bergandengan dengan sahabat-sahabat yang telah memberikan banyak pelajaran. Di Blogger Bekasi, saya banyak belajar dan mendapatkan banyak ilmu. itu mengapa, saya cinta dengan komunitas ini dan juga cinta dengan komunitas yang sedang dibangun, @Emak2Blogger. Semoga kebersamaan ini akan terjalin selamanya. 


Sampai berjumpa di Amprokan Blogger 2012 - Blogger Bekasi
Mengambil makna dan pembelajaran dari setiap hal secara positif, menjadikan diri kita akan terus mencari dan seolah kehausan akan ilmu-ilmu lainnya. Just Is... "Do with the heart, it will directly to the heart".