September 09, 2012

Cintai Blogmu, Cintai Komunitasmu

Sebelumnya, saya kasih info dulu. luangkan agak banyak waktu baca postingan ini yaa, karena panjang banget :)
==============

Alhamdulillah...
Itulah kata-kata yang saya ucapkan berkali-kali ketika sebuah perhelatan selesai dilaksanakan. Seperti baru saja menghirup udara segar ketika apa yang menjadi harapan bisa terwujud walaupun tidak semua sesuai harapan kita.

Setelah melalui proses persiapan hampir 2 bulan lamanya, tibalah kemarin 8 September 2012 pada puncak acara dari rangkaian peringatan 3 tahun Bloger Bekasi yang dilaksanakan di Gedung Balai Patriot Pemkot Bekasi dengan tema "Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan". Masih ingat kan acara sebelumnya pada bulan puasa lalu? Kebetulan acara sebelumnya itu sayapun sebagai koordinatornya.
Tidak mudah rasanya ketika saya mengembang amanah untuk mengawal "BeBlog3th" ini, ada banyak keraguan yang tersirat, ada banyak ketakutan yang menghampiri, namun di balik itu semua saya memiliki semangat dan keyakinan bahwa segala sesuatunya, apapun yang akan terjadi tidak terlepas dari kehendak yang Maha Kuasa, lalu kenapa saya mesti takut? Dan akhirnya Itulah yang membuat saya semakin yakin untuk melangkah bersama kawan-kawan yang tergabung dalam kepanitiaan.

3th Blogger Bekasi disupport penuh oleh Indosat, Nawala Nusantara, Pandi, Pemkot Bekasi dan Boneka Lucu
Panitia Beblog3th
Hingga beberapa jam menjelang perhelatan, saya masih harus memastikan bahwa semuanya sudah ok, terutama yang berkaitan dengan perangkat yang akan digunakan, karena di acara BeBlog3th ini Blogger Bekasi mengundang Pak Jamil Azzaini sebagai salah satu yang akan memberikan inspiring speech. Untuk itu persiapan gladi resik sejak jumat sore mulai dari sound system, dan proyektor menjadi perhatian kami pada saat ini. Menjelang pukul 11.15 malam, saya dan teman-teman panitia memutuskan untuk pulang saja, setelah sejak sore lalu kami melakukan gladi resik di gedung. Dalam harap-harap cemas karena sampai jam tersebut ternyata proyektor yang kita sewa tak kunjung datang. Tapi ternyata Allah itu Maha baik, ketika saya hendak memasuki kamar hotel di tempat beberapa teman panitia menginap, teman saya Zaenal memberi kabar bahwa proyektor sudah datang. Walau badan sudah capek dan mata sudah mulai lelah, Saya, Donny  dan Ayah Dian Kelana memutuskan untuk kembali ke Gedung patriot dan mencoba beberapa materi yang akan kita berikan esok harinya. Barulah pukul 01.00 Sabtu dini hari kami kembali ke hotel dan beristirahat.

Sabtu pukul 07.00 Panitia sudah mulai berkumpul di gedung Balai Patriot. Dan inilah yang saya appreciate untuk teman-teman panitia, begitu kompak, begitu menyenangkan, dan semua sangat maksimal mengerjakan jobdecsnya masing-masing. Ah, bagaimana jadinya acara ini tanpa kalian yaa.? *gruphug

Foto : Bene
Foto : Ayah Dian Kelana

Tepat pukul 09.00 acara dimulai dan dibuka oleh tarian adik-adik lucu nan menggemaskan dari sekolah Bani Saleh. Dipandu oleh Duo MC yang saya ajak dari kalangan Blogger juga (Arie Goiq & Wiwik Wylvera) acara dilanjutkan dengan pembacaan oleh mas Yulef (BeBlog) dan pemutaran video Blogger Bekasi, hingga masuk ke acara sesi peringatan HUT yaitu potong tumpeng dan pemutaran video ketua Blogger Bekasi (Pak Aris Heru Utomo) yang saat ini sedang bertugas di Beijing. Sayangnya pada hari H saya baru mendapat kabar bahwa ternyata Walikota Bekasi, Bapak Rahmat Effendi tidak jadi datang, dan diwakilkan oleh Ibu Dra. Sri Sunarwati, M.Si dari Kepala Bagian Telematika. Ya sudahlah, semoga saja Pak Rahmat Effendi bisa hadir di acara kami selanjutnya, Amprokan Blogger 2012 di bulan Desember nanti (Insya Allah).

MC : Arie Goiq & Wiwik Wylvera
Tarian dari Bani Saleh
Pemotongan tumpeng oleh mas Eko Eshape diserahkan kepada Ibu Sri Sunarwati, Kabag Telematika Pemkot Bekasi (kika : Ibu Sri, Ibu Murni, Om Jay, mas Rawi dan mas Eko)

Rangkaian acara selanjutnya adalah talkshow yang mengangkat tema "Internet Aman untuk Keluarga" yang dimoderatori oleh Mas Amril Taufik Gobel, menghadirkan Pak Irwin dari Nawala Nusantara, kemudian ada mba Valencia Mieke Randa atau yang kita kenal dengan nama akun twitternya @justsilly yang hadir mewakili blogger, lalu ada juga Om Jay mewakili bidang pendidikan. Acara talkshow ini berjalan sekitar 1 jam dan dan mendapatkan respon yang luarbiasa dari para pesertanya, terbukti dari antusias peserta yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Talkshow BeBlog3th  "Internet Aman untuk Keluarga"
Setelah talkshow selesai, inilah acara yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Siapa lagi kalau bukan Pak Jamil, yang biasa disebt "Kakek" di akun twitternya @JamilAzzaini. Materi yang beliau sampaikan dalam sesi ini adalah "Menjadi Blogger Sukses Mulia". Jujur saja, ini kali pertama saya mendengarkan beliau berbicara sekaligus pertemuan pertama. Ada satu hal yang saya suka dari beliau. Ketika pukul 10.00 hadir di tkp, sebagai panitia tentunya kami menyambut beliau dan sudah mempersiapkan tempat di barisan depan tempat duduk. Ternyata beliau memilih untuk duduk di baris paling belakang dan datang tanpa pengawalan. Hanya ada 1 stafnya yang menjaga booth untuk penjualan buku. Wow, inilah sosok motivator handal yang sudah terkenal namun tetap rendah hati. Praktis saya pun semakin mengaguminya. 

Jamil Azzaini di acara 3 th Blogger Bekasi
Dalam materi yang disampaikan oleh Pak Jamil, beliau memberikan 3 poin penting jika ingin menjadi seorang blogger sukses mulia. Yeng pertama "Mimpi", itulah salah satu yang diutarakan dalam materi pertama. Setiap orang (blogger) harus memiliki "mimpi", apapun bentuk mimpi tersebut. Tanpa "mimpi", blog akan cepat "Mati". Entah itu ingin blog nya menjadi no 1, atau hal lainnya, tetaplah bermimpi dan berusaha mewujudkannya. Mimpi merupakan bahan bakar yang akan memacu seluruh pikiran bahkan pembuluh darah kita agar terus melakukan hal-hal yang positif untuk mewujudkan mimpi tersebut. Salah satu mimpinya Pak Jamil adalah ketika beliau memberikan training kepada 100 orang, maka setalah itu harus ada 100 orang lagi yang akan beliau berikan ilmunya secara cuma-cuma, hingga mampu mencapai target sebanyak 25 juta orang. Dan itulah bekal yang akan beliau berikan terutama untuk anak dan keluarganya. Beliau akan senang ketika anak-anaknya mencari kata kunci di google dengan nama "Jamil Azzaini" dan di mesin pencari muncullah nama Jamil Azzaini dengan target yang telah diraihnya. Kedua, "Tak Hanya Baik", tapi "Berikanlah Yang Terbaik". Ketiga "Cintailah Pembaca Blog Anda".

Jika saya mengambil inti dari sebagian materi itu, ternyata tidak hanya uang saja yang dapat kita wariskan kepada anak dan keluarga kita. Blog pun akan menjadi salah satu yang bisa kita wariskan. Untuk itu "Cintailah Blogmu" dengan memberikan banyak manfaat dalam tulisan-tulisan yang akan kita sampaikan. Bayangkan jika tulisan yang muncul di mesin pencari hanyalah berita-berita yang mengangkat sosok kita secara negatif, bagaimana perasaan anak, cucu kita? Pak Jamil menceritakan juga  bagaimana ketika seseorang yang menganggap dirinya sibuk hingga tak ada waktu untuk menulis di blog? Nah, inilah yang biasa kita lakukan. Seolah-olah kita orang yang paling sibuk yaa. Kalau mendengar cerita Pak Jamil dengan kesibukannya yang luarbiasa, saya jadi malu sendiri. Yang super sibuk aja masih bisa update blog, lah terkadang saya malah sok-sok an ga ada waktu untuk update. Tapi alhamdulillah saya masih tetap konsisten di blog, walau dalam sebulan hanya ada 2-5 tulisan. Selain kata kunci tentang "Mimpi" yang beliau sharing, sebagai blogger kita harus bisa mencintai blog kita sendiri. Inilah kata kunci yang terpenting menurut saya, "CINTA". 

1. Cintai blog kita dengan melakukan update secara rutin.
Seperti yang saya tulis tadi, walau ga setiap hari update, yang penting saya masih tetap update blog saya.

2. Cintai blog kita dengan menulis yang mudah dipahami pembaca.
Terkadang saya suka bingung menentukan tema apa yang akan saya tulis. Nah daripada bingung dengan tata bahasa, menulislah apa yang kita rasakan atau apa yang kita alamai sehari-hari

3. Cintai blogmu dengan menebar energi positip
Ini yang terpenting. Jangan mentang-mentang ngerasa "Ini kan Blog Gue'... lah, kalau ceritanya cuma kegalauan atau yang bikin rusuh, orang juga jadi males bacanya yaa. jadi, mulailah dengan menuliskan hal-hal yang positif. Inget lho, suatu saat anak-anak kita akan mencari nama kita di mesin pencari :)

Pada sesi pak Jamil ini, saya tidak hanya dibuat melek bagaimana menjadi seorang blogger yang baik, tapi saya juga sempat menitikkan air mata ketika beliau bercerita tentang salah satu postingannya yang menjadi top read di bulan Agustus lalu di blognya. Judulnya "Maunya Istri" . Entah kenapa yaa... tiba-tiba menalir saja air mata ini membasahi pipi. *semoga gaa ada yang liat saya nangis tuh :D. 

Selesai dengan sesi Pak Jamil, acara break dulu untuk istirahat, makan siang dan sholat dzuhur. Tentu saja moment ini dimanfaatkan oleh semua peserta dan panitia untuk meminta tanda tangan dan juga melakukan foto bersama Pak Jamil, termasuk saya hihihi.

Penyerahan kenang-kenangan untuk Pak Jamil dari Blogger Bekasi (Kika : Irma, Pak Jamil, Mira & Mila)
Bersama Pak Jamil (foto : Mas Eko)
Panitia bersama Pak Jamil Azzaini (foto : Ayah Dian Kelana)
Ini lagi ngapain ya sama MC Goiq? hihihi

"Butiran Debu"

Rangkaian acara inti di sesi pagi Alhamdulillah berjalan lancar dan sedikit membuat saya mulai melega. Sesi kedua ini dibuka oleh hiburan Stand Up Comedy oleh @Awwe_ (Stand Up Comedy Bekasi) yang mengangkat tema seputaran Bekasi. Biasanya setelah makan siang, bawaannya ngantuk. Tapi kali ini semua peserta dibuat ngakak oleh Awwe ini, *ssst saya sampe keluar air mata dengerin celotehannya dia lho :)).
@Awwe_ bersama BeBlog
Dalam peringatan 3th Blogger Bekasi ini, acara yang kami suguhkan bervariasi. Mulai dari talkshow, Sharing Pak Jamil, hiburan, doorprize, lomba live tweet competition yang berhadiah tablet Android, juga ada BeBlog Charity dan BeBlog Award

Untuk Beblog charity, kami menggandeng SeBUAI (Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia) sebagai penerima sumbangan buku-buku layak pakai yang dibawa oleh peserta dalam acara 3th Beblog. Kemudian dalam Beblog award, kami memberikan penghargaan untuk 2 komunitas dengan kategori komunitas "Inspiratif" di wilayah Bekasi. Dan yang terpilih untuk tahun 2012 versi BeBlog adalah TDA Bekasi dan Akber Bekasi. Semoga saja award yang kami berikan bisa menjadi sinergi bagi kedua belah pihak dan lebih mempererat silaturahmi, sehingga ke depannya diharapkan bisa bekerjasama dalam satu acara yang lebih besar. Selamat kami ucapkan atas prestasinya.

 BeBlog Charity to SeBUAI (Kika : mas Eko Eshape, Adyanti, Mira)
BeBlog Award untuk TDA Bekasi & Akber Bekasi
Award untuk TDA Bekasi
Sepertinya, akan panjang sekali kalau saya ceritakan semua yaa. Perlu temen-temen ketahui bahwa acara peringatan 3 th Blogger Bekasi ini sebagai ajang pemanasan kami untuk menuju perhelatan yang lebih besar, yaitu Amprokan Blogger. Sebuah acara tahunan yang digelar oleh BeBlog dengan melibatkan semua kalangan blogger di seluruh Indonesia. pengen tau seperti apa konsepnya? saya kasih bocoran sedikit yaaa... Kita bakalan kemping di pantai (hihhih) *Insya Allah semoga ga ada halangan yaa. pantengin aja terus twitternya @bloggerbekasi. acara AB2012 nanti akan dikawal oleh ketua sekaligus blogger yang mumpuni yaitu mba @indahjuli. 

Oh iya, jangan lupa untuk semua teman-teman yang hadir ataupun yang berhalangan. Acara BeBlog3th ini tidak berakhir sampai hari kemarin saja, karena masih ada "Lomba Blog" dengan tema "Semangat Kebersamaan dalam Harmoni Perubahan" berhadiah 1 bh Blackberry curve, Samsung Pocket dan Modem Indosat. Buruan cek infonya di sini yaa.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak untuk semua panitia dan teman-teman BeBlog yang hebat-hebat, mari kita jaga kebersamaan ini selamanya. Terima kasih untuk semua Sponsor yang telah banyak memberikan dukungan kepada Blogger Bekasi, yaitu Indosat, Nawala Nusantara, Pandi, Pemkot Bekasi dan Boneka lucu. Terima kasih kepada pengisi acara : Pak Jamil Azzani, Mba Silly, Awwe, Bani Saleh dan juga teman-teman komunitas @KomhijabersBKS, Komunitas Blogdetik, komunitas Blogger Tangerang serta Komunitas Batagornet Bandung yang telah memberikan ucapan melalui video kerennya, juga untuk semua teman-teman blogger dan peserta yang hadir di acara. Semoga silaturahmi yang terjalin membawa berkah untuk kita semua. Amin Ya Robbal Alamiin. 

Cintai Blogmu, Cintai Komunitasmu
Inilah makna yang bisa saya ambil dari acara ini. Dengan mendengar sharing dari Pak Jamil, Insya Allah saya akan semakin menghargai diri saya, lingkungan sekitar demi sebuah "Mimpi" yang akan saya wujudkan. Saya mencintai diri saya dengan segala yang ada di dalamnya, dan semua itu akan tercatat dalam sebuah rumah dan hati saya yang bernama Blog. 
Saya sendiri tidak akan menjadi apa-apa jika tidak bergandengan dengan sahabat-sahabat yang telah memberikan banyak pelajaran. Di Blogger Bekasi, saya banyak belajar dan mendapatkan banyak ilmu. itu mengapa, saya cinta dengan komunitas ini dan juga cinta dengan komunitas yang sedang dibangun, @Emak2Blogger. Semoga kebersamaan ini akan terjalin selamanya. 


Sampai berjumpa di Amprokan Blogger 2012 - Blogger Bekasi
Mengambil makna dan pembelajaran dari setiap hal secara positif, menjadikan diri kita akan terus mencari dan seolah kehausan akan ilmu-ilmu lainnya. Just Is... "Do with the heart, it will directly to the heart".

26 comments:

Esti Sulistyawan said...

iya ya mbak, berasa orang paling sibuk sedunia deh kalo alasan gak update blog ... @.@
Patut dicontoh orang2 yang bisa rutin merawat blog ditengah kesibukan yang luar biasa :)

Niken Kusumowardhani said...

Seru dan sukses acaranya ya mbak. Maaf kemaren mendadak tidak bisa ikut acaranya. Sebab suami minta didampingi dlm acara kantornya.

@yankmira said...

@Esti : nah, mari kita kibas virus-virus yang membawa kemalsan ya, biar bisa memberikan manfaat untuk orang lain :)

@Niken : Alhamdulillah iya seru banget. Gpp Mak Niken, Semoga suaminya cepat sembuh yaa

Rumah Sahaja said...

Acara Ulang Tahun yang bertabur pelajaran
Dari kekompakan panitia sampai materi acara, sungguh luarbiasa

Salam sukses selalu untuk Blogger Bekasi
Tetap semangaattt

Reca Ence said...

ooo yaaa
Buat @emak2blogger saluuutttt
Semangaattt yang penuh energi
tak lupa, salutt juga u/ para suami @emak2blogger yang telah memerikan waktu, restu dan dukungan yang luas untuk mengembangkan karya-karyanya yang indah dan bermanfaat
Salah satu pendukung yang tersembunyi

ditunggu karya2 Blogger Bekasi berikutnya
salam sukses penuh bahagia

@yankmira said...

@Rumah Sahaja : Aamiin, terima kasih yaa. yes semangat tross

@Kang Ence : makasih Kang, semoga bisa bekerjasama lagi yaa :)

Goiq said...

terima kasih untuk kesempatannya nge MC di acara sepenting kemarin.. senang juga bisa berduet butiran debu bareng bu ketua panitia... lanjutkan duet kita dilain kesempatan... hahahahaha

Amril TG said...

Salut atas kekompakan tim panitia yg dipimpin mbak Mira dalam acara HUT 3 Blogger Bekasi ini. Luar Biasa! Semoga kebersamaan yg solid ini semakin kuat di masa-masa mendatang

ahmadi said...

wah ask bisa kopi darat.

Miftahudin said...

Wihhh.... mantap2.... ane dukung terus... dahhh.. Semangat ngeblog.... :D Bagi2 ilmunya.... :)

Fira said...

mantab, sharing cerita acaranya.

Yunda Hamasah said...

Aku suka baca tulisannya Pak Jamil di Majalah Yatim Mandiri :)

Wijaya Kusumah said...

Terharu sekaligus bangga dengan tulisan mbak Mira yg sangat menyentuh hati ini. kerendahan hati dan kepemimpinan mbak Mira dalam kepanitiaan sungguh luar biasa.

Salut buat teman-teman panitia yg sdh bersusah payah agar acara ini menjadi begitu indah. saya pun merasakan kehangatan layaknya sebuah keluarga besar yang lama tak bersua.

Semoga beblog dapat menembus tapal batas dengan orang-orang yg memiliki kerendahan hati, dan mau berbagi kepada sesama.

salam Blogger Persahabatan
Omjay

marsudiyanto said...

Segala capek akan terbayar lunas manakala acaranya berlangsung sukses...
Selamat atas terselenggaranya acara yang super luar biasa ini Mbak

marsudiyanto said...

Kemarin postingan ini sudah terdeteksi tapi saat saya ke sini nggak menemukan.
Tapi sekarang sudah muncul :D

@yankmira said...

@Rumah Sahaja : Alhamdulillah, trm kasih yaa

@Kang Ence : betul sekali Kang, kelancaran acara ini juga berkat doa dan support dr keluarga. trm kasih ya

@Goiq : Ariiiii, aah keren abis bin gokil dan top nih MC nya. Makasih yaa udah bantuain memeriahkan acara, jangan kapok lho

@AmrilTG : Amin, Alhamdulillah. Semoga menjadikan saya tetap sebagai seorang pembelajar dan tidak merasa tinggi hati mas :)

@Ahmadi : iya asik banget. ikutan aja kl ada lagi

@Miftahudin : Aamiin, makasih yaa. kebeneran aku juga masih seorang pembelajar, yuk sama2 belajar

@Fira : Makasih ya Fira

@Yunda : oh yaa? wah kalau liat langsung pasti menganga (*itu aku denk)

@Om Wijaya/ Om Jay : Amin, alhamdulillah Om Jay. Semua ini tidak terlepas dr doa dan dukungan keluarga serta sahabat beblog termasuk Om Jay juga

@Pak Mars : Alhamdulillah, seandainya Pak Mars datang hihihi. Oh iya, mohon maaf kmrn itu postingan naik karena kepencet publish, padahal belum selesai :)

menulis lah said...

Sayang @yankmira gak bagi2 baju komunitas beblognya, pada hal aye member blogger bekasi

menulis lah said...

masih ada gak baju komunitas beblog yg tersisa mbak @yankmira

Lidya - Mama Cal-Vin said...

warna kaosnya keren ungu :) maskh ada gak hehehe

@yankmira said...

@menulis lah : maaf ya untuk kaos memang hanya untuk panitia dan sponsor aja, karena terbatas. Dan kebetulan sudha habis :). Ikut Amprokan Blogger yaa, Insya ALlah dpt kaos atu2

@Lidya : hehehhe, warna kesukaan ketua panitianya teh :P

yulianti said...

Mampir mbk.. kunjungan perdana :-) Nice Blog.
,
silahkan mampir juga ke blog saya & tinggalkan komentarnya :-)

Gejala Ambeien said...

Info dan blogg'nya bagus bngt mbak, mks ya lam knl semoga sukses AMIIIN !!!

ISK said...

Informasinya sangat bermanfaat bngt mbak, makasih ya atas infonya ??

Asep Haryono said...

Ass Wr wb. Saya menamatkan SMP dan SMA nya di Bekasi. Saya alumni SMP negeri 4 Bekasi, dan alumni SMA Negeri 2 Bekasi di era taon 1989. Bahkan orang tua saya di Kranji, Inkopol. Biasa tiap tahun mudik.

Saya sekarang di Pontianak, Kalimantan Barat sejak tahun 1990 lalu. Oh ya saya sudah apply ke website Blogger Bekasi, namun belum mendapatkan otorisasi.

Mohon sampaikan informasi ini kepada pengelola situs blogger Bekasi ya. Saya mau aktif jadi member di blogger bekasi. Semoga berkenan untuk disampaikan kepada mereka pesan saya ini. :)))

Buat mu salam kebal eh salah salam kenal aja ya. Keep up the good work dari komunitas Blogger Borneo, Pontianak.

Salam dari Pontianak

Asep Haryono
Website Content Specialist
Pontianak Post JPNN
Pontianak
Kalimantan Barat

Sang Cerpenis bercerita said...

wah ungu semua nih keren.ternyata mbak Mira itu imut ya. hehhee

Obat Penyakit Luka Bakar said...

Hebat amat ini bloger apalagi bajunya bikin saya pengen beli.hehehe