September 20, 2012

Pengalaman Menjadi Reporter

Tanggal 11 September 2012, tak sengaja saya membaca tulisan mas Hazmi Srondol di grup Blogger Reporter tentang tantangan untuk membuat sebuah video liputan yang dilakukan oleh blogger kompasiana menjelang pilkada putaran kedua. Pada kesempatan pertama (Senin 17 Septermber 2012) lalu, saya berhalangan hadir karena sesuatu hal. Akhirnya untuk sesi kedua (Rabu malam) saya diijinkan oleh Allah Swt untuk bisa bersama-sama teman lainnya melakukan liputan, antara lain ada mas Hazmi Srondol, Elisa Koraag dan Sammi. 

Berkumpul di center poin di kawasan Sarinah, saya sempat merasa bete. Janjian jam setengan 5 sore, eh teman-teman lain datang lebih dari jam 5 (Ga keren deh, saya paling anti sama jam karet, karena saya sendiri juga emang agak kecepetan datengnya, jam setengah 4 bo) hahaha. Tapi ternyata, saya sendiri harus memaklumi dan ikhlas ketika pada kenyataannya ada hal-hal di luar dugaan kita sehingga apapun bisa terjadi dalam perjanjian  yang telah dibuat. Ternyata oh ternyata, Kakakku yang gokil itu baru aja kena musibah, bb nya kecemplung dan bliau mencoba menyelamatkannya dulu melalui karung beras (*heh? karung beras, hihhihi baca aja deh ceritanya di sini).

Foto : mas Hazmi Srondol (kika : Mira, Elisa, Hazmi & Sammi)
Ok, singkat kata kami berempat sudah berkumpul di mekdi sarinah, dan tepat pukul 19.00 memulai perjalanan menuju posko. Yaa, namanya reporter blogger (terutama saya) yang pengen mencari pengalaman, akhirnya diputuskan bahwa kami akan menuju posko Fauzi Bowo dulu di kawasan Menteng. Hebatnya lagi, ga ada salah satu pun dari kita yang tau tempatnya. *Aneh lagi nih. Tapi ya sudah, kami terus saja melaju menuju arah Cikini - Salemba. Tepat di belokan Megaria itulah akhirnya kami melihat keramaian, dan dipastikan itu adalah poskonya Fauzi Bowo & Nachrowi Ramli. Iya lah, backdrop yang terpampang jelas banget di pagarnya. 

Dengan percaya diri, kami berempat memasuki tempat itu dan dari luar sudah terdengar suara pengajian dan sholawatan. Tidak ada yang terlalu spesial di tempat itu, dan di sinilah babak pertama pengalaman menjadi reporter tercatat dalam sejarah #InspirasiMama. Seperti apa aksi kami di depan kamera? Coba aja liat ini


Merasa cukup membuat liputan di posko Fauzi Bowo, kami berempat menuju posko kedua, yaitu poskonya Jokowi - Ahok. Sedikit berbeda dengan posko Fauzi Bowo yang mudah ditemukan, kali ini kami harus menelusuri jalanan kecil bahkan sempat memutar sekali lagi untuk menemukan jalan masuk ke tempatnya Jokowi. Akhirnya sampailah kami di Jl. Borobudur. Pengalaman yang menarik dan lucu adalah, ketika beberapa anjing menggonggong ketika kami lewat tepat di depan halaman rumah sang majikannya. Seperti wajah penuh dendam, amarah, anjing itu sudah mulai berlari ke arah kami dengan gonggongan yang semakin keras. Alhamdulillah, Abang tukang parkir membantu kami menjinakkan anjing yang lebay itu sehingga kami bisa meneruskan perjalanan ke posko Jokowi (*dasar anjing) :D

Ketika memasuki posko Jokowi, saya pribadi agak salah tingkah nih. Secara yaa, hampir semua yang ada di dalam memakai kostum kotak-kotak, sementara kami dengan style masing-masing. Saya? Ungu laah pastinya hehehe. Tapi ya sudah lah, namanya blogger, urat malu ga usah di piara, kalau mau jadi blogger katanya harus maksimal (eaaa apapun itu, tetep harus dimaksimalkan donk yaa). 

Hal lain yang menarik adalah, di posko tersebut kami bertemu dengan komunitas Tuna Rungu yang menyatakan dirinya mendukung Jokowi - Ahok sebagai Gubernur dan Wagub Jakarta selanjutnya. Sudah bisa ditebak? Yap, walau saya kurang paham bahasa mereka, kembali lagi urat malu saya putuskan, kapan lagi bo dapat pengalaman seperti ini. Alhamdulillah ternyata mereka sangat excited untuk diwawancara. Seperti apa aksinya? Monggo di simak videonya.


Selesai sudah menjalankan tantangan dari kompasiana untuk menjadi K Report malam itu. Akhirnya pukul 21.00 kami memutuskan untuk pulang. Etapi, dirasa-rasa, perut saya melapar. Kebetulan jalur pulang melewati daerah kebon sirih. Jadi saya sarankan untuk kita sama-sama mencicipi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang terkenal itu lho. Sumpah, selama hijrah ke Jakarta, baru kemarin malam itu saya mencobanya. Rasanya? menurut saya sih biasa aja, namanya nasgorkam, yaa yang dominan rasa kambingnya. 

Foto : Mas Hazmi Srondol - Nasi goreng kambing Kebon Sirih
Liputan sudah, perut pun sudah kenyang. Aku, mas Hazmi, Mak Icha dan Semi berpisah di Sarinah, dan saya melaju sendirian saja ditemani Jessy. Tak terasa ketika sampai di rumah, waktu menunjukkan pukul 23.30 *bhiikk, pantes aja berasa capek dan ngantuk sangat. Tapi saya sangat bersyukur karena telah diberikan kesempatan oleh Allah Swt untuk terus menggali potensi yang saya miliki. Biar kata sudah emak-emak dan punya 2 anak, "teruslah bermimpi dan berusaha selama nafas masih ada" (*kata Ariel NOAH). Ga nyambung.

=============

Hari ini Pilkada putaran ke 2 sudah dilakukan, dan kita semua sudah tau siapa pemimpin yang akan memimpin Jakarta selanjutnya. Selamat mengemban tugas Pak Jokowi & Pak Basuki Tjahaja Purnama, semoga sesuai dengan apa yang disampaikan, "Jakarta akan berubah". Amiin

Tak lupa terima kasih juga untuk Pak Fauzi Bowo yang telah memberikan pengabdian dan prestasinya untuk Jakarta. jangan tinggalkan Jakarta ya pak, Karena Jokowi tentu saja lebih baik bersinergi dengan Bapak yang paham betul tentang tata letak kota Jakarta. Aamiin

32 comments:

Red Carra said...

wogh keren inih :)) ... bener2 top dah perjuangannya...
ehhh mak Mira... kali besok lagi musti ngajak Mak Sary Melati buat menjinakkan anjing2 lebay ituh :))

Bunda gaul said...

Mak Mira, pengalam yang asik dan seru yah. Senang bisa melakukan reportase barenga Mak Mira dan sammi. Sementara saya sudah nyaris lupa karena wterakhir melakukan reportase 10 tahun yang lalu, mungkin saat itupun kamu masih remaja ABG yah? Saya acung jempol buat kamu! Sukses selalu ya Mak!

@yankmira | Mira Sahid said...

@Red carra : iya bener seru banget. hahahaa, bisa dicoba tuh ngajakin pawangnya :D

@Bunda Gaul : Ah, sama-sama belajar mak, seru yaa. aku juga acung jempol buat mak Icha, ga prenah bosen kalau lagi ngumpul, selalu ada cerita :)

Lusi said...

Waaa.... keren. Kok tidak ada tantangan liputan PON utk emak2 di Pekanbaru ya? Terus gimana mak? Blogger jurnalis sekarang cieee... Menginspirasi emak2 lain utk berani menjawab tantangan nih

f4dLy :) said...

kayaknya anjingnya menggonggong karena ingin diwawancari tuh mbak... makanya dia lebay-lebay kayak gitu... coba deh mbak sekali2 wawancarai :)

A. Y. Indrayana said...

itu group Blogger Reporter di FB yah ...
Aku boleh gabung ???

Wah, kaalu reportase aku udah sering. hehehehe ....
nanti kita reportase sama-sama yuk :)

Lozz Akbar said...

Hmm. piye kalau kita kapan-kapan bikin Blogger TV atau Blogger FM aja mbak Mira?

Wong Cilik said...

pengalaman yang berharga ya jadi reporter ...
Salam

Dessy Yusnita said...

Hebat mba keren...nekad udah dapet, muka udah cakep...lanjutkan jadi presenter aja deh hehehehe

Goiq said...

waaah nasi goreng kambing kebon sirih.. aku suka banget makan disitu sama temen-temenku #salahfokus

IrmaSenja said...

mba ku inih memang gak ada matinyee...ayoo teruskan langkahmu mba, aku suport slalu ^^

Lidya - Mama Cal-Vin said...

keren mir, smeoga kedepannya ada job jadi reporter lagi ya siapa tau jadi reporter TV, aku dukung deh :)

Miss Rochma - Mama Arkananta said...

mbak mira... senangnya pengalaman reportasenya. apalagi mas hazmi, aduh gayanya foto itu.. :D

Pondok Print said...

wah keren perkumpulan bloggernya

ke2nai said...

pengalamannya makin banyak aja ni mak :D

Orin said...

wuihh..pasti seru bgt jadi reporter kek gituh ya Mir ;)

Mas Huda said...

wow... mantap banget ya pngalamn baru jadi reporter berita kayak gitu

Mugniar said...

waaah ... acara yang asyik dan seru. Sayang inetku lelet nggak tahu kenapa, gagal terus buka videonya. Padahal penasaran dengan aksi reporter dadakan .. kalo dari bajunya dan bahasa tubuhnya, kelihatannya keren ya mak ... ^__^

@yankmira | Mira Sahid said...

@Lusi : hihi, ayo emak2 Pekanbaru saling merapat yaa

@F4dly : hahaha, embeer, pengen numpang ngetop juga kayanya tuh

@A.Y Indrayana : boleh aja kayanya, gabung aja, search "Blogger reporter". Sip sip, boleh

@Lozz Akbar : setuju, Yukk

@Wong Cilik : iya betul, makasih yaa

@Dessy : wkwkwkw, aduh tersipu aku, makasih ya Echie

@Goiq : iya, kemaren pun rame banget tuh tempat Ri

@Irmasenja : makasih ya cantik. u'r the best

@Lidya : Aamiin, makasih ya Mak

@Miss Rochma : iya seru bener deh

@Pondok print : iya mas, yuk gabung

@Ke2nai : mumpung nafas masih ada mak, *halagh hahahaha

@Orin : banget Rin.

@Mugniar : wah, hihihi Amiin deh kalau bisa diterawang dari style. masih belajar juga Mak

Penho said...

maaf baru nongol nih mbak. wah, asyik dan seru banget!. sekalian ikut juga nih ngucapin selamat buat jakarta yg udah selesai ngeraya'in pilgub-nya. mudah2an amanah rakyat lewat Jokowi-Ahok bikin jakarta gak macet n banjir lagi.
sukses buat emak2 blogger juga!

Niar Ci Luk Baa said...

mbak besok pake yang kotak2 plus kalung gambar kumis biar adil, hahahahaha :D

ituh beneran di gonggongin guk2 yaa mbak, pengalaman yaa mbak :D

Monika Yulando Putri said...

wah seru pengalamannya.. jadi pengen nyoba jd reporter hihi...

aamiin semoga pak Jokowi bisa membawa Jakarta ke arah lebih baik :)

Ahmad Saadillah said...

keren nya...

jadi ingin saya menjadi seorang reporter

salam kenal min

komentarkan artikel ini ya...

http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

melly said...

Emak2 satu ini emang keren...

mimi RaDiAl said...

berapa lama kenal dichan,bru x ini dengar langsung suaranya,,,acem dah jd mkn pengen ketemu heheheh

Niken Kusumowardhani said...

Mbak Mira memang kayak energizer ya... semangatnya on terus... salut deh...

Promo Kartu Member Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia said...

salut wak emak yang satu ini,
ga kenal capek.

Mayya said...

Good job mbak! Love it!

Kayaknya bagus nih utk ngelatih percaya diri utk introvert kyk aku ya mbak! ^_^

Enny Mamito said...

mak mira memang serba bisa..sukses trsya mak :)

sewa mobil said...

hebat banget.. seperti reporter yang sudah berpengalaman..

iklan baris said...

sukses terus buat ngereport masyarakat yah.. :D nice post nih..

Anonymous said...

mantep nih ... hiihihi nice posting download kumpulan skripsi gratis