November 22, 2012

Mengenal Kompasianival 2012 dengan Hangat


Melewati kesibukan dalam persiapan NOVA Ladies Fair beberapa pekan yang lalu di Parkir Selatan, ternyata masih ada tugas yang harus dilakukan, yaitu Kompasianival 2012 "Hero Beside You", di mana kali ini saya terlibat secara langsung bersama Kumpulan Emak-emak Blogger

Awalnya persiapan kompasianival ini masih datar alias, saya ga punya konsep untuk stand yang akan kita tempati nanti. Sementara waktu terus berjalan hingga mendekati H-1. Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama mama yang kebetulan ada di rumah, akhirnya terbersit ide dengan memanfaatkan semua yang ada. Malam sebelumnya saya minta bantuan teman untuk membuat pembungkus botol dengan gambar logo KEB, lalu esok harinya saya ke tukang kayu untuk membuat partisi. Sementara sekeliing stand akan ditutup oleh kain batik, yang kebetulan masih belum terpakai oleh saya. Bukan kain batik beneran sik, motifnya aja yang batik. jadi ga terlalu sayang banget mau dipakai kotor-kotoran. 

Sesampai di Gandaria City jumat 16 November, saya dan teman-teman KEB sudah siap lahir batin untuk mendekor "Rumah Emak" (stand). Sementara di sana suasana masih tampak begitu sepi. Hanya terlihat Babeh Helmi dan teman-temannya. Alhasil... dengan semangat yang masih memuncak, saya bersama Bunda Yati, Mak Icha, mak Olly, Waya, Nurlia berhasil membangun stand KEB dengan cantik. Walau emak-emak,  kami sempat mencari2 batu besar untuk menahan kaki partisi, lalu menggergaji kayu yang kepanjangan, memukul2 batang kayu untuk dipaku. Hihihihi, luarbiasa perempuan2 ini. Dengan semangat kebersamaan, rasa capek dan tangan kasar akibat kerja keras tidak terasa lagi, dan semua itu terbayar dengan tampilan cantik stand KEB. Kami berhasil membuat stand yang nyaman, seperti berada di rumah (namanya juga emak-emak) :D

Mak Olly dan Ia yang berhasil mendapatkan batu untuk menahan kaki partisi (foto : Ia)

"Rumah Emak" - Stand KEB di Kompasianival (foto : Winda K)


Tepat 17 November 2012 pukul 10.00 Kompasianival dibuka oleh duo MC. Seperti yang diketahui, acara ini adalah pagelaran kedua dari kompasiana. Jujur saja, sewaktu mendaftar dalam aksi komunitas kompasianival, saya sempat ragu, mengingat KEB sendiri belum lama berdiri (kurang dari setahun), tapi kami pikir, justru di sinilah tempat yang tepat untuk mengenalkan KEB ke khalayak ramai sekaligus sebagai ajang perkenalan KEB dengan Kompasiana. Bisa dibilang, "mungkin" kami satu-satunya komunitas yang medaftar di luar sekumpulan para penulis kompasiana. Konon katanya, komunitas-komunitas yang ada di acara kompasianan, seperti : Koplak Yo Band, Desa Rangkat, Kampret, Fiksiana dan lain-lain adalah cabutan dari penulis-penulis di kompasiana (blogger yang aktif menulis di kompasiana).

Untuk konsep acara Kompasianival ini sendiri, saya belum bisa memberikan tanggapan dengan tahun lalu, karena tahun lalu tidak terlibat baik secara personal maupun membawa nama komunitas. Tapi secara keseluruhan, saya bisa merasakan aura kehangatan yang ada dalam suasana kompasiana ini. Sesama komunitas saling menyapa dan bercengkrama, begitupun dengan admin kompasiana yang saya lihat selalu berkeliling, ada mas Rob Januar, kang pepih dan Mas Iskandar Jet. 

Terus, gimana dengan KEB? satu-persatu dari kami mulai berdatangan, dan begitu hampir semua terkumpul,
Yak.... saya akan dengan senang hati menuliskan, hampir semua member KEB sukses bernarsis ria di ajang kompasiana ini. Dan mereka cukup sukses membiarkan saya untuk berjaga terus di rumah emak bersama Irma, wkwkwkkw. Hadeeuh, mak... ko ya tega gitu yaa :P



KEB with Anies Baswedan
KEB bersama Kang Pepih dari Kompasiana
Yang menarik lagi di acara Kompasianival ini adalah hadirnya beberapa pejabat. Salah satunya ada mantan Wakil presiden terdahulu, yang menjadi tokoh favorit saya. Beliau adalah bapak Jusuf Kalla. Setelah talkshow di panggung utama, tak diduga, Pak Jusuf Kalla sempat mampir ke stand Emak-emak Blogger dan berbincang-bincang dengan Mak Icha. Seneng? Pastinya, setidaknya Pak jusuf Kalla melihat ada sekumpulan perempuan hebat yang suka nulis dan aktif ngeblog. kali aja dapet job buat pilpres, eaaaa qiqiqiqiq.
Jusuf Kalla berbincang dengan Emak-emak Blogger 
Banyak sekali keceriaan di acara Kompasianival ini, itu terpancar dari wajah teman-teman yang hadir di sana. Walaupun saya sendiri tidak mengikuti rangkaian acara keseluruhan.

Reportase stand Komunitas Ayah Asi

Itulah sedikit reportase dari Kompasianival 2012, semoga Kompasiana bisa menyuguhkan acara-acara yang lebih besar dan penuh kehangatan ke depannya. Untuk KEB sendiri, semoga makin kompak dan terus menjaga kebersamaan. Kita bisa besar karena kita menghadirkan rasa memiliki dan cinta pada komunitas ini.   Tetaplah saling menginspirasi, karena kita ada untuk berbagi. Love u all KEB *gruphug

17 comments:

genial said...

wahhh acaranya pasti seru banget tuh.. andai saiia ada di sana :(

Bonit Notz said...

Kereeennn Maknyaaakkkk... next ajak2 yaa.. :D

DewiFatma said...

Keren, Mak. Makin bangga deh jadi anggota KEB meski nggak pernah berpartisipasi dalam acara apapun..hihi.. Beginilah nasib yang tinggal di pelosok desa, mak. Cukup puas dengan membaca reportase dari teman-teman aja :)

Sukses terus buat KEB!

dina said...

KEB hebat banget...!! mskpun msh seumur jagung tp terobosannya perlu diperhtgkan. Foundernya top abiz dah... Sukses ya mb..

meutia rahmah said...

KEB keren banget, salut sama emak2 semua, ah kapan ya saya bisa ketemu emak2 hebat ini :)

Niar Ci Luk Baa said...

wow emak mira keren banget, mbak mbak itu cantik lho pake jilbabnya jadi reportase pula, tampat booth nya bagus :D

Seru2 moga2 di sbya juga ada yang kayak beginian :D

Niar Ci Luk Baa said...

wow emak mira keren banget, mbak mbak itu cantik lho pake jilbabnya jadi reportase pula, tampat booth nya bagus :D

Seru2 moga2 di sbya juga ada yang kayak beginian :D

@yankmira | Mira Sahid said...

@Genial : iya seru mba, banyak pengalaman dan pembelajaran yang bisa diambil

@Bonit Notz : iyup, next mesti ikutan ya, mak

@Dewi Fatma : Aih, terima kasih mak Dewi. Seneng banget kalau semangat kita bisa nyampe ke sana juga

@Dina : Alhamdulillah, mohon doanya semoga KEB bisa berkarya terus yaa. Soal Founder yg keren? itu udah dari sononya emang keren, mak. wkwkwkwk *kabuur sebelum disiram

@Meutia : Alhamdulillah, semoga KEB bisa terus berkarya ya, mak

@Niar : weks... hihihi Niar bissa aja nih bikin blushing. yup, semoga KEB bisa eksis di Surabaya, kelak ya

kacamatamia said...

keren maaak!! hihihi... seru bgt ya acaranya kayaknya.pengen dateng tp malu mak jd bloggernya baru 3bln.hehe

Niken Kusumowardhani said...

tuh kan bener.. saya terbengong2 sama kegiatan emak satu ini.
Makin mantap azzaah...

Lidya - Mama Cal-Vin said...

keren mir ide bikin boothnya kaya gitu. emak2 bukan jago nulis ya ternyata bisa juga menggergaji :)

ke2nai said...

eventnya emak2 blogger makin banyak aja yg asik2 ya..

Nike said...

seru sekali nampaknya, dan aku mupeng sangat :D

ascomycotina said...

wah ngga boleh kalah sama emak-emak nih, harus bisa lebih eksis hahaha
salam kenal mba :D

IrmaSenja said...

turut bangga bisa bergabung di komunitas keren ini...

Pungky said...

aaaaaa. dua kali aku ngelewatin kompasianival gara2 jarak. dan yang taun ini keren banget kayaknyaaaa. pengeeeen :(

a! said...

wow, emak2 ini sungguh kompak. itu tak cuma bikin kasur buat tidur tp juga reportase segala. keyeeen!