December 15, 2012

Anugerah Ibu Teladan, Berkarya dan Menginspirasi

"Tribute To Mom" Anugerah Ibu Teladan - NOOR 2012, itulah tema acara yang saya hadiri di hotel Grand Sahid rabu 12 Desember 2012 lalu bersama sahabat saya, Irma Senja. Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk menghadirinya karena diundang oleh mba Ade dari majalah NOOR. Sejak pertama kali dikabari mendapat undangan ini, saya sangat 'excited', bagi saya ini acara yang wajib dikunjungi, dan ga boleh absen. Akhirnya sejak undangan diterima, saya pun mengajak Irma untuk turut menghadirinya. Dan yang lebih membuat senang, ketika sahabat saya itu mendapatkan ijin dari suami tercintanya, *jarang-jarang lho :). Soal persiapan menjelang acara, udah dikupas lengkap sama Irma dalam "Episode Make Up dalam Warna Cinta" di blog nya, monggo dibaca aja di sini. Ehheem, sekedar info, itu make up dan hijab nya karya saya lho *ga nanya :P

Mira - Irma. Narsis dalam perjalanan menuju Grand Sahid (foto -BB)
Tiba di hotel Grand Sahid, saya dan Irma menjadi (*mungkin) peserta yang paling awal hadir. Saat itu saya  tiba dalam kondisi lapar, dan entah kenapa dari sekian restoran dan cafe yang saya lihat di hotel tersebut, kurang menarik perhatian saya. Akhirnya menjelang acara dimulai, saya sukses menahan lapar dan hanya berbekal permen karet sebagai bahan kunyahan *Kasian amat. Gak apa-apa, yang penting masih bisa narsis bentar :P
Foto : Pak Dian Kelana

Foto : Pak Dian Kelana
Memasuki ballroom acara Tribute To Mom, nampak suasana hangat, sayangnya  waktu dimulainya acara terlalu lama, mundur hingga 1,5 jam. Dan jika sudah begitu, biasanya feel acara kurang dapat. Tapi saya pribadi bisa memaklumi, toh dalam setiap acara kita tidak pernah tau kendala apa yang akan menjadi penghambatnya. Hingga akhirnya acara dimulai tepat pukul 16.00 oleh Peggy Melati Sukma dan Daan 'Project pop'. 

Seperti yang kita tau semuanya, bahwa tanggal 22 Desember 2012 diperingati sebagai "Hari Ibu", dan itulah alasan dari majalah NOOR mengadakan acara ini, sebagai bentuk apresiasi terhadap semua Ibu yang berkisar antara usia 25-60 tahun yang telah banyak memberikan kontribusi sosial, memiliki prestasi dan tetap menerapkan prinsip-prinsip keluarga yang baik. Sayangnya saya melewatkan seleksi ini. Jika saja tau sebelumnya, kemungkinan saya juga mau lho ikut audisinya (*sok PD) padahal syaratnya cukup berat. Kategori semua peserta harus muslimah, sudah menikah, berakidah baik, bisa membaca Al Quran, memiliki keluarga harmonis, aktif dalam kegiatan sosial dan berprestasi. Nah yang paling berat itu syarat no 3. Ya, sebagai manusia biasa, saya tau betul apa yang menjadi kekurangan saya. Insya Allah syarat lainnya bisa dipenuhi tuh :D.

Memang, sebagai seorang Ibu yang hidup di jaman sekarang ini, menuntut kita untuk lebih bisa berkontribusi lebih banyak baik secara personal maupun sosial. Sudah saatnya seorang Ibu bisa menjadi inspirasi bagi keluarga dan sekitarnya. Ok, jika sampai saat ini masih ada yang beranggapan "ya, jadi Ibu mah cukup di rumah aja, ngurus anak, ladeni suami, yang penting bahagia" , monggo. Tapi jika melihat semakin berkembangnya era saat ini, tak ada salahnya jika kita mengakui potensi yang kita miliki sebagai seorang perempuan, istri dan ibu. Banyak diantara kita yang masih belum menyadari sepenuhnya bahwa menjadi Ibu itu tak melulu urusan sumur, dapur dan kasur. Namun lebih dari itu, ketika sang ibu membuka sedikit celah dalam dirinya, maka ia akan semakin tau bahwa dirinya bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. Tapi tentu itu semua kembali lagi pada pilihan masing-masing yaa. Apapun itu, ketika seorang ibu melakukan segalanya dengan penuh cinta, kasih dan keikhlasan, maka ia selamanya akan menjadi ibu terhebat bagi anak-anak dan keluarganya. "hmmm, jadi inget sama mamaku".

Kembali pada pembahasan acara.
Kali ini pandangan mata saya sangat terpuaskan oleh beberapa penampilan yang disuguhkan di acara Tribute to Mom majalah NOOR ini, saya bisa melihat penampilan langsung dari Opick, penyanyi religius itu lho dan sangat terpesona dengan lagu yang dinyanyikannya, "Dealova". Terus saya juga bisa melihat sosok Ratih Sang dari dekat dan menikmati puisi-puisinya yang menyentuh dan dibacakan langsung oleh beliau. Belum lagi penampilan Puput Melati dengan lagu Ayat-ayat Cinta, dan juga peragaan busana dari disainer kondang saat ini seperti Jenahara by Ida Royani, Ria Miranda, Dian Pelangi dan lain-lain. Sayangnya, saya mati gaya karena kamera andalan sedang rusak dan bb pun stock batrenya menipis. Untungnya ada Pak Dian Kelana turut hadir di tkp, setidaknya saya bisa comot foto-foto narsis saya bersama Irma di sana . Terima kasih pak Dian :).


Suasana haru ketika Ratih Sang membaca puisi bersama putrinya (foto doc pribadi)
Tiba di acara puncak, yaitu pengumuman Anugerah Ibu Teladan - NOOR 2012. Semua peserta yang masuk audisi ada lebih dari 100 orang, kemudian menyusut ke 63 orang hingga terpilihlah 15 finalis. Seneng banget lihat para finalis, apalagi 2 diantaranya yang saya kenal, ada Mak Wylvera Windayana dan Dewi Laily Purnamasari. Ga bisa dipungkiri dong, sekalipun bukan saya yang masuk ke jajaran 15 finalis, rasa tegang itu tetap saya rasakan, berharap sahabat saya di panggung bisa menjadi pemenangnya. 

Tepat menjelang pukul 19.00 akhirnya semua 15 finalis dipanggil ke atas panggung untuk mendengarkan pengumumannya. Dari 15 finalis tersebut, mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Dan subhanallah, saya sangat berdecak kagum ketika disebutkan masing-masing dari mereka dengan segala kegiatan dan kesibukannya. Benar-benar sangat menginspirasi, terlebih lagi ada seorang bunda yang memiliki anak 7 dan berusia di atas 50 tahun tapi masih terlihat cantik, eksis dan smart. 

Akhirnya pengumumanpun resmi diluncurkan, berikut nama-nama yang menjadi juara dalam Anugerah Ibu Teladan NOOR 2012.


Kategori Ibu Inspiratif -  NOOR 2012 : Helvy Tiana Rosa


Ibu Teladan NOOR 2012 adalah
Juara 1 Dwi Smara Dina
Juara 2 Syarifah Masnur
Juara 3 Wylvera Windayana
Juara 4 Yasteti
Juara 5 Mariana S

foto doc pribadi - Bersama Ibu Dwi Smara Dina Juara I
foto doc pribadi - bersama mba Wylvera Windayana juara 3
Senang ketika melihat mereka maju ke depan panggung sebagai juara, termasuk juga ketika teman saya mba Wylvera mendapatkan juara ke 3, saya dan teman-teman 1 meja bersorak sorai mendengarnya. Selamat yaa untuk semua pemenang. Tentu semua peserta finalis dan peserta semuanya telah menjadi juara. Tapi inilah permainan, akan selalu ada yang terbaik dari yang baik. Semoga Ibu-ibu semuanya tetap bisa menginspirasi seluruh Ibu di Indonesia dan menjadi tauladan bagi kita semua. Amiin. Siap bersaing dengan ratusan Ibu-ibu lainnya di Anugerah Ibu Teladan NOOR 2013? Yes, Semangat ya Ibu-ibu :)

Bersama Ratih Sang (foto doc pribadi)
Bersama mba Ade dari majalah NOOR

27 comments:

monda said...

emak2 cantik dan berprestasi..., insya Allah bisa jadi motivasi bagi para emak lainnya...

cantik mak Mira kreasi kerudungnya, mau dong didandani..he..he..

Haya Aliya Zaki said...

Makmiiir dandanin akuuuh. Biar lain kali ga kebanting dandanannya sama emak-emak lain. :))

Imam Boll said...

wah, jadi ibu ibu teladan ya....
semoga nanti bisa dapetin istri yang teladan juga, amin.... :D

Wiwiek said...

Senang baca ulasannya, semoga tahun depan penganugerahan Ibu Teladan digelar kembali dan lebih banyak lagi yg ikut audisi terutama dari KEB ni. :)

@yankmira | Mira Sahid said...

@Monda : Amiin, ma kasih mba Monda. Yuk, sini aku dandanin ya heheh

@Haya : eaa si emak ini akhirnya penasaran, sini mak aku bikin makin mirip sama Inneke ya, wkwkkw

@Imam : Amiin, saya doakan juga, ma kasih sudah mampir ya

@Wiwiek : Aamiin, nah ini dia mba Wiwiek yang meraih juara 3. Sekali lagi selamat ya mba

IrmaSenja said...

Acaranya memang keren ya mba, sayangnya agak molor.

Puisi dari Ratih sang sungguh menyentuh, bikin keingetan mama di cirebon. dan Suaranya Opick bikin melted juga ya...

Daannnn,...inspirasi hadir dari ibu2 teladannya, luar biasa ya mereka. Selamat juga untuk mba wiwik...selamat ya mba :)

Plus kecup mesrah untuk mba ayank mira yg udh me make over wajahku pastinya ^^

Odingk Prakoso said...

wah cantik semuaaaa,, kayaknya ini jaringan emak2 blogger yah?.. salam kenal ajaa..

@yankmira | Mira Sahid said...

@Irmasenja : iyes darlink, alhamdulillah hari itu kita seneng banget ya. jadi rasa bete dan lapar pun terlupakan. Kecup dan peluk juga buatmu :)

@Odingk : xixixi, kiyaa nih, blog yang dikunjungi memang blognya emak-emak. makasih sudah mampir mas Odingk

pipit said...

kereen...kereen...keren....(gaya ipin upin)....btw gimana tuh pakai jilbabnya bisa gitu...baguus...

@yankmira | Mira Sahid said...

@Pipit : xixiix, iya iya iya, ma kasih yaa. Pakenya dikuwel2 aja, mak :)

hana sugiharti said...

keren banget semoga saya ketularan kerennn dengan ibu ibu ini :D

Lusi said...

Mak bisa diceritain yang juara 1 nya?

@yankmira | Mira Sahid said...

@Hana : iya mak, yan keren banget para finalis itu

@Lusi : waduh mak, eke lupa secara keseluruhan, yang aku ingat beliau ini aktifis "go Green", suka traveling, diving dan magister apa gitu yaa

Dian Kelana said...

Mantap...

waya komala said...

wow..,senangnya. Mantap nih,Ibu-ibu keren & berprestasi.
Itu kerudungnya gaya-gaya banget ya? berasa banget ketinggalan mode..,hihiihi . Ajarin pake hijab n make-upnya donk makmiiir.., mauuuuu ;D

covalimawati said...

waah cantiknyaaa.. pengen deh dandan kek gt.. :)

Emak2 skrg memang luar biasa ya, sangat kreatif dan inspiratif. Aku bangga jd bagian dr emak2 :D

37 Mw said...

mendukung Mak Mira untuk tahun depan.

Indah Juli said...

Selamat buat para pemenang, terutama buat Wiwik sang juara 3, we proud about you :)
Ayo Mira, tahun depan kamu harus ikutan ya.

@yankmira | Mira Sahid said...

@Pak Dian Kelana : Mantap juga foto2nya, pak :) ma kasih

@Waya : xixixi siap, yuk kapan2 kita belajar ya

@Covalimawati :iya, emak2 hebat. Aku juga bangga jadi emak2 :D

@37MW : walah, hihihi, Insya Allah semoga selalu sehat biar bs ikutan

@IndahJuli : Insya Allah mba Indah, doakan semoga aku dan kita semua selalu sehat ya.

Lidya - Mama Cal-Vin said...

cakep bener, irma jadi pangling tuh hasil dandanan mira ya :)

nisha_shop said...

semoga saya juga seperti mereka .. aamiin . :D

Miss Rochma - Mama Arkananta said...

mbak mira, maaf sebelumnya. tulisan yang ini kekecilan. ehehehee.. nggak seperti tulisan mbak mira yang sebelum-sebelumnya pernah aku baca :)

dan.. memang perlu dihargai usaha ibu-ibu yang sudah kreatif dan bermanfaat untuk orang lain. supaya menjadi inspirasi :)

Yasmina Arrachman said...

Aiih mak mir...makin keceh ajaaah..:) mantappp abiez daah..medukung dirimu thn depan bs ikutan juga yaaah..

Defidi said...

keren tulisannya, keren foto2nya dan keren kreasi makeup dan busana mak mira, sukses ya mak

tree susilo said...

selalu semangat buat emak-emak berprestasi.....:)

Niar Ci Luk Baa said...

tjantik tjantik semuanya, sukses bikin nniar iri, kok bisa dandan tjantik2 gitu deh mbak mira :D

Sang Cerpenis bercerita said...

suka dg foto yg terakhir. keren gayanya