January 18, 2013

1 tahun Kumpulan Emak2 Blogger - Satu Cinta dalam Inspirasi dan Karya

1stKEB Satu Cinta dalam Inspirasi dan Karya
Kiprah perempuan telah melompat jauh di era digital, teknologi dan informasi. Para perempuan, termasuk ibu yang dalam peran sehari-harinya bekerja atau menjadi ibu rumah tangga, kini juga mampu mengekspresikan diri dan mengaktualisasikan dirinya dalam dunia blogging. 
Demi terjaganya semangat dan eksistensi dunia perbloging-an kaum perempuan, dan kiprahnya di dunia online. Kami mengajak semua member Kumpulan Emak-emak Blogger untuk sama-sama bergandengan tangan menyebarkan virus ini, melalui sebuah coretan tangan yang tertulis oleh jemari-jemari indah. Tentang sebuah spirit kaum hawa yang bisa menjadi dinding terkuat bagi penopang dirinya, keluarga dan lingkungan. 
Tidak terasa telah setahun (18 Januari 2013), kami yang tergabung dalam Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) merasakan banyak manfaat yang dapat kami petik dari aktivitas komunitas ini, dirasa perlu merayakan rasa syukur sedalam-dalamnya. Agar kami dapat kembali merefleksikan diri,apa saja yang telah kami perbuat selama setahun ini, dan akan dibawa kemana langkah kami selanjutnya. Untuk itu, kami berharap semua member di sini dapat berpartisipasi dalam gerakan menyebar virus blogging bersama KEB yang ditayangkan serentak tanggal 18 Januari 2013, dengan mengangkat tema "1 tahun KEB, Inspirasi perempuan Kami Ada Untuk Berbagi".

Itulah sebuah ajakan yang kami tuliskan di rumah (group FB) menjelang milad Kumpulan Emak-emak Blogger atau yang biasa disingkat KEB yang pertama, yang jatuh tepat di hari ini Jumat 18 januari 2013. Rasanya tidak berlebihan jika hal tersebut kami minta untuk semua member yang tergabung di dalamnya. Ya, kali ini dalam postingan serentak teman-teman lain, KEB ingin menyebarkan virus menulis melalui Blog. Alhamdulillah sejak kemarin lanjut pagi menuju siang ini, teman-teman semua mulai banyak yang turut menyebarkan virus blog. 

Sejak pertama kali saya menggagas grup ini, sebetulnya tidak ada target yang terlalu tinggi, walaupun ada sebuah keinginan untuk bisa membesarkan group ini. Seiring berjalannya waktu, panggilan akrab KEB semakin meluas dan mulai dikenal gaungnya. Sehingga dalam perjalanannya, kami berharap KEB menjadi sebuah rumah yang bisa menginspirasi kaum perempuan untuk berkarya melalui blog. 

Ditemani oleh 3 sahabat dari sesama blogger juga, visi misi KEB setahun yang lalu adalah ingin memberikan spirit menuslis di blog kepada sahabat perempuan lainnya. Untuk itu, kami pun membuat sebuah tagline KEB "Inspirasi Perempuan, Kami ada untuk Berbagi". Dan ketiga sahabat yang kemudian akrab disapa makmin itu adalah : Sary Melati, Indah Julianti Sibarani dan Nike Rasyid. 

Kiri atas : Mira Sahid, Indah Juli, Nike Rasyid, Sary Melati
Sejak berdirinya setahun yang lalu, berbagai kegiatan sudah kami laksanakan, dimulai dengan hijab class di bulan Februari, lalu ada juga kontes menulis, dan kegiatan aktif hingga saat ini adalah terlibatnya KEB dalam setiap acara. Baik itu yang berskala nasional seperti Kompasianival maupun hadir sebagai partisipasi/ undangan launching sebuah produk. Saat ini banyak isu yang beredar tentang hadirnya blogger dalam setiap acara, ada yang bilang blogger banyak dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu dalam hal promosi. Semua sah-sah saja berpendapat, tapi bagi KEB sendiri, saat ini kami tidak mempermasalahkannya. Dengan latar belakang visi ingin memberikan spirit dan konsistensi menulis di blog, maka dengan menghadiri sebuah acara, kami yakin sahabat-sahabat yang hadir terinspirasi untuk menuliskannya. Itulah poinnya, karena dari ratusan teman-teman yang tergabung di KEB nyatanya masih banyak yang sudah jarang update blog nya. Sayang kan? Padahal, "Ngeblog itu Terapi Jiwa lho, mak". Tapi, dari sisi mana blog bisa dikatakan terapi jiwa? Tunggu launching buku antologi dari kami yang sedang dalam proses pembuatan ya. 

Gathering ke 1 KEB - Jakarta
Hijab Class Februari 2012 - Bekasi
Kontes menulis - Juni 2012
Gathering ke 2 KEB - Bandung 2012

Menghadiri undangan 
KEB pedul Benhil - 2012
Berpartisipasi dalam Nova Ladies Fair 2012
Berpartisipasi dalam Kompasianival - November 2012
Melewati bulan-demi bulan, KEB pun semakin aktif. Semua ini tidak terlepas dari keterlibatan sahabat lainnya baik secara sharing online di group maupun acara offline. Di sinilah seninya seorang blogger, silaturahmi yang terjalin tidak hanya sebatas dunia maya, namun akan menjadi lebih lengkap ketika kami bertatap muka langsung. Karena semuanya perempuan, maka tak heran jika pertemuan kami selalu menyenangkan, penuh tawa dan selalu banyak manfaat. Alhamdulillah, hampir ga pernah ada gosip yang kami bahas. Itulah hebatnya teman-teman KEB. Spiritnya tidak hanya di dunia online, tapi secara nyata pun sangat kental. Jadi, buat teman-teman yang belum pernah ikut kopdar KEB, sesekali ikut yaa.

Hari ini tepat setahun KEB berdiri, tak terasa pula bahwa *mungkin saja, nama KEB sudah mulai dikenal di masyarakat luas. Ini tentu berkat support dari teman-teman media lainnya yang selama periode setahun ini telah memberikan kesempatan kepada kami untuk memperkenalkan diri. Dan melalui postingan ini, saya pribadi mengucapkan terima kasih tak terhingga untuk partner KEB yang  telah membantu kami berdiri semakin besar. Semoga melalui berita-berita ini, KEB semakin bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk kaum perempuan. Terima kasih KEB kepada radio Female, radio DFM, majalah Mother & Baby, Wartakotalive, Leissure Republika, majalah Sekar, tabloid Nova, tabloid Wanita Indonesia, Majalah NOOR dan tabloid Nakita yang telah mengangkat profile KEB dan saya beserta sahabat lainnya.

Kumpulan Emak-emak Blogger dalam Berita
Membesarkan sebuah group atau komunitas pada akhirnya tidak mungkin tanpa bantuan sahabat lainnya. Dan tepat hari ini pula, alhamdulillah KEB resmi disupport oleh teman-teman yang dengan ikhlas mau berkontribusi untuk KEB ke depannya. Dengan kata lain, makmin KEB kini bertambah menjadi total 8 orang. Dengan begitu, semoga saja kami bisa menampung segala ide kreatif teman-teman semua untuk kebaikan KEB ke depannya. Dan saya pribadi berharap, seksi riweuh KEB ini benar-benar bisa berbagi dengan ikhlas demi majunya kiprah perempuan. Selamat kepada para makmin yang bersedia berkontribusi untuk KEB, semoga kebaikan kalian dibayar berkali lipat oleh Allah Swt, Amiin

Yang ngurus KEB periode 2013-2015 (design makmin gambar @redcarra)
Mira Sahid - Founder KEB (MakPon)
Sary Melati - GA & Board KEB (MakRT)
Indah Julianti S - Penasehat & Board KEB (MakSepuh)
Vema Syafei - Sekretaris (MakSekdes)
Irma Susanti - Bendahara (MakJurbay - Juru Bayar)
Elisa Koraag - Kreatif Acara & Kerjasama (MakLin - lincah)
Lusiana Trinasari - Social Media (MakMin Cuap-cuap)
Carolina Ratri - Design Creator (MakMin Gambar)

Selamat milad ke 1 untuk Kumpulan Emak-emak Blogger. Semoga perjalanan 1 tahun ini tidak membuat langkah terhenti. Tetaplah menginspirasikan apa yang terfikirkan dari hati, curahkan apa yang terasa dan terlihat. Semoga kebersamaan ini terus terjalin, tanpa batasan waktu. Amiin. Peluk semua sahabat perempuanku. "Tetaplah Menulis, Maka Kamu Akan Tau Siapa Dirimu" - Mira Sahid @ayankmira

Kumpulan Emak-emak Blogger
Follow us : @emak2blogger

28 comments:

Tranzilea zone's said...

Happy Birthday Emak-emak Blogger...semoga makin eksis yaa...!! *cheers*
wanna joint to emak-emak blogger...biar makin oke n kece tulisannya kayak emak-emak hebat ini...:)

Niar Ci Luk Baa said...

semoga KEB makin top merkotop :D

niar jgua pernah kesangkut dapet hape lho di kontes menulis yang bulan juni itu pertama kali menang kontes dan berkesan banget :D

Niken Kusumowardhani said...

Makmin satu ini memang mantap banget deh... KEB bener2 cepat maju ditangannya...
Makasih buat semua inspirasinya ya mak...
semoga makin berjaya.

covalimawati said...

wow! baru 1 tahun tp pencapaiannya sudah banyak ya.. smoga makin hari makin berjaya di udara ya KEB kita tercinta ini ^^
Smoga kapan2 aku bisa ikut acara kopdarannya KEB.. :D

Ririe said...

Tahun pertama yg penuh torehan prestas dan pencapaian, smeoga KEB semakin berkibar dalam kiprahnya yang penuh inspirasi bersama para Emak-Emak era milenium:)

Yunda Hamasah said...

Selamat ya semoga makin berjaya :)

catatan kecilku said...

Alhamdulillah... meski 'terlambat' aku akhirnya bisa tergabung juga dalam KEB...
Salam kenal dari anggota baru KEB mbak.. #salaman
hehehehe

zaffara said...

Saya salut dengan upaya Mak Pon menghimpun komunitas para penulis dari kalangan kaum perempuan. Sangat berdaya tinggi untuk ikut mengajak kaum perempuan lain khususnya untuk bangkit ikut berpartisipasi memperbaiki negeri.

Selamat ya mbak, senang berkenalan dengan mb Mira *peluk* ^_^

meutia rahmah said...

selamat hari jadi, smoga KEB makin suskes, bangga menjadi bagian dari KEB.

Ari Tunsa said...

wah emak2 makin eksis aja, smoga makin berjaya tak hanya di dunia maya tapi juga dunia nyata :D

Idah Ceris said...

Komen saya sih gini. . .

Saya senang sudah bergabung dengan KEB. Semoga KEB makin lancar jaya, mengudara ya, mba. :)

Selamat ulang tahun untuk KEB, semoga emak saya mau ngeblog kayak emak2 lain. hgihihihi #masih merayu2. :)

Mayya said...

Terimakasih tak terkira untuk para makmin terutama makpon yang sudah berinisiatif utk membentuk komunitas ini. Ternyata banyak manfaat dan ilmu yang kami dapatkan dari sini... Mdh2an KEB terus berkembang dan bermanfaat bagi anggota dan masyarakat. amin! *peluuuk*

IrmaSenja said...

hiksss,...mak pon tega nih masa mak indah di bilang mak sepuh #ngikik
paling jelek makjurbay kayanya sebutannya...wkwkwk...

selamat ya mak mira untuk komunitas kerennya *peluk*

RedCarra said...

Bangganya bisa jadi member KEB mak :D ... ga nyesel!!!

Makasih ya mak udah kasih buanyak banget kesempatan dan nularin banyak semangat untukku :D

Love KEB and youuu....!!!!

HP Yitno said...

Sebuah konsistensi dan visi yang jelas akan melahirkan emak-emak blogger yang berbakat. terus sebarkan virus blogging.

Hidayah Sulistiyowati said...

Seneng bisa gabung di KEB, bikin mata jadi melek dikit, berkurang 5mm gapteknya, hihi...

Selamat ultah KEB, selamat menjalankan tugas buat para makmin yang manis, yang pintar, yang baek ati :))

Achsan MassiveBjn said...

kunjungan perdana, sambil baca2 :)
visit n koment back y dblogq :)
skalian follow blogq y nanti ak folback

marsudiyanto said...

Selamat Ulang Tahun yang pertama untuk KEB...
Semoga makin berkibar!

myra anastasia said...

emang mantap nih idenya makmin kita ini waktu terpikir utk bikin KEB :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Selamat Ultah buat KEB, semoga makin berjaya ya. makminnya keren2 nih

Cut Maha Ratu said...

mbak kuuu...waktu itu dapat invitation join emak2 blogger tapi lagi gak bisa akses internet posisinya.. hiks... mau cari2 lagi gak nemu..kirim lagi dong..pleasee... thank you yaaa :-)

Mahabbah said...

KEB banyak melahirkan blogger yang kreatif, penulis yang andal, juga jaringan antar-blogger yang bagus dan menyenangkan. Semoga KEB semakin berjaya ya.....

vera said...

moga KEB makin sukses, makin eksis terus.....bravo!

Mila Said said...

Happy Milad KEB, buat biangnya emak2, mba mira ayank hihihiiy

kids party said...

nice post :)

hana sugiharti said...

semoga tetap menebar kebaikan ya

Lenny Sofian said...

smangat ya maaaaakkk...
biar dikata baru setahun, tapi pencapaiannya insyAllah lebih dr hitungan waktu. Yang namanya ilmu yang tersebar, pastilah gak bisa ditahan sudah kmana-mana manfaatnya...
Sukses yaaaaa...

ditokokita said...

lanjutkan mbak :-)