May 16, 2013

Hamil semakin Menyenangkan dengan A+ Mama



Dilahirkan menjadi seorang perempuan, tumbuh dengan penuh rasa kasih dalam diri, menemukan pasangan hidup, hingga akhirnya menjadi istri, lalu hamil, adalah takdir yang sangat indah bagi setiap perempuan. Begitupun saya saat itu. Tak pernah menyangka, di usia saya 21 tahun, seorang laki-laki kalem yang kini menjadi suami saya, dengan beraninya meminang saya. Atas restu orangtua, maka kami pun menikah. Rasa bahagia menjadi seorang istri, dan mulai menjalani hidup bersama seorang pendamping, tentulah dambaan kaum perempuan, terutama saya yang saat itu masih  di usia yang (lumayan) masih muda.

4 bulan setelah menikah, kami dipercaya oleh Allah Swt, saya positif hamil. Ah, senang sekali rasanya, kebahagiaan kami lengkap sudah, walaupun dalam masa kehamilan itu saya masih harus berjuang menyelesaikan kuliah saya....


Akhirnya waktu yang dinanti tiba juga. Saya melahirkan putri pertama yang cantik dan lucu. Kami memberi nama Zahara Vinka Al Hadi. Lalu, 4 tahun kemudian, lahirlah adiknya yang bernama Muhammad Zahran Al Hadi. Kedua persalinan anak-anak saya memiliki keunikan masing-masing. Vinka lahir dimulai dengan kaki dulu (baca = sungsang), sementara adiknya, Zahran, lancar bak air mengalir. “Hihi, luarbiasa sekali moment-moment itu.” Kini, tak terasa 5 tahun sudah terakhir kalinya saya melahirkan.

Merasa rindu dengan masa kehamilan, tak jarang saya terlibat percakapan atau melihat teman lain yang baru menikah dan merencanakan kehamilan. Banyak dari mereka berharap kehamilannya menjadi masa-masa terindah yang akan memberi kesan tersendiri. Karena itulah, membaca-baca kembali artikel atau browsing dengan dunia kehamilan masih menjadi kegiatan yang saya lakukan. “Ah, bilang saja pengen hamil lagi, Mira.” Hihi, sebenernya iya sih, tentu jika Allah Swt memberikan kepercayaan lagi pada saya untuk hamil dan suami saya mau. Sayangnya, suami saya masih betah dengan 2 anak dulu hingga sekarang. Ya sudahlah. 
 
Saya jadi ingat ketika memasuki masa-masa kehamilan. Perasaan senang, bahagia, lelah, mual-mual dan khawatir menjadi rasa yang tak pernah diduga setiap harinya. “Namanya saja orang hamil, pasti ada saja yang dikeluhkan.” Entah itu mengenai mood keseharian, kegelisahan mengenai kondisi bayi, bagaimana cara menjaga asupan gizi yang baik dan hal lainnya yang sering dialami oleh ibu hamil. Berbekal pengalaman tersebut, sangat dianjurkan untuk seorang ibu yang merencanakan kehamilan agar mencari ilmu dan belajar lebih banyak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan. Bisa dengan membaca buku, atau browsing melalui internet. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Perangkat gadget yang saat ini sebagian besar terkoneksi dengan internet, tentu saja memudahkan kita untuk lebih up to date mengenai segala macam informasi.

Nah, berbicara soal informasi melalui gadget, saya ingin berbagi informasi sama teman-teman semua, terutama teman-teman perempuan yang saat ini sedang merencanakan kehamilan.

Jadi gini... Beberapa waktu lalu, saya sempat browsing aplikasi melalui handphone yang berbasic android dengan kata kunci “kehamilan.” Lalu muncullah beberapa aplikasi. Kali ini saya coba download aplikasi yang bernama A+ Mama,nama aplikasinya keren juga,” pikir saya. Ternyata, itu adalah aplikasi  yang disediakan oleh PT. Mead Johnson Indonesia. Tak perlu memerlukan waktu lama, akhirnya saya berhasil mendownload aplikasi tersebut.


Walau saat ini saya belum hamil, namun karena rasa penasaran tingkat dewi, saya pun mencoba-coba aplikasi tersebut, dimulai dengan mendaftarkan nama, dan memasukkan tanggal terakhir masa haid. Dan muncullah tampilan home aplikasi tersebut, seperti gambar di bawah ini.


Seperti menemukan mainan baru, saya pun mencoba-coba semua fitur yang ada di dalamnya. Dan ternyata, fitur di dalamnya memiliki berbagai informasi yang diperlukan menjelang masa-masa kehamilan. Enam fitur di dalam aplikasi tersebut memiliki sub bagian yang lebih detail lagi mengenai info-infonya.  Dan keenam fitur tersebut terdiri dari Smart Tools, Mom’s Helper, Learning Center, Mom’s Diary, Smart Music dan Consumer Care. “Lengkap, bukan?”


-          - Pada bagian Kick counter, kita bisa menghitung gerakan si kecil setiap harinya
-         - Pada bagian mood tracker, ya... seperti ungkapan mood kita gitu deh, pakai emoticon smile atau lainnya
-       -Contraction Timer, berfungsi menghitung berapa banyak kontraksi yang terjadi dalam satu hari dan interval antar kontraksi


Pada bagian Mom’s Helper inilah aplikasi yang penting menurut saya, karena pada bagian tersebut kita bisa mengetahui daftar rumah sakit yang ada di beberapa kota besar, lebih dari seratus rumah sakit  lengkap dengan alamat dan nomor teleponnya. Lalu ada referensi nama-nama bayi, reminder/ dan kalender yang bisa membantu mengingatkan jadwal kita. Sementara untuk bagian check list dan medication tracker sepertinya belum ter update.


Pada bagian ini, judulnya saja ‘Learning Center,’ jadi seorang mama bisa menambah wawasan di bagian ini. Ada artikel-artikel mengenai kehamilan, asupan gizi dan nutrisi, tips mingguan dan artikel psikologi.


Seperti pada tampilannya, di bagian ini kita bisa membuat semacam diary online. Biasanya kalau sedang hamil, ada saat-saat kita sedang dalam kondisi kurang nyaman atau bahkan sangat menyenangkan, daripada moment nya terlewatkan, mending dituliskan saja di diary online ini. Caranya mudah ko.


Bersantai sambil mendengarkan musik, tentunya akan lebih menenangkan rasa dan pikiran seorang mama yang sedang hamil. Hebatnya, di A+ Mama tersedia juga, lagu-lagunya classic, pas banget kan.


Nah, udah puas belum lihat-lihat aplikasinya? Duh, sayang sekali waktu saya hamil dulu, aplikasi ini belum ada. Padahal banyak banget info-info yang berkaitan dengan masa-masa kehamilan saya, seperti ; informasi perkembangan janin dari minggu ke minggu sesuai usia kehamilan, info-info rumah sakit, mitos-mitos tentang ibu hamil, dan tips-tips harian yang pastinya sangat membantu saya untuk lebih siap menjalani masa kehamilan. Jadi, buruan download  aplikasinya. Terutama untuk para mama yang saat ini sedang dalam masa kehamilan. Tak perlu khawatir, karena aplikasi ini bisa di download dengan beberapa aplikasi seperti : Android, Iphone dan Blackberry.

Terkadang, kehamilan seakan membatasi ruang gerak para ibu. Namun hal tersebut bisa disiasati jika saja para ibu lebih kreatif dan lebih banyak menerima info-info seputar kehamilan. Dan menurut saya, aplikasi ini selain memberikan akses yang mudah yang senantiasa mendampingi masa kehamilan, calon ibu juga bisa mendapatkan berbagai informasi kehamilan dan calon buah hati kapan dan di mana saja, tanpa perlu berlama-lama di depan laptop/ pc. Atau, jika mau membaca artikel lainnya seputar kehamilan, teman-teman juga bisa membuka website MeadJohnson di sini. Selamat mencoba :)

19 comments:

mohamad rivai said...

belum punya smartphone kakak.
dan juga belum punya istri.
dunludnya 5 tahun lagi aja deh, kalo sudah siap menghamili istri ntar :D

Nathalia Diana Pitaloka said...

jadi pengen hamil lg :D

Ririn Handayani said...

Komentarnya sama dengan Mak Mira, kenapa aplikasi ini belum ada ya waktu hamil dulu :) Bermanfaat sekali Mak....

Nindya Safira Aztrida said...

Sayang memori droid saya udah kepenuhan. Bersih-bersih kapasitas memori dulu deh. Siapa tahu bentar lagi hamil. Kayaknya sangat perlu aplikasi seperti ini.

Thanks for sharing, btw. Salam kenal, Mak! :)

Lisa Tjut Ali said...

udah punya suami tapi belum punya anak mak mira, pengen mak punya anak banyak, doain ya

Damae said...

malam ini banyak nemuin postingan soal hamil, lha ko disini juga lagi ngupas. hihi..
meski belum menikah, saya simpen ini catetannya mbak. siapa tahu nanti bisa dipraktikkan.
makasih sharenya, ^_^

Ejawantah's Blog said...

Memang langkah pertama kalau mau hamil harus punya suami atau istri dulu ya Mba. :)

Salam

hazmi SRONDOL said...

sayangnya saya gak bisa hamil....

yg mau dihamilin lagi repot ngurus 2 bocah yg sudah mbrojol beberapa tahun yg lalau.

hihihhi

Mira Sahid said...

@Mohammad Rivai : hiihi, kalau mau dapet ilmunya, kan ga mesti nunggu hamil atau menghamili Rivai :D

@Nathalia : Amiin, semoga ya mak. Akupun demikian :D

@Ririn : qiqiqiq, yuk hamil lagi *eh

@Nindya : Hai Nindya, salam kenal juga, thank sudah mampir, Iya bener, aplikasi ini memang sangat membantu

@Lisa : Aih, aku tentu doakan tulus dr dalam hati, semoga lekas hamil ya, mak

@Damae : Iyes, monggo, terima kasih sudah berkunjung ya

@Ejawantah : iya betul, tapi kl mau capat ilmunya, ga mesti punya istri atau suami dulu, itung2 nabung ya, mas :)

@Hazmi : hahahaha, iya kebayang repotnya istrimu itu, mas :D

Ririe Khayan said...

Yakiiin neh lima tahun lagi? Smoga dpt jodoh yg sholehah dan dirimu jd suami yg sholeh

Ririe Khayan said...

Great info neh mbak, brarti diriku wajib dunlut neh...

# sukses trs dg KEB dan event2 inspiratifnya ya mbak.

Bung Penho said...

isteri teman saya dulu waktu hamil cerewetnya minta ampun mbak.
waktu itu minta dibeli'in Lapet ama suaminya. yg gak biasa adalah minta Lapetnya jam 1 subuh. mana ada warung buka, tapi ia ngotot.
akhirnya suaminya nyari sampai gedor pintu tukang warung.

diNa said...

aih saya pikir hamil lagi mak.. semoga Allah memberi lagi yah, kan masih muda mak.. sayanglah klo cuma 2, biar bisa mempraktekan ilmu yg ditulis di blog :)

mama kinan said...

pa kabar mbak..semoga sehat selalu..duh lama sekali nggak main dimari...
iya jaman aku hamil kinan dulu blom ada beginian..hehehe kemarin aku dapat info ini terus aku teruskan ke adek ipar yang istrinya lagi hamil..
aku minta untuk download itu di smartphonenya....berguna banget ...:)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

teknologi makin maju ya, makin memanjakan penggunanya

Mira Sahid said...

@Ririe : itu mendoakan siapa tuh, mak? hihihi. meng aminkan juga. Eniwey, ma kasih atas supportnya selama ini

@Bung Penho : nah itu dia, kadang perempuan yang sedang hamil itu bisa ga masuk akal sekaligus. Tinggal bagaimana suaminya memberikan hatinya seluas samudra

@Dina : Belum, mak. Tapi itu aku aminkan saja, semoga saja terkabul ya

@Mama Kinan : wogh, mak. Kemana aja, iya lama ga bersapa kita ya. Ma kasih sudah memforward infonya, Insya Allah sangat berguna

@Lidya : Yup, bener banget, mak. Mau hamil lagi?

Winda Krisnadefa said...

kita sama, maak.....3 bulan abis nikah langsung tekdung...abis itu jarak 5 thn hamil lagi...beda2 tipis kan? tapi kok ya gw gk pengen hamil lagi ya? hahahahaa...

Ika Koentjoro said...

Terimakasih infonya mbak.

Rencana pengen hamil lagi nih. Mudah2an yang ini perempuan. Kakaknya 2 laki2 semua :)

Noorma FMZ said...

coba download ahhh