May 07, 2013

Srikandi di Balik Srikandi Blogger 2013 KEB


Alhamdulillahirobbil Alamiin...

Puji dan syukur tak terhingga saya panjatkan ke khadirat Illahi robbi, karena atas ridho dan kehendaknya, sehingga pada akhirnya sebuah harapan besar dapat terwujud. Ya, Acer SrikandiBlogger 2013Kumpulan Emak Blogger terlaksana pada tanggal 28 April 2013, bertempat di Kemendikbud, Jakarta. 

Jika mengingat acara Srikandi Blogger ini dapat terlaksana, rasanya apa yang akan saya tuliskan di sini akan panjang sekali dan seperti takkan ada habisnya, karena apa yang saya dan teman-teman panitia lewati sungguh sebuah proses yang tak biasa. 

Usai acara Srikandi Blogger 2013 beberapa waktu lalu, semua teman-teman dan tamu yang hadir mengucapkan selamat atas kesuksessan acara, dan rata-rata yang disampaikan semuanya positif. Tapi tahukah, temans? Semua itu terlaksana bukan tanpa sebuah perjuangan. Perjuangan ketika harus bergelut dengan status kami sendiri sebagai Ibu rumah tangga yang memiliki segudang pekerjaan, namun alhamdulillah berkat semangat, optimisme dan kebersamaan, terutama ijin suami kami dalam segala perencaan ini, rasanya kami hampir lupa bahwa di balik terselenggaranya acara Srikandi Blogger adalah adanya srikandi-srikandi yang tangguh. Kali ini sungguh, saya tidak melihat kesuksessan acaranya, walau tidak menampik, alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Namun, seperti yang saya bilang, tulisan ini saya persembahkan untuk semua Srikandi di balik perhelatan acara Srikandi Blogger 2013. Ya, panitia atau panggilan makpan untuk tim Srikandi Blogger ini adalah semuanya perempuan, berstatus emak-emak. Luarbiasa, bukan?...


Semenjak mengawal KEB bersama tim board (Mak Indah Juli dan mak Sary), seperti tak ada habisnya, ide yang datang dari semua member tak henti membuat kami untuk terus ingin berkarya bahkan berprestasi. Bahkan ketika jajaran makmin bertambah, semangat kami akan sebuah mimpi besar untuk KEB semakin bertambah. Dan akhirnya, ketika gagasan membuat Srikandi Blogger, dengan harapan hal ini akan membangun spirit kaum perempuan dalam menulis dan ngeblog akan kembali bangkit, dan layak diberikan apresiasi, maka kami pun menghalau semua ragu. Tidak usah ditanya bagaimana pusingnya kami mencari sponsor, bahkan 2 minggu sebelum pelaksanaan, kami masih saja memikirkan bagaimana mencari partner atau sponsor yang dapat men support acara kami. Lalu ketika kami semua sepakat untuk mewujudkan acara ini, dengan persiapan waktu yang sangat singkat, Kurang lebih 2 bulan, seperti tak ada pilihan lagi untuk kami. Bergerak cepat atau tetap bergerak “sekenanya” saja. Ketika pengumuman pendaftaran Srikandi Blogger 2013 dibuka yang ternyata mendapat tanggapan positif dari semua kalangan khususnya member KEB, pada akhirnya, hal tersebutlah yang membuat kami memilih untuk bergerak cepat demi sebuah karya yang bisa kami persembahkan. Is it right? 2 bulan bo? *geleng-geleng kepala :p. Tapi alhamdulillah, sejak awal energi makpan semuanya positif, sempat terbersit kekhawatiran, namun kami saling menguatkan satu sama lain, kami saling menopang dan terus berikhtiar seraya memiliki keyakinan, bahwa setiap kesulitan yang kami hadapai dalam perencanaan ini adalah tujuan Tuhan mendewasakan kami dan membuat kami agar terus berlajar, terutama belajar untuk jangan pernah berputus asa. 

Tak pernah menyangka bahwa ternyata kami bisa mewujudkan impian ini. Biaya yang kami perlukan untuk perhelatan ini pun tak sedikit tentunya, ditambah persiapan waktu yang hanya 2 bulan, sempat membuat kami berada dalam titik “panas”. Bayangkan saja, sekitar 10 orang lebih jajaran makmin dan makpan (perempuan semua) dengan sukarela dan ikhlas tanpa pamrih mau membagi tenaga, pikiran bahkan waktunya serta mau capek-capek, panas-panasan untuk melakukan berbagai koordinasi, bahkan mereka tak lagi memikirkan biaya-biaya untuk makan atau ongkos kesana kemari, hanya agar acara Srikandi Blogger ini dapat terlaksana dengan lancar. Saya sebagai salah satu yang mengawal tim, sangat bisa menjamin bahwa aura dan energi yang terkumpul selama proses perhelatan jauh dari pamrih. Mereka tulus melakukan ini semua murni karena mereka ingin memberikan apresiasi terhadap karya-karya blogger perempuan. Lalu, jika di luar sana ada yang mengatakan serta menganggap, apa yang kami lakukan hanyalah sebuah konspirasi, settingan atau banyak ketidak fair an, “heloo... marilah coba berbesar hati dan tetap positif melihatnya.” Acara Srikandi Blogger ini sebuah kompetisi adil, sebuah permainan yang di dalamnya tentu akan ada yang kalah atau menang. Jadi, jikalau ada anggapan seperti itu, saya dan tim hanya bisa memberikan senyum dan memilih diam serta bertekad membuktikan dengan karya. Karena kami sadar, “Kami tidak pernah bisa menyenangkan semua orang.” Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, kami mohon maaf jika banyak sekali kekurangan dan sempat mengecewakan. Sesungguhnya kesempurnaan bukanlah milik kami.


Serangkaian proses meeting jelas Srikandi Blogger 2013

Balik lagi ke Srikandi Blogger 2013...

Ini bukan kali pertama saya terlibat acara-acara besar, namun seperti yang saya bilang di atas, Srikandi Blogger ini berbeda dari kebanyakan acara yang saya buat. And the point is, kita ni semua panitianya emak-emak, bo... aih, aslinya, saya nih sangat salut atas kerja keras makmin dan makpan. Berulang kali, dalam hati saya selalu berucap, “Subhanallah... duh, emak-emak keren, hebat, salut deh... Ternyata kita bisa.” Hihihi, sedikit lebay engga apa-apa, kan? Karena itu tadi, melalui proses menuju perhelatan ini memberikan banyak pelajaran hidup bagi kami. Sebuah pembelajaran tentang bagaimana menekan egoisme, belajar tentang berbesar hati, belajar berpikir secara jernih, belajar berbicara secara tim, dan masih banyak lagi. Yes... we learn.

Dan akhirnya, semua kerja keras, capek mikir, capek tenaga dan kemumetan kami terbayar sudah ketika melihat 10 finalis berada di atas panggung. Ya, moment saat itulah, kami semua makpan serasa ingin berpelukan satu sama lain. Moment itulah energi kami (makpan) semuanya sama. Melihat 10 finalis berada di atas panggung saat pengumuman Srikandi Blogger 2013, ada rasa harus, senang, salut dan bangga. Tapi karena kami harus tetap memberikan energi positif untuk semua finalis, maka kami pun sangat bisa menahan emosi kami saat itu. *Padahal mata sudah ngembeng :D. Boleh deh ditanyakan pada semua makpan *penting, ckckck.

Tiba saatnya pemilihan Srikandi Blogger...

Saya tak perlu lagi menjelaskan bagaimana kriteria Srikandi Blogger itu dapat terpilih, yang pasti, mereka yang memiliki mental positif lah yang pantas berada dalam jajaran Srikandi Blogger 2013 Dan akhirnya terpilihlah 5 orang Srikandi Blogger dengan berbagai kategori dari 10 finalis Srikandi Blogger 2013. Insya Allah, mereka akan menjadi inspirasi sesuai kapasitasnya masing-masing. Mari kita tetap doakan agar mereka dapat menjaga amanah yang diberikan. Aamiin

1.       Srikandi Blogger 2013 – Alaika Abdullah
2.       Srikandi Persahabatan 2013 – Myra Anastasia
3.       Srikandi Favorit 2013 – Anazkia
4.       Srikandi Inspirasi KEB – Haya Aliya Zaki
5.       Srikandi Life Achievment KEB – Bunda Yati Rachmat


Finalis dan pemenang Srikandi Blogger - KEB 2013
Selamat ya untuk semua pemenang. Semoga bisa menjadi sosok yang selalu membawa energi positif, memberikan inspirasi, terus berkarya dan terus mengaktualisasikan diri dalam era digital ini secara online dan juga kiprah nyata. KEB senang dan bangga memiliki sosok-sosok seperti emaks hebat semuanya diantara emaks hebat lainnya. Juga untuk semua Finalis dan peserta yang sempat masuk dalam 50 unggulan. Kalian hebat dan luarbiasa *gruphug

Untuk semua jajaran makmin KEB dan juga makpan yang tangguh dan super. Semoga Allah Swt membalas semua kerja kerasnya dengan keberkahan berkali lipat. Terima kasih mba Indah Juli, mak Sary Melati yang sejak awal berdirinya KEB tetap bergandengan tangan dengan saya, dan mau repot-repot mencurahakan tenaga, pikiran serta waktunya untuk KEB. Untuk jajaran makmin aktif dan kreatif; mak Lusi, Vema, Irma, Carra, dan mak Elisa. You rocks, mari kita tetap bergandengan tangan demi mimpi-mimpi KEB selanjutnya. Dan terima kasih tak terhingga untuk makpan; Mak Wylvera Windayana (Wiwik), supermom hebat dan gesit, mak Sumarti Saelan aka mak Icoel, mak Aulia Gurdi, mak Ani Aryani, mak Waya, Fitri, dan juga emaks lainnya yang mohon maaf tidak bisa saya sebutkan satu persatu atas terlaksananya acara ini. Semoga Allah Swt membalas semuanya berkali lipat, aamiin. (*udah kaya sambutan aja, hehe)

Dan terima kasih saya untuk semua pengisi acara Srikandi Blogger 2013. Fashion show emaks cantik KEB, mini drama yang dibawakan oleh mak Ani Berta dan Samme juga si kecil Kayla (putri mak Indah), Fashion show anak , serta pendukung acara lainnya. Serta para sponsor acara : Acer (Mba Astrid, mas Haris dan Anandita), Rinso (mas Syatir dan Sandro), Wardah (mba Citra), Idblognetwork (mba Mubarika dan Leila), Azza Hijab Store (mba Lidya), Sari Husada, dan Samikuring (mas Wisnu) dan pak Posma. Terima kasih juga untuk media partner : Blogger Reporter Indonesia (Hazmi Srondol dan tim) dan KoplakyoBand (babeh Helmi dan mba Desy). Serta pendukung lainnya, mohon maaf jika tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga silaturahmi kita tetap berjalan baik. Aamiin.

Alhamdulillahirobbil alamiin, terima kasih ya Allah, atas kelancaran perhelatan KEB yang pertama ini. Semoga kelancaran dan kemudahan yang kami dapatkan ini tidak menjadikan kami tinggi hati, dan tetap menjadikan kami sebuah keluarga yang Engkau ridhoi. Seperti harapan kami ke depan, KEB “Inspirasi Perempuan, Kami ada untuk Berbagi.” Insya Allah.

Makpan (emaks panitia) Srikandi Blogger 2013 

Sekali lagi, postingan ini saya hadirkan bukan untuk menyombongkan atas apa yang telah kami kerjakan. Mohon jauhkan pikiran itu ya. Semua ini saya bagi karena saya (khususnya) sedang menikmati sebuah proses pembelajaran hidup, dan semoga apa yang baik menurut teman-teman bisa diambil hikmahnya. Dan jika banyak kekurangan, mohon dimaafkan.

Salam hangat

36 comments:

Kak Didik Purwosari said...

Top bangettt ! Salam Blogger Bojonegoro

meutia rahmah said...

salut sama smngat emak, saya jadi semakin bangga mengenal dan jadi bagian dari KEB :)

keke naima said...

komentar negatif sampe kapanpun akan selalu ada, Mak. Tapi jgn bikin jd patah semangat, malah harus tambah memicu semangat. Sukses bgt acara kemaren semoga berlanjut dan lebih baik dari sebelumnya :)

Helda said...

Saluut :) bagi saya semua anggota KEB adalah Srikandi Blogger sesungguhnya.

Ade Anita said...

terima kasih ya Mak Mira, juga makpan yang lain. bener-bener salut aku dirimu dan teman-teman bisa berkumpul untuk membuat event acara yang sehebat ini. bikin semangat (dan bahkan aku yang baru bergabung 2 bulan di KEB ikut ketiban senang karena terpilih 50 besar; lanjut ke jenjang berikutnya atau tidak udah gak ditargetin mengingat usia keanggotaanku yang baru 2 bulan di KEB tapi bisa terpilih itu sungguh ruaaarrrrr biasa).

aku senang karna KEB bikin aku melek bahwa blog gak cuma buat nulis dan berbagi tapi juga untuk menjalin pertemanan dan menjaga silaturahmi. Belakanga malah ngeblog itu bisa untuk terapi menghilangkan kesedihanku.

terus tularkan semangat dan hujani kami dengan event2 keren berikutnya ya (ketagihan.com)

Murtiyarini, Arin said...

Salut mak Mira. Sukses terus yaaa

Idah Ceris said...

Sukses untuk KEB, Mba Mira dan Emak2 lainnya. .. ^*

Saluuut. ..

alaika abdullah said...

MakPon sayang, dari awal aku udh salut banget dg itikat baik, kerja keras pantang menyerah yg kalian miliki, tak hanya utk selenggarakan event ini, tp jg utk hal2 lainnya.

Apalagi utk acara sekelas Srikandi Blogger ini, org bijak, dg jelas akan bs melihat bhw ini bkn pekerjaan mudah, butuh effort dan ketulusan serta kekompakan luar biasa, utk wujudkan acara ini. We can not please every body, jd biarkan saja suara2 miring itu bergema, asalkan, setting mindset kita utk terus melangkah, mewujudkan hal2 positif yg telah, dan akan kita laksanakan.

Dlm setiap hal, wajar itu mah, ada tanggapan positif dan negatif. Just take it easy, let the nature selected, karena pada akhirnya, sejalan dg waktu dan proses, hal baik, senantiasa akan muncul ke permukaan dan bersinar terang.

Mir, aku salut dg kalian semua. Keep Moving forward yuk, tebarkan inspirasi, dari hati yg tulus tanpa pamrih. Thx for everything ya, Mir. Sukses terus utk KEB! #BigHug sambil ngelap air mata.

masrafa.com said...

salut untuk makpan semua atas kerja kerasnya.

bangga bisa bergabung bersama KEB dengan segala kegiatan positifnya.

Goiq said...

semoga ini Srikandi Blogger jadi agenda tahunan KEB.. Mantaaap

Haya Aliya Zaki said...

Salut. Seingatku, belum ada komunitas yang memberikan apresiasi demikian tingginya kepada anggotanya. Sukses buat KEB. Yuk, kita maju sama-sama. :)

puteriamirillis said...

mbak mira sayang...
Pu salut sama mbak, dari pu kenal mbak mira di tahun 2011 walopun kita tak pernah bertemu langsung, semua nyaris2 semua. Nyaris2 ktemu tapi blm pernah ktemu.
mbak dari kejauhan pu ingin sebenarnya turut serta dg emak2 hebat semua, tapi untuk saat ini pu blm bisa. Pu masih ada di taraf online...
But, semua rasa syukur, pu mendoakan selalu kiprah emak2 blogger. Perkumpulan ini penting mbak. Dunia blog penuh " sesuatu" dan kita sbg emak2 hrs bisa bertahan dg niat awal kita untuk berbagi. Dg berada di perkumpulan sesama itu lebih mudah dilakukan. Lain dg jika kt berada di perkumpulan majemuk gender.
Sukses sll mbak mira sayang...
When Distance Between Us Too Far, Through Writing I Speak :)

hana sugiharti said...

Positif jangan membuat kita sombong dan negatif jangan membuat kita rendah diri, tapi memperbaiki diri

semangat terus ya mak

Luluk Maslachah said...

Hiraukan anggapan negatif selama kita tdk begitu krn kan ini ajang pertama kali dr sebuah komunitas maya yg panitia .. Semua perempuan... Sdh emak emak yg pny kesibukan masing masing.. Kita hargai .. Dan salut bgmn sibuk dan rempongnya...demi menghargai prestasi masing masing dr emak anggota KEB.. Spy yg lain juga lebih terinspirasi unt lebih maju.. Okay.... :-) selamat makpon Mira sahid dan teman teman.. Maju Terus pantang Mundur :-)

Lusi said...

Hahaahahaa.... teringat kerja kayak robot, udah gak bisa bedain mana lagi ngomong nyinyir mana becanda, pokoknya udah diprogram tanggal segitu beres aja. Udah mati rasa, gak sempet tersinggung kalau antar makpan & makminnya sih. Rada emosi dikit ketika ada yg ngomel karena kalah aja. Untungnya energi di panitia positif, jd sebentar aja keselnya. Teruuuus.... mewek deh di acara. Bangga gitu bisa nampilin emak2 diatas panggung. Berasa kitanya yg menang, pdhl gak dpt gadget, TV atau kulkas spt peserta. *peluk ciyum semuanya ya . Kita naik kelas jadi orang tabah :D

fero ari said...

Keren mba,, sukses buat srikandi blogger

fero ari said...

Sukses buat srikandi blogger

rahmi said...

kereen mak myra salut padamu dan mak2 lain yang sudah berusaha keras mewujudkan srikadi blogger. Aku ga ikutan gegara lupa sama deadline nya.. tau2 udah kelewat hiks menyesal :( Mudah2an tahun depan acaranya lebih keren lagi dan daku bs ikut berpartisipasi

Odingk Prakoso said...

SAluuuuuttttttt buat Mbak2 yang di KEB :)

kempor said...

KEB lagi buuming yak mbak???
semoga tambah buuming lagi deh :D

kepikiran bikin fondation nggak nih? bergerak di bidang pengembangan pendapatan ibu2 kampung :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Acaranya tahun depan semoga bisa berjalan dengan lebih baik lagi ya.

windi teguh said...

Kereen.salut bgt mak bs menggelar acara akbar kyk gini.boleh dong mak myra dishare gmn tuh persiapan sampe bs dpt soponsor sebanyak itu.pengen belajar juga maaaak. Makasi buat semua makmin dan makpan yg udah capek2.semoga dibalas kebaikan oleh yg maha kuasa

Pitaloka said...

acaranya kereen saangaat kok mak...pemilihan pemenangnya juga cukup fair....masih ada yang komen negatif? ga apa2 semakin kita sukses pastinya semakin banyak kritikan...abaikan saja. orang-orang yang komen negatif hanya sebagian kecil tapi masih banyak teman-teman di sekeliling yang tetap mendukung. Tetap semangat untuk selalu berkarya...

sitirobiah said...

salam sejahra buat anak bloger

Elisa Koraag said...

Mak Pon, keberhasilan hajatan Acer Srikandi 2013, pantas dan layak dibanggakan. Tidak ada kesombongan yang ingin dikemukakan. Keberhasilan ini nyata. Dan layak dibanggaan.

Kalau kamu di nilai hebat, juga pantas. mengawal sebuah tim dengan pengalaman dan kemampuan yang berbeda plus label Ibu rumah tangga. Kalau buakan pemimpin yang tegas dan punya kemauan kuat, tidak akan bisa! So, saya bangga bisa mengenal kamu dan ikut ambil bagian walau sangat-sangat"kecil".

Social Bookmarking Indonesia said...

Keren banget Mak, pokoknya TOP..
Sukses ya perlehatan Srikandi Blogger kemaren...
Maju terus bersama KEB, smangat !!

Dessycherryponie said...

Ga ada yang negatif mak, semua positif dan itu PASTI.

Yang masih buat amaze adalah ini dilakukan emak-emak....

Sponsor yang keren dan ada proses yang sungguh luar biasa itu pasti.

Menjadi bagian dari itu saja sudah merupakan hal yang luar biasa.

Jika awal saja begini apalagi jika sudah cukup pengalaman, pasti tambah LUAR BIASA.....

Ejawantah Wisata said...

Keren Mba..... salut dengan semangat semua team.

Sukses ya Mba.
Salam wisata

waya komala said...

peluuuk makpon...
Nggak bisa ngomong apa-apa dah. Mata yg berkaca-kaca saat itu sudah cukup menggambarkan perasaan kita semua, tentang kecintaan yang besar pada KEB. Semoga jalan ke depan makin terbentang. Sukses,sukses dan sukses. Aamiin :) Peluk lagiii :)

Elsa said...

alhamdulillaaah... acaranya berlangsung sangat sangat sukses ya Mbak...
salut deh buat para emak emak di KEB....

suria riza said...

mantaaaaaaaaaaap

Santi Dewi said...

Mak Mira cantik banget dlm warna biru dan pink :)

Aulia Gurdi said...

huaaa...segitu banyak fotonya ga ada satupun foto saya...hikss...Nasib juru keker :'(

tapi senenggg bs ada dalam barisan makpan yg hebat2..trimakasih yaa makpon sdh memberi saya kesempatan menjadi bagian dari KEB :D

maju terus KEB, semoga SB 2014 bs lebih cetaaar...Aamiinn

mimi RaDiAl said...

sukses sempurna kok sayang..terima kasih juga udah buat sesuatu yg membanggakan kami warga KEB. semoga tahun depan bisa ikutan perhelatan ini :*

#peluk hangat dan cinta utk semua makmin dan makpan

Miss Rochma said...

eh, ada ya yang bilang negatif gitu? semoga mereka mengerti, bahwa srikandi blogger ini positif sekali *efek nggak bisa ikut soalnya blog belum 2 tahun umurnya*

hidup mbak mira! hidup KEB!

indah nuria Savitri said...

Sukaaaaa deh ama Srikandi bloggers...viva Emak2Blogger...seneng banget bisa gabung :D...