June 28, 2013

Liburan jadi lebih Pintar? Bisa!


Memiliki 2 malaikat kecil yang semakin hari terus berkembang, tentu merupakan kebahagiaan tersendiri, apalagi dalam masa pertumbuhan tersebut, saya mendampingi setiap hal yang mereka lakukan, hingga akhirnya menyaksikan moment yang tak biasa. Ah, sungguh semua itu kebahagiaan yang sangat berharga.

Selama menyaksikan pertumbuhan mereka, kedua anak saya, Vinka 9Y dan Zahran 5Y, memiliki keunikan masing-masing. Dan ternyata, dari keunikan tersebut, kedua anak saya ini memiliki keunikan yang sama, yaitu ketika harus bersentuhan dengan binatang, dipastikan mereka kabur duluan. Sebagai Mamanya, sudah pasti saya harus memahami mereka, artinya... saya tidak boleh serta merta memaksakan mereka untuk langsung bersentuhan dengan binatang tanpa mereka tahu dulu, bagaimana agar bisa berkenalan dengan binatang, termasuk mengenal binatang dengan segala karakternya.

Well, saya pribadi juga sebenarnya belum memiliki binatang favorit, apalagi memilikinya untuk dipelihara. Entah karena belum menemukan binatang yang cocok, atau saya memang kurang menyukai binatang. Thats why, anak-anak saya pun akhirnya tidak terlalu interest pada binatang di sekitarnya karena kurangnya eksplorasi. Sebagai pribadi yag pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan dengan binatang, hal ini berakibat pada kekhawatiran saya terhadap lingkungan sekitar. Contoh kecil saja, jangankan di luar rumah, di dalam rumah pun kadang masih suka ada aja binatang-binatang yang turut menghuni rumah. Tikus, rayap atau cacing-cacing kecil yang tiba-tiba muncul di sela-sela saluran air kamar mandi. Ihh... merinding saja membayangkannya. Itulah sebabnya, saya termasuk yang suka cerewet ketika anak-anak main di luar, apalagi main ke taman yang berumput, khawatir ada binatang semacam ular berbisa, aah... serem deh pokoknya...

Beberapa kali, kedua anak saya pernah mengunjungi Taman Safari di Bogor. Sejauh ini sih, pada saat mereka melihat binatang-binatang yang ada di sana, senang-senang saja, meski tidak terlalu ekspresif melihatnya. Dan ketika melihat salah satu pertunjukan yang ada di sana yang melibatkan hewan buas yang bernama Harimau, praktis mereka hanya bisa menganga. Entah apa yang ada di pikirannya.

Mereka pernah menanyakan pada saya, “Ma, kok.. kakak itu berani dekat-dekat Harimau?” (maksudnya kakak, ke pelatih Singa). Dan saya jelaskan bahwa, setiap binatang jika terus bedekatan dan dilatih oleh kita, maka binatangnya akan jinak. Hihi, jawaban yang standar ya. Dan untuk meyakinkan anak saya (Zahran) bahwa binatang bisa menjadi sahabat, saya nemu video ini. Pas banget untuk memberi padangan positif sama Zahran dan kakaknya.



By the way, mak...
Saya jadi berpikir nih, sebagai orangtua, terkadang kita terlalu khawatir dengan keselamatan anak kita ya. Memang, menjaga mereka dari segala hal yang akan mengakibatkan mereka cedera itu penting, tapi justru sekali-kali kita perlu juga untuk lebih banyak memberikan eksplorasi pada mereka. Maksudnya sih, bukan menyengajakan agar anak kita cedera, tapi sekali-kali memberikan hal yang menantang pasti akan seru juga. Berkaca dari pengalaman saya, ya gitu deh... akhirnya anak saya sendiri tidak terlalu banyak bersentuhan dengan binatang, padahal sebagai orang tua sebaiknya kita tetap memberikan pelajaran hidup melalui berbagai hal, bahkan ketika harus bersentuhan dengan alam atau binatang. Dengan begitu, kita bisa melihat hal-hal apa saja yang akan menjadi ketertarikan anak-anak kita, baik itu menjadi daya imajinasinya atau membuat mereka lebih dekat dengan Tuhan, dan memberikan pengertian bahwa semua makhluk hidup di dunia ini adalah ciptaanNYA.

Ini nih yang bikin seru. Pada saat saya membaca akun twitternya @DancowCenter, twitnya menginfokan bahwa tanggal 6 – 7 Juli 2013 nanti ada acara Dancow Learn & Explore tentang binatang, tempatnya di Mall Taman Anggrek. Buru-buru saya cari info ke fanpage nya deh. Dan yak... melihat infonya di sana, saya berpikir, acara ini bakalan seru. Pastinya cocok banget untuk mengisi liburan edukatif bareng anak-anak.

Foto : Properti Dancow
Buat yang pengin datang ke tkp, syaratnya gampang. Saya kasih bocorannya nih, coba diintip ya.

Foto : Properti Dancow
Ok, mak. Kali ini saya tidak ingin melewatkan hal yang akan merubah pengalaman anak-anak saya. Sebagai mamanya, saya pengin lebih banyak menghilangkan kekhawatiran akan persepsi bahayanya binatang. Dan siapa tahu, di acara Dancow Learn & Explore ini, saya bisa mengenalkan proses belajar dengan cara menyenangkan. Termasuk untuk saya sendiri. Yuk, kalau mau kesana, kita janjian saja, kalau lebih banyak emaks yang hadir, kan lebih seru. Liburan, Mama dan anak jadi makin pintar deh.

12 comments:

Niken Kusumowardhani said...

Taman Anggrek deket banget dari rumah. Catet ah tanggalnya. Makasih infonya ya mak :)

Mira Sahid said...

@Niken : wah, asik tuh Bun. Jangan sampai ga dateng ya, bun. Seoga kita bisa ketemuan di sana, nanti :)

momtraveler said...

Kl anakku plg exited ma binatang mak.. Syang events nya nun jauh di jakarta..... Hiks....

Mira Sahid said...

@momtraveler : wah, hebat sekali tuh, mak. Semoga saja pihak Dancow bisa roadshow ke kota-kota lainnya ya. Soalnya, ini acara seru dan banyak pelajarannya juga :)

momtraveler said...

Wahh kl anakku plg exited sama binatang . Semangat bgt kl kkebun binatang. Syang bgt events dancow nya nun jauh di jakarta :(

Nelfi Syafrina said...

makasih share infonya Mak Mira. Pengen ngajak anak-anak ke sana ah. mumpung liburan. ^_^

Ejawantah Wisata said...

wah,,,, sebentar lagi dong momennya. Catet dulu ah. Semoga bisa dateng sambil lihat-lihat.

Salam wisata

meutia rahmah said...

berkunjung ke rumah emak2 selalu menyenangkan, dapat ilmu parenting wlpun saya masih single hehe,

puteriamirillis said...

insya allah aku datang..kt ktemuan ya maks

Bunda Kanaya said...

makasih infonya ya maak, kepengen banget ngajak Kanaya ke sana

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Terima kasih infonya mak, Insya Alalh jum;at ini pulang ke BEkasi jadi bisa bawa anak-anak jalan ya sebelum puasa

AstyNNS said...

Waaah kalo ada di Jogja pasti kami datang nih bawa Naufal, hehe..