June 21, 2013

Review Blog Irma Senja


Jika tak ada nafas senja yang mengiringi langkahku
Maka siluet jiwaku tak akan pernah berwujud
Walau kini aku harus mencoba untuk merengkuhmu
Aku yakin semua yang kita rangkai akan terikat oleh waktu
Untukmu senja...
*****
Sebait puisi di atas atau entah apapun itu namanya, sempat saya tuliskan dalam blog saya, dengan niat ingin mempersembanhkan sesuatu yang menjadi kegemaran sahabat saya sehari-harinya. Senja... selama ini begitu lekat dengan dirinya. Entah karena ia sangat mendambakan senja, atau ia terlahir saat senja, saya sendiri lupa :)). Tapi, jika saya lebih arahkan senja pada sebuah nama blog "Dunia Senja", tentu teman-teman mulai bisa mengingatnya. Ya, pemilik blog tersebut memiliki nama "Irma Senja", alias dari nama aslinya "Irma Susanti", seorang ibu yang telah memiliki 2 anak, Tazkia dan Sean.

Saya mengenal sosok yang satu ini tentu melalui blognya yang kini telah memiliki domain sendiri di irmasenja.com. kalau saya coba search di google dengan kata kunci "Senja" atau "Dunia Senja", dipastkan blognya Irma yang akan bertengger di halaman pertama.


Well, kalau bukan karena komandan blogcamp, Pakde Cholik, mungkin postingan ini masih tersimpan dalam penerawangan saja, walaupun sebenarnya sudah sejak lama saya ingin mereview blognya. Beruntung bergabung di blogcamp, setiap saat selalu menghadirkan kontes-kontes unik dan berbeda dari yang lain. Ok, kita mulai mengupas blog sahabat saya ini ya. Bismillahirrohmaanirrohiim...

Hitam... misterius dan sederhana, itulah kesan pertama kali yang saya dapatkan dari blog ini.  Saya pribadi menyukai warna  hitam, namun hanya pada pemakaian baju-baju saja, bukan pada blog. Bagi saya, penerapan warna hitam di blog seperti menyimpan sesuatu dari sang empunya. Hingga akhirnya tahun 2010 saya mulai mengenal sosok yang satu ini secara langsung, bertatap muka. Entah kebetulan atau memang saya jago menerawang, "ngik..." ada kesamaan antara karakter blog dan pribadinya, sama-sama menyimpan sesuatu... Halah, sok tahu

Blog yang dibuat sejak tahun 2008 dengan total postingan 481 serta memiliki PR 3 ini, menggunakan blogspot hingga sekarang, dan telah memiliki domain sendiri. Tampilannya yang berbentuk template landing page, hanya memungkinkan pandangan mata tertuju pada satu arah. Di bagian bawah, ada widget yang ditampilkan, namun tidak banyak. Hanya identitas pemilik blog, 2 banner komunitas, widget followers dan artikel blog. Saat ini blog Irma Senja berada di urutan ke 65 Indonesian Matters, dan luarbiasanya, telah memiliki lebih dari 1100 follower blog. "Bhik..." banyak banget fans nya, neng :D

Bagi sang empunya, blog yang selama ini dikelolanya telah menjadi rumah virtual yang membantunya mengabadikan catatan-catatan harian, berimajinasi dengan fiksi, atau bermetaphora dengan diksi juga puisi. Tidak heran, sebelum masa peralihannya yang sekarang, blog tesebut hanya berisi tentang puisi-puisi dan fiksi. Sempat bosan ketika mengunjungi blognya yang hanya berisi puisi, namun lambat laut tata bahasa dan puisinya semakin membuat pembacanya - termasuk saya memiliki kenikmatan. Setiap kata dan syairnya selalu menyentuh hati. Mungkinkah setiap puisi tulisannya adalah bagian dari yang ia rasakan? Bisa jadi iya, namun di lain hal, bisa jadi bersumber dari sebuah inspirasi sekitarnya. Seperti tulisan dengan judul "Ketika Putriku Bertanya", saya merasakan energi yang kuat dalam tulisan itu. Betapa ia mampu menguntai kata demi kata begitu indahnya, seolah pembaca digiring untuk merasakan suasana tersebut.

Bersyukur... setelah melewati perjalanan hidup yang selalu tertuang dalam fiksinya, sejak tahun 2012 (kalau tidak salah) blog Irma Senja kini lebih terbuka. Ia tak lagi hanya menulis tentang puisi atau tulisan galau :D. Namun, ia juga kerap kali menuliskan kisah hidupnya beberapa tahun yang lalu ketika Cancer menghampirinya. Ia sudah bisa menuliskan hal-hal di sekitarnya dalam bentuk non fiksi. Bagi saya, itu sebuah prestasi luarbiasa :)). Tentu, selain karena dorongan sahabat dan pembacanya, ia bisa mulai menuliskan genre tulisan lainnya.  Tapi saya yakin bahwa Blog Irma Senja sangat pantas memberikan informasi-informasi yang bermanfaat, terutama berbagi informasi tentang Cancer. Hal tersebut layak dilakukan agar pengunjung blog pun tidak merasa bosan. Dengan begitu, Insya Allah akan menaikkan manfaat dari blog nya kepada para pembaca. Meski sampai sekarang template nya belum berubah (warna hitam), saya tetap mem favorikan fiksi-fiksinya. Tapi, saran saya sih sebaiknya mencoba tampilan template baru, supaya blognya lebih fresh dan tidak membosankan. Biar kelihatan lebih cantik juga, seperti yang punya blognya.

Tidak banyak sih yang bisa saya review dari blognya, teman-teman bisa lihat sendiri bentuk dari blog Irma Senja ini. Apakah ke depan ia akan mengganti template nya? Kita lihat saja nanti, ok?

Seorang Irma Senja, penyuka senja dan fiksi lover bercita-cita ingin membuat sebuah buku fiksi. Mari kita doakan saja agar cita-citanya dapat segera terwujud. Di balik tulisan-tulisannya yang selalu terangkai indah itu, ternyata ia mempunyai rahasia menulis agar fiksinya selalu indah dibaca, yaitu : Irma selalu meyakini... "Menulislah dari Hatimu, maka Kamu akan Menyentuh Hati Pembacamu"


Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

19 comments:

Niken Kusumowardhani said...

Review yang dibuat oleh sang soulmate memang begitu menyentuh hati. Terasa sekali kasih sayang mak Mira kepada mbak Irma.

Semoga sukses dengan kontesnya.

IrmaSenja said...

Dear Mba Ayank,...

Wiih, aku terharu membaca review blogku ini mba. ternyata sahabatku ini cukup mengenalku dgn baik ya... gak cape kan mba nge-review blogku karena cuma segitu-gitunya :D

Etapi itu menyimpan sesuatuh naon ?? hahaaa..dasarrr :))

Sarannya untuk ganti baju akan aku bertimbangkan mba, makasiih ya ^_^

alaika abdullah said...

review yang keren, jujur dan berani! :)
Aku juga termasuk salah satu pengagum tulisan2 Mak Irma lho! Untaian katanya begitu indah dan sarat makna. 1100 followers? Wow!! Glek! Ckckck, Mak Irma emang kereen!

Sukses untuk ngontesnya ya, Jeng! :)

Winda Krisnadefa said...

keliatan dari post-nya mak Irma, orangnya lemah lembut dan baik hati .... Ahik .... Senang bisa mengenal mak Irma dan mak Mira juga. ^_^

Mira Sahid said...

@NIken : wuih, harusnya neng Irma baca komennya bunda Niken tuh, wkwkkw. Mksh ya bun

@Wokeh, apapaun yang terbaik menurutmu, just do it, dear

@Alaika : Thank you maksri... Emak Srikandi Blogger :D

@Winda : beugh, lembut banget mak. Kapas aja lewat ko ama dia, hahahaha. Iya, senang juga mengenal mak WInda, si emak gaoel :D

Nchie Hanie said...

Baru beberapa kali bertemu, dan membaca blognya dengan tulisan2 nya yang lembut..
hmm sellembut orangnya #Uhuk

Yang Ngeripyu pun menulis dengan kata2 nan indah dan penuh kasih sayang, semoga tetep menjadi soulmate yang saling mengerti..

Sukses Buat Kalian Bdua Mak
#Ketjup

Shohibul Kontes Blog Review said...

Terima kasih atas partisipasi sahabat
Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
Salam hangat dari Surabaya

Rahmi Aziza said...

Ngintip reviewnya mak Mir biar terinspirasi hihihi

lies hadie said...

Reviewnya mantab Mak Mira...menyentuh juga...

Sukses ya Mak ngontesnya..

Honeylizious Rohani Syawaliah said...

semoga menang mak :)

Mira Sahid said...

@nchie Hanie : Aamiin, ma kasihmak chie

@pakde Sohibul : sip, ma kasih pakde

@Rahmi:aiih, bisa aja mak Rahmi

@Lies : iyes, ma kasih ya mak

@Honey : menang ga menang yang penting turut meramaikan ya hun.

Idah Ceris said...

Karena saya rada heng-hong denga yang namnya fiksi, puisi dan sejenisnya. Kadang saya hanya terima sebagai silent reader. :)

Artikel2nya Mba Irma memang bagus2, di wordpress pun juga.

Sukses untuk ngontesnya ya, Mba. :)

Mira Sahid said...

@Idah : Karena Irma juga, akhirnya aku menyukai senja dan fiksi, mak :D

Sary said...

Aku silent reader blog Irma nih. Kalau bisa komen, pasti kutinggalkan komentar. Tapi kadang terlalu speechless untuk berkomentar.

Belum ikutan kontes yang ini. Bingung mau melamar siapa, n khawatir gak bisa memenuhi target juga kalo berpasangan kaya gini. Agak susah mengikuti jadwal belakangan ini. Jadi milih yang bisa dilakukan sesuka hati aja :D

Suci Nabbila said...

wah iya, setuju banget sama review-nya mbak. Awal kenal blog nya mbak irma juga masih fokus pada postingan puisi, makanya jadi agak kaget (tapi seneng sih) waktu postingannya udah mulai berkisah soal perjuangannya. Btw sukses ya mbak, smga menang :)

Mira Sahid said...

@Sary : Sama mak, makanya kadang komenku suka dibuat melenceng dari postingannya, daripada ga tau mesti komen apaan saking speechless nya :))

@Suci : Aamiin, terima kasih, mak. Ma kasih juga sudah berkunjung

Haya Aliya Zaki said...

Mak Irma ini orangnya lembut, kalem, murah senyum .... Lho, malah ngebahas orangnya, bukan blognya xixixi.

Wijaya Kusumah said...

Omjay rekomendasikan tulisan ini untuk menjadi pemeangnya, dan sangat menginspirasi sekali. Gebrakan mereka dalam kegiatan komunitas emak blogger sungguh menginspirasi ibu-ibu lainnya.

salam
Omjay

Lidya - Mama Cal-Vin said...

sudah bisa ditebak siapa pasangan makpon untuk mereview :) good luck ya mak semoga persahabatannya bisa panjang