July 03, 2013

Eksplorasi yang tak Biasa Bersama Si Kecil


Heylow temans, masih suasana liburan, dan sepertinya makin panas ya. Panas karena banyak tempat-tempat yang bisa kita kunjungi bersama anak-anak. Tapi perlu diingat, jangan sampai kita memilih tempat liburan yang terlalu banyak menguras kantong, hihi. Oh iya, masih inget postingan saya beberapa hari lalu tentang acara Learn & Explore nya Dancow? Ternyata, banyak juga teman-teman yang masih memiliki anak usia balita atau di bawah 10 tahun seperti saya ya. Nah, yang pasti, saya sendiri sudah menjadwalkan tanggal 6-7 Juli untuk datang ke mal Taman Anggrek, bersamaan dengan beberapa teman lainnya. Kan, kalau datangnya beramai-ramai, lebih seru, bukan?

Emang acara apaan sih, Mira?

Seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya, kali ini Dancow membuat sebuah acara yang berbeda dari kebanyakan acara-acara liburan lainnya, dengan nama Dancow Learn & Explore. Acara ini bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga mengajak si kecil bersama orangtua untuk bereksplorasi lebih banyak tentang binatang.

Terus, kenapa sih, Mira, ngebet banget ngajak datang ke acara Dancow Learn & Explore?

Dalam pandangan saya, eksplorasi itu perlu dilakukan dalam segala hal, termasuk ketika harus bersentuhan dengan binatang. Bukan hanya akan meningkatkan daya imajinasinya, anak-anak tentu akan lebih ekspresif, tangguh dan dampak yang ditimbulkannya adalah kepercayaan diri yang positif. Dari situ juga anak bisa lebih mensyukuri segala karunia Tuhan, dan menyadari bahwa ada makhluk hidup lain, selain manusia.

Bocoran yang saya baca dari sumbernya, di Dancow Learn & Explore nanti, akan ada beberapa zona yang bisa dieksplorasi bersama anak-anak kita, antara lain :

Zona Augmented Reality: Selain mendapatkan pengetahuan seputar Dinosaurus, anak-anak juga akan dikenalkan dengan berbagai hewan yang hidup di zaman purba dan mengetahui apa saja hewan berukuran besar. Zona ini terbuka untuk anak yang berusia 1-5 tahun. Dan dibawah 3 tahun sebaiknya sih ditemani dulu oleh mama papanya (khawatir shock nantinya). Selain itu, di sana si Kecil juga bisa membuat lukisan cap tangan yang hasilnya bisa dibawa pulang.


Duh, itu anak yang di dalam video lucu amat ya. Jadi ngebayangin anak sendiri bisa seceria itu. Kira-kira, mommies yang punya anak balita mau engga melihat anaknya se ekspresif itu?

Selain zona yang saya sebutkan di atas, ada juga Zona Binatang Laut: Di Zona ini anak kita bisa mempelajari dan mengetahui hewan yang tinggal di air. Terus, anak-anak juga akan diajak untuk berkreasi untuk mengembangkan kebebasan bereksplorasi, berkreasi, serta melatih koordinasi motorik halus dan pemahaman tentang “warna”, dan “bentuk”. Penting nih, bener-bener liburan produktif, judulnya.

Zona Burung: Di sana anak-anak bisa melihat aneka jenis Burung dan mengenal macam - macam suaranya. Tidak ketinggalan, si Kecil juga bisa berfoto dengan burung. Nah, saya yakin sama burung aja, masih ada anak yang belum terbiasa ya. Makanya, ayo ajak aja ke mal Taman Anggrek nanti ya. Serunya lagi, orangtua pun bisa sama-sama bereksplorasi untuk mewarnai, mengenal bentuk dan suara burung bersama anak-anak. Ayo, para orangtua, mumpung ada kesempatan untuk eksplorasi bareng-bareng nih.

Zona Binatang Berbulu. Di sini, anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai jenis hewan berbulu, jenis-jenis makanan hewan, mengenal tekstur kulit hewan, dan memberi makan kelinci dan marmut. Anak  juga bisa berkreasi bersama Mama Papanya membuat kartu dengan menempel bulu. Wuih, unik dan menantang, ya.

Zona Serangga: Anak-anak bisa mengenal macam - macam serangga dan bisa tau mengenai habitat hidup serangga. Selain itu, anak kita juga bisa mengetahui berbagai macam suara serangga, dari mulai suara jangkrik sampai dengung sayap nyamuk.

Zona konsultasi Psikologi dan Nutrisi Anak untuk Bunda. Yak, zona ini yang lebih penting bagi saya. Karena pengalaman masa lalu yang kurang baik dengan binatang, saya ingin sharing dan juga meminta solusinya, bagaimana agar hal tersebut tidak berdampak pada anak-anak saya. Karena secara tidak sadar, saya telah membentuk anak-anak untuk tidak terlalu banyak bereksplorasi dengan binatang. Bukan hanya itu, selama ini anak-anak saya terlihat sehat, karena bentuk fisiknya yang proporsional, tapi saya juga belum tahu, apakah nutrisi yang selama ini diberikan kepada anak-anak sudah sesuai porsinya? Namanya hidup, apalagi mendampingi tumbuh kembang anak, sebagai orang tua, kan, tetap harus belajar ya, mak :D

Selesai bereksplorasi, tentunya kita bisa bersenang-senang juga di sana. Karena bakalan ada special performance dari Super Seven. Itu lho, Boyband cilik yang terdiri dari 7 anak laki-laki yang unyu-unyu. Ngegemesin. Saya sendiri belum pernah lihat performance nya sih, tapi untuk memenuhi maunya kakak Vinka, marilah kita ke sana, kak :) mamanya tetap excited juga, karena ada doorprize yang heboh banget, wkwkwk. Tetep ya... kalau denger ada doorprize, pasti dikejar, apalagi hadiah doorprize nya ada : Tupperware, iPad 2, Samsung Galaxy SIII, dan Voucher Belanja. Makjleb, ga tuh? :P

Catet ya, mak!

6 – 7  Juli 2013, mal Taman Anggrek. Kita bertemu di sana, dan kita bakal seru-seruan untuk bereksplorasi, yes...:) Jangan lupa intip twitternya @DancowCenter atau ke fanpage nya Dancow Parenting Center di sini

8 comments:

Istiadzah Rohyati said...

Aaaah asyiknya! Andai bulan depan masih ada, pas libur Lebaran. Baru bisa mudik bulan depan soalnya. Huhuhu..

Mira Sahid said...

@Istiadzah : Wah, sayang ya, mak. Soale mungkin acara ini pas dengan liburan anak-anak sekolah. Enggak apa-apa, semoga Dancow mengadakan acara-acara yang lebih keren lagi ke depannya ya :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

mudah-mudahan bisa kesana, banyak tawaran liburan yang menarik ya sekarang

hana sugiharti said...

Iya kayaknya daku telat jugaa hehe

puteriamirillis said...

ok mbaaak...:)

adisanita said...

waaah, seru kayaknya nih, menjelang puasa dan liburan gini byk pilihan ya.. Insya Allah ke sana, btw, di lantai berapa ya? aku mungkin minggu ke sananya

Maya Siswadi said...

pengeeennn, tapi anak2ku udah ga ada yg balita :) hahahaha

Rosa Devga said...

mau banget tuh.....tp jaaauuuhhh....sama aja nguras kantong donk hihihihii....jadwal ke Malang-nya kapan tuh...penguin-nya pasti lebih suka di Malang kan dingin hehe