September 15, 2013

Berakhir Bukan Berarti yang Terakhir


Malam ini, saat saya menuliskan kembali catatan harian yang sederhana melalui blog, harus diakui ada bagian yang hilang dalam rasa yang selam 30 hari ini saya alami. Yak, selama 30 hari ke belakang, saya mengikuti tantangan menulis 30HariNonstopNgeblog yang diadakan oleh komunitas Detik Blogger dan Blog Detik. Selama itu pula saya mengalami segala rasa, apalagi pada saat mepet waktu deadline. Ada gairah, ada ketakutan, ada kekhawatiran, tetapi juga ada kenikmatan dan kepuasan saya saat bisa me-publish postingan setiap harinya. 

Jujur saja, selama ikut tantangan ini, saya termasuk yang selalu membuat postingan di atas jam 22.00. Dan sudah pasti kalau di atas jam segitu, segala kemungkinan pasti terjadi. Entah tiba-tiba blogdetik-nya error lah, atau koneksi engga bersahabat, belum lagi ketika inspirasi menulis sulit di dapat. Alhasil, sejak itulah, saya kembali dengan kebiasaan lama, yaitu begadang dan tidur larut. Sama seperti malam ini. Etapi, saya bukan menyalahkan event ini lho ya, memang saya yang mau ko nulisnya di atas jam 22.00. Sejatinya, saya ini penyuka keheningan malam. *Gananya :P

Hari ini adalah hari terakhir tantangan tersebut. Seperti ada yang hilang, meskipun sedikit membuat rasa lega karena terbebas dari deadline di jam 23.59, tapi mengikuti tantangan tersebut bikin saya terbiasa dengan habbit yang positif. Setidaknya, malam ini pun saya tetap ingin menulis, meski tanpa deadline dan setor ke email panitia. Yes... saya bisa, lho :)

Dan seperti menular... setiap hari suami saya pun selalu menanyakan hal yang sama. "Sudah menulis untuk tantangan itu, belum?" Kalau suami sudah nanya begitu, seperti alarm juga buat saya, dan dengan segala keterbatasan saya, segala keterbatasan ide atau pemikiran tentang sebuah konten, Alhamdulillah tulisan masih tetap bisa dipublish. Ternyata, sebesar itu ya efek mengikuti sebuah lomba. Biarin deh dibilang lebay, yang penting sudah bisa menaklukan segala macam alasan ketika harus menulis. Kita tidak pernah tahu sebesar apa kekuatan kita, sampai kita membuktikan sendiri kekuatan itu, kan?

Ini bukan sebuah pengukuhan bahwa saya akan melanjutkan konsistensi saya dalam menulis setiap hari ke depannya, ya. Sebagai manusia, kadang ada teledornya juga. Tetapi, saya hanya mencoba meneruskan apa yang bisa saya maksimalkan. Syukur-syukur kalau pada akhirnya saya bisa terus menulis setiap hari, kalau ternyata bolong-bolong lagi, berarti harus lebih giat cari orderan yang pakai deadline yak, #eh... wkwkwkkw. Nulis ya nulis, Mira... ko malah mikirin orderan :p.

Terima kasih untuk komunitas Dblogger, Blogdetik, Eyang AnjarismeIdblognetwork, Blog Nusantara dan seluruh pendukung acara 30HariNonstopNgeblog ini. Kalau bukan karena acara ini, saya sendiri dipastikan belum bisa move on dalam meng-update blog nya. Lewat ajang ini, saya lebih merasakan keinikmatan setiap kali mengungkapkan apa yang saya pikirkan dan rasakan. Semoga saja hal ini bisa dicontoh oleh komunitas blogger atau komunitas penulisan lainnya, betapa sebuah tantangan itu akhirnya bisa menjadikan kesenangan buat kita, selama kita bisa menikmatinya.

“Tetaplah Menulis, Maka Kamu Akan Tau Siapa Dirimu” – Mira Sahid

Silakan intip tulisan-tulisan sederhana saya selama mengikuti #30HariNonstopNgeblog lewat BlogDetik atau lewat Fanpage saya :)

24 comments:

IrmaSenja said...

Kenapa gairah, kenikmatannya di kalimat di atas malah mikir ke pembicaraan kita sehabis makan mie aceh yak ??? #ditakol makpon :)))

Mira Sahid said...

@Irma : wkwkwkw, jitakin ya. Aku ga mikir ke situ, kamu aja yang mempersepsikan begono :P

alaika abdullah said...

Eh, apaan nih, kok ada mie acehnya? Aku mau dunk! #OOT

Seru banget pastinya mengikuti tantangan itu, ya, Mak. Semoga tetap semangat dan konsisten menulis, walau ga harus setiap hari kan? :)

Nchie Hanie said...

iyaa tantangan 30HariNonstopNgeblog tuh, memang membuat diri bergairah, napsuh, menguji adrenalin apalagi sebagai deadliner huuhh..
#lapkeringet

Sama Maak, ternyata orang2 terdekat, selalu mengingatkan untuk posting tantangan itu, olive, suami, si bos, temen2 blogger ..haiyyah sensasinya luar biasa

ayoo smangaad menulis

mama kinan said...

selamat yah mbak fir berhasil mengikuti tantangan..semoga tambah rajin menulis di blog dan semoga siapa tahu dapat hadiah :)

Hanna HM Zwan said...

sama mak..setiap malem suami pasti tanya,udah nulis belum,nulis apa?hehehe....dan akhirnya,terlalui sudah... ^^
keep smiling n writing :)

yati rachmat said...

Wah, kalau MakPon biasanya baru menulis jam 22.00, sebaliknya bunda gak bisa seperti itu. Padahal itu sang ide selalu bermunculan ketika malam hening. Jam 19.30 teng, kecuali Sabtu/Minggu, bunda harus nemenin sang cucu bobo tuh. Alhamdulillah ya kita bisa menyelesaikannya. Tapi, ya ampuun, koq blogspot jadi teriak dia kesepian???!!??

Keke Naima said...

stlh ikut tantangan jd semakin rajin nulis, dong, Mak :)

miyake said...

salam kenal sebelumnya.
selamat ya mbak bisa tuntasin challengenya. seneng deh baca blog yang pemiliknya bersemangat banget buat menulis dan update blog. aku juga pengen bisa nulis setiap hari, tapi karena keterbatasan waktu udah bisa update 3 kali seminggu aja udah syukur banget. yang penting semangat terus...
lanjutkan mbak...

Idah Ceris said...

Saya salut dengan Blogger yang ikut event ini. Konsistensinya Jempool. :)

Semoga masih berlanjut ya, Mba. Satu hari satu artikel. :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

selamat ya mak berhasil memenuhi tantangan

yozidahfilputra said...

Blogwalking ...


Ririn said...

Wah selamat ya udah sukses dan berhasil memenuhi tantangan :)

12 Menit said...

Aku kemarin gak ikutan tuh tantangan yang blogdetik mbak.
Alasannya hanya karena aku gak sanggup aja buat blog lagi di blogdetik hehehe.

Santi Dewi said...

Serasa ada suntukan tambahan ya mba, jika suami bertanya seperti itu :)

vina devina said...

wah selamat yah udah berhasil ngalahin tantangan nya

mamanyaniyya said...

Hai mira..
mudah2an masih ingat delia ya (skrg dah ganti nama)

dulu aq pernah ngerasakan gimana tiada hari tanpa ngeblog.. benar2 luar biasa....

kalo udah 30hari nonstop.. jadi lebih trasa mudah kan,., ^_^

salam

kaizen global solusi said...

salam kenal aja deh buat mbak-mbak semuanya, saya cuma blogwalking aja eaaa

salam
Training Kaizen

Mugniar said...

Waaah keren Mak. Staminanya masih oke jam2 segitu. Ada yang dapat penghargaan kan di antara tulisannya? Selamat ya :)

Mugniar said...

Hiks komen saya masuk spam kah mak?
Eh, tapi keren lho bisa menyabet salah satu kategori pemenang. Selamat yaa :)

Lusi said...

Kayaknya yg ini udah pernah komen deh. Atau belum? Heheheee

Pendar Bintang said...

Saya dulu begitu Mak...tapi sekarang puang kerja udah lelah banget, belakangan sering jalan ke site project.

Jadi, kalau ingin nulis pagi2 buta :D

Selalu semangat!!

Anggara said...

Hebat euy, bisa terus konsisten menulis selama 30 hari nonstop :)

hanari said...

selamat ya,sudah bisa menyelesaikan tantangannya.