March 03, 2014

Blogger's Factory Visit to Sharp


Beberapa waktu lalu, saya bersama suami sempat melihat-lihat barang elektronik di sebuah mall di kawasan Bekasi. Ada rencana mau membeli sebuah televisi nih, karena televisi di rumah sudah mulai menampakkan gejala “udzur” nya. Setelah hunting seharian, ternyata kami belum menemukan sebuah televisi dengan merk yang pas. Maklumlah, saat ini merk-merk elektronik kan, banyak banget. Dan hasilnya gimana, belum jadi beli tv-nya, karena ternyata tv di rumah kembali bersahabat meski masih khawatir “udzur” lagi J

Ngomongin soal merk elektronik, pernah membayangkan nggak, bahwa barang-barang yang kita lihat tersebut, yang dipampang di etalase-etalase toko itu, seperti apa prosesnya, sebelum akhirnya terpampang  sebagai barang –barang elektronik seperti  tv, lemari es, mesin cuci dan sebagainya. Saya sendiri suka kepo juga, gimana sih daleman pabriknya itu, atau apa saja bahan-bahannya.

Beruntung ketika saya bersama empat orang teman dari Blogger Bekasi diberi kesempatan untuk melakukan Factory Visit ke salah satu pabrik di kawasan Karawang. Jujur saja, ini kesempatan langka, karena yang mengundang kami pun bukan brand sembarangan.


Adalah Sharp yang sudah sejak 40 tahun lalu berdiri. Dan untuk mengembangkan produksinya di Indonesia, Sharp pun membuka pabrik baru di kawasan Karawang sejak tahun 2012. Pabrik ini terdiri dari dua fasilitas utama, yaitu pabrik mesin cuci seluas 11.627.888 M2 dan pabrik lemari es seluas 27.616.300 M2. Wew, gede banget. Dan Untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan standar kualitas, pabrik baru ini dilengkapi dengan Production Control System baru, teknologi canggih seperti Automated Guided Vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas lainnya. Production control System memungkinkan update proses produksi di setiap lini produksi, setiap saat. Sementara AGV menghemat banyak waktu dan tenaga untuk transportasi dari gudang ke bagian produksi. Canggih bener, yak. Selain itu, demi mencapai kualitas tinggi, Sharp pun mengundang seluruh karyawannya untuk mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhan mereka. Fasilitas itu terdiri dari Mesjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola. Sayangnya, di sana nggak ada ruangan online yang bisa terkoneksi sepuasnya. Iyaalah, kalau pada online, itu pabrik nggak akan beroperasi dong.

Setelah diberikan briefing oleh pak Alim, salah satu staf dari Sharp, kami pun berkeliling ke pabrik tersebut. Gedung pertama yang kami masuki adalah tempat pembuatan Lemari es. Para staf Nampak sedang serius dengan bagiannya masing-masing. Pak Alim mengatakan, sebaiknya kita tidak membuat para staf kehilangan konsentrasi, karena jika staf-staf tersebut lengah, target pembuatan bisa jadi meleset. Sementara per harinya, target pembuatan lemari es berkisar di atas 1000. Kalau tidak bisa memenuhi target tersebut, maka para staf diharuskan lembur. Errr…



Sejauh saya melihat dan memerhatikan selama factory visit, jujur saja, saya sangat terkesan dengan tempatnya yang bersih. Kalau soal produk, ya nggak usah ditanya. Sharp adalah salah satu merk yang memiliki prinsip “Takumi”, yang berarti ahli. Eh, baru tau lho, ternyata kerja di pabrik itu, khususnya di Sharp, nggak bisa sembarangan. Mereka dilatih sedemikian rupa. Semua staf nya mendapatkan training dari para Takumi Coorporation, agar senantiasa selalu mendapatkan karya terbaik. Nah, kalau mereka mampu meningkatkan kualitas sdm nya, tentu saja itu akan berdampak baik untuk karya-karya mereka. Nggak heran, target sehari di atas 1000 bisa mereka capai untuk memenuhi pesanan konsumen.

Lemari es Sharp yang diproduksi ke 10juta dengan tampilan warna emas, dan mesin cuci produksi ke 1 juta
Seru juga ternyata, factory visit ke pabrik Sharp . Apalagi emak-emak kaya saya yang pasti melek kalau melihat barang-barang yang masih ada urusannya sama dapur. Ngarep banget dikasih gratisan hahaha. 

Eh, ee… teman-teman mau gratisan produknya Sharp? Ada 2 unit TV AQUOS serta 1 unit Air Purifier serta hadiah hiburan lainnya lho, yang bakal dibagi-bagikan oleh Sharp. Caranya gimana? Gampil. Ikut aja Sharp Blog Competition, caranya coba cek di sini. Nggak susah, kok. Asli!! Sebagai syarat biar lebih kenal sama Sharp, Like juga Fanpage Sharp di sini dan Follow twitter nya juga di @sharpindonesia. Periodenya sampai tanggal 17 Maret 2014. Yuk, yuk, siapa tau kali ini kamu yang bakalan bawa hadiah-hadiah kerennya itu. 


26 comments:

Titis Ayuningsih said...

saya dulu pkl di Sharp Mak tapi yang di pulojahe dekat rumah hehhe

Ika Koentjoro said...

Makasih infonya mak. Langsung ikutan ah

nh18 said...

Terobosan yang ok dari perusahaan ini ...
memang sudah saatnya kunjungan ke pabrik ini diagendakan untuk publik ... atau key opinion leader tertentu ... seperti blogger dan aktifis alam maya ... It's "on line marketing war era now"

Takjub melihat produksi Lemari Es dan Mesin Cuci yang di pulas keemasan ... ini pasti untuk pemacu semangat mereka ya Mak

Salam saya Mak

(3/3 : 3)

Goiq said...

mau ikutan ah...

Mira Sahid said...

@Titis : Sekarang masih pakai, ndak, Tis?

@Siap, mak. Silaken meluncur ke web nya

@NH18 : Benar Om. Alhamdulillah dapat kesempatannya juga bisa ke sana

@Goiq : Sip, selamat berjuang :D

RumahJurnalku said...

iiihh aku paling seneng deh kalo berkunjung ke pabrik2 gitu mak, banyak hal2 baru yg blm pernah kita liat sebelumnya yaa.. :)

istianasutanti said...

huee.. asik mau ikutan aah.. makasiih mak infonyaah.. :D

Lidya - Mama Cal-Vin said...

tnggal nunggu kiriman kulkasnya ,eh :-D

Mira Sahid said...

@RumahJurnalku : yup, mak. Alhamdulillah nih, dapat kesempatannya

@Istianasutanti : Asik asik, selamat berjuang, mak :D

@Lidya : Wuahaha, iya bener yak :P

Elsa said...

wow wow
lemari es emas
aku juga mau dong
ehhehehee

Mira Sahid said...

@Elsa : Perempuan mana yang tak mau, yah? :)))

sofia zhanzabila said...

Rajiiiinnnn bener nih Mak-Mak melancong sana kemari. Jadi pengeeen ikutan. Wah, lombanya boleh juga tuh, Mak. Thankies ya Mak udah sebar infonya... :)))

Zakia said...

wow... blogger sekarang makin keren, bersinergi dengan pemasar.
smoga makin menyemangati para blogger untuk terus menulis :)

kawasan pabriknya benar-benar luas ya... jadi ikut seneng baca cerita mak mira.

tapi lemari & mesin cuci emasnya memang eye catching banget deh ;)

adel said...

di tipi2 juga banyak cara2 pembuatannya di dalam pabrik, suka ngeliatnya apalagi klo liat proses nya langsung ya :D

Mira Sahid said...

@Sofia : Iya, mumpung ada kesempatannya, maka nggak disia-siakan deh ^_^

@Zazkia : Yap, mak. Sejatinya Blogger mulai dipercaya sebagai penyebar informasi juga

@Adel : Benar, mak. Sensasinya beda kalau lihat langsung :)

indah nuria Savitri said...

keyeeen keyeeen maaaak....kebayang asyiknya factory tour...dapet bingkisan kulkaskah hihihi....mau yang unguuu dong maaak...

Euisry Noor said...

Itu yg edisi gold bling-bling banget... Inget Sharp tuh inget masa2 jadul waktu ku kecil... Nostalgia deh

Eko Trafsilo said...

Numpang lewat, yaa permisi blogger dari Cakung... Mau lewat...

keluarga Qudsy said...

seru yaa...bisa langsung lihat cara bikinnya :)
wah ada kompetisinya juga.. meluncur ke tkp ah...

hotel murah said...

acaranya ituloh seru blogger bisa berkunjung ke pabrik atau apalah yang pastinya seru yah wah bisa buat refrensi nih

Inung Nie said...

wahhh keren bisa visit factory gitu...
kulkas yang emasnya dibagiin untuk hadiah nggak ya...? hehehe

Icha said...

meski aku gak ikut visit fictorynya... aku juga nulis aaahhhh... hehehhe keren soalnya

Bung Penho said...

saya ikutan juga mbak acara kompetisinya.
produk sharp memang terjamin dari sisi kualitas & daya tahan untuk waktu yg lama pada tiap barang elektroniknya.
semoga menang atw sama2 menang hehee.!

istianasutanti said...

maaak.. foto yang kulkas dan mesin cuci emas itu boleh saya pakek yaaa.. saya kasih credits ke blog ini koook :D

terima kasih yaa kalo boleh :)

Bang Aswi | @bangaswi said...

ikut ikut ikuuut! ^_^

istianasutanti said...

kayaknya tadi pagi udah komen minta ijin mau pake fotonya deh, kok komennya gak ada yak.

maak, saya minta ijin mau pake foto yang kulkas dan mesin cuci emas itu yaak :D

terima kasiiiih, ciuuum :*