August 18, 2014

Anak Semakin Cerdas dengan StimuLearn



Menjadi Blogger memang suatu kegiatan yang menyenangkan, selain mampu menuangkan gagasan ke dalam sebuah tulisan, saya juga selalu menjadi yang tercepat mengetahui berita-berita yang terbaru. Karena biasanya, kami selalu mendapatkan undangan untuk acara-acara launching sebuah produk.

Nah, beberapa waktu lalu saya mendapatkan undangan untuk menghadiri sebuah launching yang diselenggarakan oleh Dancow di The Crown Plaza hotel. Tanpa berpikir panjang, saya pun mengiyakan untuk hadir di acara tersebut.



Dalam acara ini, dihadiri oleh beberapa pakar gizi dari Dancow parenting Center, dan juga pasangan selebriti, Indra Bekti dan Dilla sang Istri. 



Sebagai orangtua, saya sadar betul, terkadang waktu saya masih banyak tersita di luar rumah untuk melakukan pekerjaan dan terpaksa meninggalkan anak-anak. Padahal, sebagai orangtua saya memiliki kewajiban dalam proses tumbuh kembang mereka, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kegiatannya sehari-hari. Bagi saya, nggak ada yang lebih indah selain melihat mereka dengan segala keunikannya. Kedekatan itulah yang saya yakini akan memengaruhi mereka dalam proses stimulasinya. Selain asupan gizi yang baik, tentunya saya juga harus bisa merangsang mereka dalam bereksplorasi.

Saya kerap kali mengajak mereka melakukan kegiatan di rumah, entah itu berbagi cerita, atau mengajak mereka untuk terlibat dalam urusan beres-beres rumah. Bukan beres-beres yang berat juga sih, hanya sekedar mengingatkan tentang apa yang sudah dimainkan untuk disimpan kembali pada tempatnya, atau belajar menyapu dan mengepel. Hihihi, lucu deh kalau ingat momen seperti itu. Percaya atau tidak, mereka selalu excited kalau saya ajak dan jika pendekatannya tepat.

Selain kegiatan interaktif secara offline, saya juga percaya bahwa stimulasi anak-anak bisa dilakukan dengan kegiatan online. Apalagi saat ini perkembangan dunia digital semakin canggih. Bukan hanya media internet saja yang akhirnya bisa membuat kita semakin banyak tau, tapi kini juga banyak sekali penawaran aplikasi-aplikasi, khususnya aplikasi untuk bermain anak.

Di acara Dancow StimuLearn ini, selain mendapatkan banyak wawasan tentang tumbuh kembang dan gizi yang baik bagi anak, saya juga dikenalkan dengan terobosan baru yang Dancow lakukan, yaitu launching aplikasi Parenting Dancow StimuLearn yang dirancang dan dikembangkan secara ilmiah oleh Nestle Research Center Switzerland. 
Aplikasi Stimulearn Dancow
Aplikasi ini adalah sebuah program parenting edukatif yang dirancang untuk membantu para orangtua menstimulasi proses belajar dan eksplorasi si kecil secara online (melalui aplikasi) dan offline (kegiatan interaktif nyata), yang mengintregasikan lima kemampuan/ keterampilan kognitif utama yang merupakan bagian dari perkembangan kognitif anak, yang terdiri dari: memori, perhatian, keterampilan psikomotor, pemecahan masalah, dan bahasa.


Saya coba pelajari aplikasi ini lewat situs Dancow StimuLearn. Dan rasanya, sangat mudah dipahami. Selain melibatkan lima aspek kognitif si anak, saya sebagai Mamanya juga bisa memantau perkembangan anak saya saat bermain aplikasi ini. Fitur yang disediakan juga mudah dipahami.

Perhatian
Saya sepakat bahwa daya fokus anak harus dilatih sejak kecil. Aplikasi StimuLearn ini membantu para orangtua dalam melatih anaknya, agar bisa mengingat hal-hal di sekitarnya. Kemampuan si Kecil untuk bisa lebih fokus dan memerhatikan ini sangat diperlukan agar ia bisa berkonsentrasi dalam memulai dan menyelesaikan tugas dengan benar. Dan, hal ini pastinya akan memengaruhi masa depannya. Sehingga dengan begitu anak akan terbiasa mengingat apa yang dilihatnya.

Bahasa
Setiap anak memang punya kemampuan bahasa masing-masing, tapi jelas… harus tetap dirangsang oleh orangtuanya setiap saat. Apalagi kita tau bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Untuk bisa menjelaskan apa yang diinginkan atau butuhkan, si Kecil perlu bisa berbahasa dan mengerti setiap arti kata yang ia ucapkan. Dengan berbahasa, ia juga bisa mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Mulai dari melakukan interaksi, pembelajaran hingga pengembangan sosial yang penting untuk masa depannya. Nah, lewat aplikasi Stimulearn ini, para orangtua akan sangat terbantu, karena banyak ide dan hal menarik lainnya untuk merangsang mereka dalam berbahasa.

Memori
Setiap anak memiliki kemampuan mengingat berbeda. Saat kecil, proses mengingat bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil, sehingga seiring dengan berjalannya waktu, anak akan menyesuaikan lebih banyak hal. Apa yang mereka lakukan, akan menjadi pengalaman tersendiri untuk mereka. Bagian dari aplikasi StimuLearn ini membantu para orangtua untuk melatih proses belajarnya. Dengan begitu, anak juga akan berbagi pengalaman pada anak lainnya tentang apa yang dipelajarinya.  Dan jika anak memiliki kemampuan memori yang baik, sudah tentu kepercayaan dirinya pun ikut bertambah.

Pemecahan Masalah
Anak-anak memang selalu memiliki keunikan masing-masing, keingintahuannya juga sangat tinggi. Jadi, jangan heran kalau setiap saat mereka akan menanyakan berbagai hal yang dilihat dan dirasakannya. Sebagai orangtua, memang harus lebih banyak bersabar dalam hal ini. Tapi, ketika itu berjalan dengan lancar, justru anak kita akan belajar dari jawaban yang kita berikan. Jika suatu saat mereka menemukan masalah, mereka akan menjadi problem solver bagi dirinya sendiri. Mereka bisa jadi akan menunjukkan kemandiriaannya tanpa kita duga. Yup, dalam aplikasi ini jualah, orangtua akan sangat terbantu dalam mengajarkan berbagai hal yang bersifat pemecahan masalah.

Psikomotorik
Dalam aplikasi ini, anak diajak untuk melakukan keterampilan menggunakan tangan dan organ tubuh lainnya dalam koordinasi, keseimbangan, ketrampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan terhadap rangsangan. Dan beberapa permainan yang disediakan dalam aplikasi ini, akan sangat membantu para orangtua dalam melatihnya. Hmm… praktis dan sagat mudah dijalankan.

Dari kelima aspek kognitif di atas, teman-teman bisa download aplikasinya via Apps store. Saat ini memang masih tersedia di iphone dan ipad saja. Tapi tenang, Dancow akan segera meluncurkan dalam versi Android, karena sejauh ini Dancow sebagai mitra kita, para orang tua, sangat concern dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Duh, Alhamdulillah banget deh, ya. Dancow ini, paling tau aja kebutuhan Emak-emak kaya saya, hehe. Yang sudah punya iphone dan ipad, coba deh download aplikasinya di Apps store, atau klik link ini.

Acara launching aplikasi Dancow StimuLearn ini, dihadiri juga oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Linda Gumelar. Dalam sambutannya, Ibu Linda Gumelar sangat mengapresiasi peluncuran StimuLearn, "Agar anak-anak Indonesia tidak hanya terpenuhi nutrisinya saja, tapi juga terstimulasi perkembangan kognitifnya melalui aplikasi ini. Sehingga orangtua dan anaknya bisa bersama-sama belajar dan bereksplorasi secara online maupun offline".

5 comments:

Keke Naima said...

banyak aplikasi yang endukung anak untuk cerdas. Semoga anak Indonesia semakin cerdas ketika berhubungan dengan gadget :)

eksak said...

.catet, Mbak! bentar lagi punya maknya anak-anak .. :)

Mira Sahid said...

@Keke Naima : Aamin, mak. Tapi tetap harus didampingi supaya nggak melebar ke aplikasi lainnya :)

@Eksak : Ok siap :)

suria riza said...

anaknya indra bekti lutune *salah fokus

ima emaknya alif said...

Wah, asik, coba di download aplikasinya :b