November 07, 2014

Saatnya Menabung Lagi

Beberapa waktu lalu, saya terpikir untuk mulai kembali menabung. Duh, sampai hari gini masih saja tabungan jebol. Disimpen-simpen, eh kadang tangan suka gatal juga. Kapan bisa beli “gigi berlian” dong kalau kaya gini? :D Tabungan ini rencananya pengin saya simpen serapi mungkin, mengingat saya mulai bisa menghasilkan sedikit-sedikit dari bisnis online saya. Maksudnya, biar bisnisnya makin besar, otomatis setiap keuntungan harus bisa saya simpan dulu buat menambah modal. Sekaligus belajar dari pengalaman, yang kadang baru untung sedikit, saya suka kalap. Dan kali ini saya benar-benar bertekad untuk menyelamatkan uang dari godaan Shopping dengan menabung. Yes, saatnya menabung lagi.

Selama ini saya punya 2 rekening aktif. Yang satu untuk transaksi bisnis, dan yang satu lagi untuk transaksi urusan dapur yang datang dari perjuangan suami, hihihi. Nah, setelah bertahun-tahun mencoba menabung di kedua rekening tersebut, ternyata saya masih gagal. Dan saya butuh rekening baru yang lebih aman, dan terhindar dari jangkauan tangan jahil saya. Sempat terpikir, “ah, males buka rekening, kudu ribet urusan administrasi lagi”, apalagi KTP saya masih belum sama dengan alamat tinggal saat ini. Emak-emak banget! Engga mau ribet bener deh :D

Pucuk dicinta ulam pun tiba…

Beberapa waktu lalu, teman saya, Irma Senja juga sempat mengajak untuk membuka rekening di salah satu bank yang bersinar alias Sinarmas. Secara, doi sekarang lagi main reksadana tuh. Eciee, udah dapat banyak kayanya, ya, main-main reksadana? Dan belum juga saya membuka rekening tersebut, saya berkesempatan untuk hadir di acara gathering blogger bareng Digital Banking (DB) Sinarmas di restoran Luna Negra, Jakarta Pusat. Tapi, sebelum hadir ke acara, masa iya saya engga kenalan dulu sama produknya. 

So, berbekal informasi bahwa membuka rekening bank Sinarmas bisa dilakukan via online, saya pun mencobanya. Dan ternyata benar, saya sempat takjub lho, karena yang saya khawatirkan engga terjadi. Iya itu… kudu melampirkan surat keterangan tinggal RT/ RW. Yang penting, pada saat registrasi di e-form, semua diisi dengan benar, maka otomatis pihak Sinarmas akan langsung mengarahkan rekening kita sesuai cabang terdekat. Prosesnya juga engga ribet. Engga percaya? Coba saja buka www.banksinarmas.com di bagian “buka rekening online”. Setorannya berapa? Sangat terjangkau, seharga 2 cangkir kopi starbucks lah, alias 50 ribuan. Tinggal ke atm, transfer ke nomer yang diberikan oleh customer service, tunggu atm nya jadi deh. Saya engga perlu jelaskan panjang lebar, karena memang prosesnya gampang banget, engga pakai "ribeud." Kalau yang sudah terbiasa online, Insya Allah engga ada kesulitan lah. Yang special, kartu atm nya bisa dikirim langsung ke rumah. Haish, maka nikmat mana lagi yang mesti disanksikan coba? Wajah saya pun ikut bersinar seperti foto di bawah ini. Hehehehe.
form aplikasi sinarmas online copy
Proses : Input data, transfer virtual account, know your customer (verivikasi), dan approval.
Abaikan dandananku ituh, ya. Namanya juga lagi di rumah. Tapi teteup bersinar kan? :P
Abaikan dandananku ituh, ya. Namanya juga lagi di rumah. Tapi teteup bersinar kan? :P | Terima kasih mas Benny, jauh-jauh dari cab Bogor nih, khusus untuk antar kartu atm saya.
IMG_8996
Kartu atm Sinarmas (nomor kartu diburamkan)
Selain kartu atm seperti yang saya miliki di atas, Sinarmas juga memiliki
DiBi Gathering
Kartu atm sudah di tangan, siap-siap dong buat kopdaran bareng teman-teman blogger dan pejabatnya Sinarmas.
Sesampainya di Luna Negra, saya bertemu Jeng Mpie, yang mengundang kita-kita, para blogger. Engga lama berselang, bertambahlah teman-teman blogger dan juga tim Sinar Mas. Awalnya saya hampir sulit membedakan, mana nih stafnya, dan mana pejabatnya. Dilalah, beliau-beliau ternyata “humble” banget, ramah semua, jadi suasana pun engga kaku dan langsung mencair. Proses perkenalan pun dimulai, dibuka oleh perwakilan Sinar Mas, bapak…
Foto candid oleh tim DB Sinarmas
Foto candid oleh tim DB Sinarmas
Sekilas tentang Bank Sinarmas
Sinar Mas berdiri sejak 1989, dengan visi “Menjadi bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan distribusi yang terintegrasi dan layanan yang prima”. Saat ini Sinar Mas menjadi bank devisa berstatus Go public. Memiliki 380 cabang di 120 kota, 600 ATM jaringan, 6000 staf dan aset sebesar 17 T.
Dalam perkembangannya, Sinarmas terus melakukan inovasi dan strategi agar dapat memenuhi kebutuhan para customernya. Apalagi di jaman yang serba online ini, Sinarmas sebaiknya terus mengupayakan kemudahan kepada para customernya. Bayangkan saja, kalau nemu klien seperti saya yang engga mau rempong, tentu Sinarmas juga engga mau kan ditinggal oleh customer-customernya? That’s why, menurut pak Hendrawan, saat ini Sinarmas melakukan strategi melalui Digital Banking (DB) Sinarmas dengan 4 kategori. Yaitu :
  1. Branchless Banking
  2. Internet Marketing
  3. Cost Optimization
  4. Transactional Bank
Branchless Banking, adalah implementasi dari Financial Inclusion, sebuah kebijakan dari pemerintah. Program Keuangan Inklusif ini merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sekaligus mengatasi kemiskinan. Menurut saya, ini bagian penting. Karena dengan program Financial Inclusion ini ke depannya mampu memberikan sinergi dari bank itu sendiri untuk kemajuan bangsa dan Negara. Cocok banget kalau bank Sinarmas akhirnya bergabung dalam program ini. Karena itu berarti Bank Sinarmas turut membantu memajukan Negara Indonesia, dan membantu mengatasi kemiskinan. Cara kerja program ini adalah dengan memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin menjadi agen dari bank tersebut.  Kurang lebihnya seperti itulah.
Internet Marketing, ini adalah bagian dari teknis yang memudahkan para customer untuk bertransaksi melalui sistem online, baik untuk pengenalan produk atau langsung bertransaksi. Salah satunya seperti proses pembukaan rekening online yang saya ceritakan di atas itu, lho.
Cost Optimization, sebuah program dalam upaya meminimalkan investasi bank dalam perluasan kantor cabang.
Transactional Bank, memudahkan masyarakat untuk mengakses kegiatan keuangan.
*****
Selain penjelasan tentang produk tabungan dari Sinarmas, kami juga dikenalkan produk Unit Link dan Reksadana oleh Ibu Cynthia Tjandrawinata, Bancassurance and Investment Product. Nah, jika sampai saat ini teman-teman belum memiliki rekening tabungan, sebaiknya segera buat. Karena ini untuk kemudahan kita juga, lho.
Acara semakin seru karena ternyata para blogger semakin larut dalam suasana. Sambil sesekali menengok gadget nya untuk memberikan informasi via twitter, kami pun mulai mencicipi makanan yang dihidangkan. Jujur ya, acara gathering kali ini termasuk aktif lho, terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan teman-teman yang diajukan, yang mungkin… bisa saja berlanjut sampai restoran tutup, kemudian kita diusir. *Manyun di pojokan.
IMG_8499[1]
Secara keseluruhan, inti dari pertemuan ini, selain perkenalan, saat ini Sinarmas melalui digital bankingnya akan lebih mengupayakan kemudahan bagi para customernya, terutama yang berkaitan dengan informasi produk dan urusan teknis melalui media online. Sepakat! Hari gini kalau engga memaksimalkan online, sayang banget. Buktinya, karena online di social media, saya termasuk yang beruntung bisa diundang ke acara ini. Alhamdulillah, semoga engga kapok ya. Ditunggu undangan selanjutnya, ya bapak/ Ibu. Sukses terus untuk Sinarmas, semoga makin bersinar seperti kami para blogger yang wajahnya juga bersinar.

Bloggers on camera
Bloggers on camera (agak burem)
B08OAGGCMAAG6vT
Foto : property @DBSinarmas

5 comments:

suria riza said...

Nabung yang banyak ya makkk5

Noorma Fitriana M. Zain said...

eh ada foto Una juga di sana :D

Ian Konjo said...

Ayo nabung... Hehe

Ni baru ya mbak?

Alaika Abdullah said...

Wah, sinarmas bener2 bikin wajah dan hatinemak bersinar berkat kemudahan2 yg ditawarkannya ya , Mak? Jadi tertarik untuk bergabung juga ah! TFS, Mak cantik!

Empieee said...

Makasih juga mba Mira udah hadir :)
Smp akhir tahun masih ada program Promo MGM (Member Get Member) juga di Bank Sinarmas.. cocok banget buat emak2 aktif buat nambah jatah dapur hihii.. ^^ info MGMnya bisa mampir ke sini http://www.empieee.net/2014/09/mau-bonus-jutaan-bisa-banget.html