January 26, 2015

Juice Be Healthy

Saat kondisi cuaca yang lagi enggak menentu gini, saat diri kudu pandai-pandai menjaga kondisi tubuh. Apalagi yang terbiasa dengan aktivitas tinggi kaya saya  di luar rumah, hukumnya wajib deh… makan enggak boleh telat dan tetap mengkonsumsi vitamin dengan teratur. Dilalah, saya yang rajin yoga seminggu dua kali saja, akhirnya harus merasakan tumbeng karena daya tahan menurun. Well… salah siapa kalau sudah begini? *salahkan wakwaw saja*

Saya jadi ingat, saat beberapa waktu lalu dalam tingkat mobilitas sedikit lebih tinggi, ada beberapa hal yang hampir luput. Salah satunya adalah kurangnya mengkonsumsi air mineral. Padahal, suami saya selalu mengingatkan setiap saat. Ditambah lagi makan pun engak teratur alias sekenanya. Ya… manusia! Kadang demi eksistensi malah lupa sama kebutuhan diri sendiri yes, *toyor diri sendiri*.

Tapi, dari semua itu… saya tetap menjaga kebiasaan pagi hari atau malam hari, yaitu minum juice aneka buah atau sayur, atau bahasa kerennya Greenjuice. Saya pikir, setidaknya meskipun saya enggak sarapan, juice buah atau sayur ini bisa mewakili asupan gizi saya saat beraktivitas. Apalagi dalam kondisi sedang kurang nyaman seperti ini, saya benar-benar enggak mau menghilangkan kebiasaan tersebut. Tetap harus minum juice agar terasa manfaatnya.

Kebiasaan tersebut juga saya tularkan sama anak-anak. Meskipun mereka sebenarnya enggak terlalu sulit juga sih, kalau disuruh makan sayur. Tapi kalau dalam sehari bisa mengkonsumsinya dengan varian berbeda, mereka malah lebih excited. Malah kadang suka nagih juga untuk dibuatkan juice. Dan sedikit mau pamer info-info aja sik, beberapa waktu lalu itu, saya baru aja punya blender Electrolux, soalnya blender lama yang biasa dipakai buat nge-juice sudah wassalam. Suka aja sama bentuk dan warnanya yang putih cantik.

Kenapa saya pilih blender dari Electrolux ini?

Pertama, karena love at first sight. Taelah, hehehe. Ya kalau tiba-tiba jatuh cinta pada pandangan pertama, biasanya langsung klop aja gitu, ya. Selain itu perpaduan warna putih dan abu terlihat lebih cantik. Berat blender ini kurang lebih 1 kg. Penggunaan blender ini juga enggak sulit. Tinggal masukkan semua bahan, sayur atau buah ke dalamnya, tutup, giling deh. Suara putarannya cukup lembut dan enggak bikin sakit di telinga. Soal harga? Masih terjangkau lah, sesuai dengan manfaatnya, sekitar 500 ribuan.
Blender Electrolux EBR 2601
Eh, bicara soal juice, apakah teman-teman juga suka mengkonsumsi juice secara teratur, atau beli saja pas kebetulan nemu di etalase-etalase supermarket? Sependek pengalaman saya nih ya, dulu… dulu banget sebelum ngeh soal kesehatan, mikirnya kalau mau bikin juice itu kok ribet deh. Terus, kalau ngomongin juice, udah pasti isinya buah-buahan. Padahal kan enggak. Kita bisa mix and match aneka bahan sesuai kebutuhan kita. Juice juga bisa jadi alternatif buat yang enggak suka makan sayur. Misal sayur bayam dan pakcoy, kalau ditumis biasa, mana mau anak-anak saya makan. Tapi kalau dibuat juice dengan campuran buah, rasanya malah lebih nikmat. Disesuaikan saja dengan maunya anak-anak seperti apa. Dan daripada beli di luaran, lebih baik buat saja di rumah, tentu lebih hemat, efisien dan terjaga kebersihannya.
Masih sarapan ketoprak, lontong sayur padang atau gorengan? Nyum, memang enak sih ya. Tapi coba deh beralih dengan nge-juice setiap pagi. Saya juga merasakan manfaatnya. Selain badan lebih segar, pencernaan juga lebih lancar, dan badan sepertinya terasa ringan. Kalau enggak dibiasakan sejak sekarang, kapan lagi. Hidup sehat itu bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Selain asupan gizi yang tepat, nyemil sehat, sesuaikan kemampuan diri dalam berbagai aktivitas.



18 comments:

Sary Melati said...

Aku selalu sarapan buah untuk pengawal hari. Satu dua jam kemudian baru lanjut sarapan edisi kedua, bubur, ketoprak, nasi uduk :)))

Kalo jus sayur gitu aku kurang suka, mak. Enaknya dimakan langsung aja. Sampe pernah lg sakit, dicekokin jus sayur, saking gak mau. Bayangin aja emak2 dicekokin ky anak kecil :)))

Sumarti Saelan said...

Aku sudah jarang sarapan berat2, sudah mulai menerapkan "menjaga diri untuk lebih sehat" dab pagi selalu sarapan berunsur buah ;)

Dwiex'z Someo said...

pantesan mak mira sehat, jadi minumnya selalu jus ya... :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

jus syaur campur nanas lebih seger ,eh itu sih buat aku yg gak suka jus sayur

Mira Sahid said...

@sary : Wahahah, tapi justru malah bisa jadi alternatif, ya di juice aja, mak. Coba deh. Itu, sarapannya luar biasa banget yah? :)))

@Sumarti : Cie-cie... diet ceritanya nih

@Dwiex : Insha Allah, semoga sehat terus ya, mak

@Lidya : Enggak apa-apa, mak. Yang penting tetap bisa dikonsumsi

Bunda Kayla dan athiyah said...

wow...sampai sekarang aku belum pernah ngerasain jus sayur... perlu dicoba kali yaaa

eksak said...

Jarang ngejus, malahan gak pernah .. hiks

islam di dadaku said...

sehat seklai minum jus paling tidak dua kali seminggu Dengan Izin Allah SWT

Honey Sweety said...

Jus sayur manfaat bagus , tapi mbayangi minumnya ihhhh :)

Keke Naima said...

saya pernah cobain ngejus setiap pagi. Memang lebih enak ke badan, sih. Tapi syaanya yang kurang konsisten. Sekarang balik lagi ke makanan berat kalau sarapan :)

Reni Judhanto said...

Wah pantes Mak Mira selalu fit ternyata suka jus sayuran toh? #barutahu
Wah kudu dicontoh oni...

Amin Yusuf said...

Jus Sayur apa enak mba ?

achmad said...

Kayanya saya mending Makanan berat deh

Anak Nelayan said...

gak suka jus sayur, paling suka jus buah naga :)

darfin arifin said...

wahh jadi pingin jus nya hahaha
bkin sehat tuh :)

gasa said...

salam kenal mb mira sahid....utamakan sarapan hhhh

Aulia Resti said...

Asik tulisannya mbak :D

Resep Tumis Buncis Tahu Udang Sederhana, jangan lupa mampir di blog resep aku ya ?

resep umiku said...

kalau saya sih lebih suka jus alpukat, sama wortel, karena saya kerja menghadap komputer terus, jadinya perlu vitamin yang bagus buat mata, artikel yang bagus, lanjutkan ya Kakak : )